Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama, Apakah Boleh?

Begini hukumnya

Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama, Apakah Boleh?

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Jodoh merupakan rahasia Allah SWT. Sebagai manusia, tugas kita adalah berdoa dan berusaha menjemput jodoh.

Namun, terkadang kita mengagumi seseorang yang sulit untuk digapai. Perasaan cinta tersebut akhirnya kita pendam sendiri dan tidak tersampaikan. 

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa diusahakan adalah berdoa dan meminta kepada Allah SWT supaya orang tersebut menjadi jodoh kita. Namun, apakah berdoa dengan menyebut nama seseorang diperbolehkan? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut doa minta jodoh dengan menyebut nama dan penjelasan lengkapnya. 

1. Hukum doa minta jodoh dengan menyebut nama

Doa minta jodoh dengan menyebut nama memang menjadi sebuah usaha yang kamu lakukan untuk menjemput jodoh. Hal yang terpenting adalah kamu meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT sudah mempersiapkan jodoh yang terbaik untukmu. 

Seperti firman Allah SWT dalam QS. Az-Zariyat ayat 49 sebagai berikut. 

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah)."

Dalam ayat tersebut, Allah SWT telah berfirman bahwa segala sesuatu di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan. Namun, bagaimana kamu bisa meyakini bahwa dia adalah jodohmu adalah dengan cara berikhtiar. 

Jika kamu telah berharap seseorang untuk menjadi jodohmu, berdoa dengan menyebut nama seseorang hukumnya diperbolehkan. Hal itu disampaikan oleh Quraish Shihab dalam bukunya Shihab dan Shihab: Bincang-Bincang Seputar Tema Populer Terkait Ajaran Islam.

Namun, hal itu harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika kamu perempuan, maka mintalah jodoh laki-laki yang saleh. Sebaliknya jika laki-laki, maka berdoalah untuk berjodoh dengan perempuan salihah. 

2. Doa minta jodoh dengan menyebut nama

Kalau kamu sudah meyakini bahwa dia adalah jodoh yang terbaik, maka tidak ada salahnya untuk memohon kepada Allah SWT untuk menjadikan dia jodohmu.

Mengutip dari buku Doa-Doa Enteng Jodoh terbitan Lingkar Pena, doa meminta jodoh dengan menyebut namanya untuk seorang Muslim adalah sebagai berikut. 

"Allahumma yaa robbi anta hasbii ‘alaa (sebut nama calon pasangan) ‘aththif qolbahaa ‘alayya wa sakhkhir li qolbahaa wa dzallihaa lii wa habbibnii ilaihaa hattaa ta’tiya ilayya khoodhi’atan dzaliilatan min ghoiri mahlatin wa asygholhaa bi mahabbatii innaka’ala kulli sya’iin qodirr."
 
Artinya: "Ya Allah, Ya Tuhanku, Engkaulah yang mencukupi aku kepada (sebut nama calon pasangan), cenderungkanlah hatinya padaku, dan paksakanlah hatinya untukku serta kasihanilah ia untukku dan cintakanlah aku padanya hingga ia datang padaku dengan sopan serta menaruh belas kasih tanpa menunda-nunda. Dan sibukkanlah ia dengan mencintaiku. Sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas tiap-tiap sesuatu."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here