Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Jodoh, Yuk Amalkan!

Rutinkan untuk mendapatkan manfaatnya

Astri Amalia

Manfaat puasa Senin Kamis untuk jodoh sangat menarik untuk kamu ketahui lebih dalam nih, Bela. Selain bisa mendulang banyak pahala saat mempraktikkannya, puasa Senin Kamis juga memberikan segudang manfaat, termasuk memperlancar dalam usaha pencarian jodoh. Kalau kamu saat ini masih getol berikhtiar untuk menemukan jodoh, ada baiknya untuk menambahkan amalan puasa sunnah yang satu ini.

Hukum menjalankan puasa Senin Kamis

pexels.com/Monstera

Nah, sebelum mengetahui manfaat puasa Senin Kamis untuk jodoh, kita perlu memahami hukum menjalankan amalan satu ini. Menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan puasa sunnah yang disepakati oleh para ulama. Rasulullah SAW pun kerap berpuasa Senin Kamis serta menganjurkannya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW biasa berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Dikatakan:

“Wahai Rasulullah, mengapa Anda berpuasa pada hari Senin dan Kamis?” Dia berkata: “Pada hari Senin dan Kamis, Allah mengampuni setiap Muslim kecuali dua yang telah meninggalkan satu sama lain. Dia berkata: ‘Tinggalkan keduanya sampai mereka berdamai.’” (Referensi: Sunan Ibnu Majah 1740)

"Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rasulullah SAW bersabda: Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR. Turmudzi).

Manfaat puasa Senin Kamis untuk jodoh

pexels.com/Mikhail Nilov

Berikut ini adalah manfaat puasa Senin Kamis untuk jodoh dalam ajaran agama Islam.

  1. Mempermudah datangnya jodoh: Untuk mendapatkan jodoh, selain perlu melakukan beberapa usaha seperti halnya memperbaiki kualitas diri, jangan lupa untuk terus memanjatkan doa kepada Allah SWT dan menambahkan amalan sunnah puasa Senin Kamis. Berpuasa akan mendekatkan dirimu kepada Allah SWT, sehingga dengan izin Allah, bukan tidak mungkin keinginan dan harapanmu untuk mendapatkan jodoh akan segera dikabulkan, Bela.
  2. Mendekatkan diri pada Allah: Mempraktikkan amalan puasa dengan baik tentu akan semakin mendekatkan dirimu dengan Allah SWT. Jadi, semakin dekatnya hubunganmu dengan Sang Pencipta, akan semakin mudah agar doamu untuk mendapatkan jodoh dikabulkan oleh Allah SWT.
  3. Melancarkan rezeki: Puasa Senin Kamis juga bermanfaat dalam melancarkan rezeki. Seperti yang telah kita ketahui, untuk membangun biduk rumah tangga diperlukan fondasi yang mantap, baik dari segi fisik, mental, emosional, hingga finansial. Dengan rutin berpuasa Senin Kamis, rezeki akan senantiasa dicukupkan oleh Allah SWT, sehingga akan memudahkanmu untuk membangun rumah tangga yang harmonis dengan jodohmu kelak.

Tata cara puasa Senin Kamis

pexels.com/Thirdman

Setelah mengetahui manfaat puasa Senin Kamis untuk jodoh, tentu kamu perlu memahami tata cara untuk mengamalkannya. Seperti puasa di bulan Ramadan, puasa Senin Kamis dimulai sejak waktu subuh dan diakhiri pada waktu maghrib. Perbedaan tata cara dalam puasa Ramadan dan puasa sunnah Senin Kamis terletak pada bacaan niatnya. Berikut bacaan niat puasa sunnah Senin Kamis.

Niat puasa Hari Senin

pexels.com/Thirdman

Sebelum menjalankan puasa sunnah di hari Senin, kamu perlu membaca niat berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala

Artinya:

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

Niat puasa Hari Kamis

pexels.com/Thirdman

Kemudian, saat kamu hendak berpuasa di hari Kamis, bacaan niatnya sedikit berbeda dengan bacaan niat di hari Senin. Berikut bacaan niat puasa hari kamis.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala

Artinya:

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Pentingnya memanjatkan doa untuk jodoh saat berpuasa

pexels.com/PNW Production

Selain melakukan puasa Senin Kamis, kamu juga perlu memanjatkan doa untuk mendapatkan jodoh. Sebab, salah satu keutamaan orang yang berpuasa ialah doa yang tidak tertolak.

Menurut sebuah hadis, waktu mustajab untuk berdoa bagi mereka yang berpuasa ialah saat berbuka.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat." (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Hadits hasan)

Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk berdoa di waktu mustajab ini dan berikut adalah doa meminta jodoh yang bisa kamu panjatkan.

Doa meminta jodoh

pexels.com/Thirdman

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Wallażīna yaqụlụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a'yuniw waj'alnā lil-muttaqīna imāmā

Artinya:

"Dan orang-orang yang berkata, 'Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa'.” (QS. Al-Furqan: 74)

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

Wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

Artinya:

"Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, 'Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik'." (QS. Al-Anbiya: 89).

Jadi itulah manfaat puasa Senin Kamis untuk jodoh yang bisa kamu amalkan. Gimana, siap untuk merutinkan amalan sunnah satu ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married