Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Ciri-Ciri Ipar Tidak Menyukai Kita, Kelihatan dari Bahasa Tubuhnya

Coba perbaiki hubungan kalian dari sekarang

Anggita Ayu Pratiwi

Melaksanakan pernikahan bukan hanya menyatukan dua jiwa. Kamu juga ikut menyatukan dua keluarga. Itu artinya kamu saat ini telah memiliki keluarga baru dari pasanganmu, begitu pula sebaliknya. 

Beradaptasi dengan keluarga pasangan memang harus membutuhkan usaha yang lebih. Apalagi kalau ada salah satu dari keluarga dia yang ternyata diam-diam tidak menyukaimu. Mungkin saja terjadi pada kakak atau adik iparmu.

Nah, kalau sudah begini, kamu harus peka supaya bisa memperbaiki hubungan keluarga kalian menjadi lebih harmonis. Support dari keluarga pasangan itu berimbas pada rumah tanggamu, lho. Berikut ciri-ciri ipar tidak menyukai kita. Let's go!

1. Jaga jarak

Freepik.com/yanalya

Menikah merupakan suatu momen sakral yang terjadi dalam hidup setiap orang. Fondasi untuk membangun rumah tangga yang damai dan harmonis tidak hanya ada pada suami dan istri saja, tapi juga ada pada keluarga dari masing-masing pihak.

Kalau dari sebelum hingga sesudah menikah saudara ipar terus menjaga jarak, itu adalah ciri-ciri ipar tidak menyukai kita. Cobalah untuk mencari celah untuk mendekatkan diri dengan iparmu. 

Namun, jika adik atau kakak iparmu menolak, kamu patut untuk curiga kalau dia benar tidak suka padamu.

2. Menjawab singkat-singkat

Freepik.com/Freepik

Ciri-ciri ipar tidak menyukai kita selanjutnya adalah selalu menjawab apa yang kita katakan dengan singkat-singkat. Kamu bisa melihat apakah iparmu menyukaimu atau tidak dari respons yang dia berikan. 

Kalau iparmu merespons semua perkataan kamu dengan singkat-singkat, kemungkinan besar diam-diam dia tidak menyukaimu. 

Bersikap dewasa dalam kehidupan sehari-hari setelah menikah memang sangat diperlukan ketika menghadapi orang yang tidak menyukai kita. Jadi tidak perlu kaget atau cemas jika kamu mengalami ini. 

Menyatukan dua keluarga lewat pernikahan pun tidaklah mudah. Adanya perbedaan kepribadian dan pendapat adalah faktor sulitnya menjalin hubungan harmonis dengan keluarga pasanganmu.

Namun, jangan langsung menyimpulkan ipar tidak menyukai kamu hanya karena merespons dengan singkat. Bisa saja kepribadiannya memang pendiam. Sebab, tiap orang punya karakter yang berbeda-beda.

3. Menghindari kontak mata

Freepik.com/stefamerpik

Jika ipar dari keluarga pasanganmu diam-diam atau terang-terangan tidak menyukaimu, pasti terasa tidak nyaman. Kamu bisa melihatnya dari mata mereka. Jika mereka menghindari kontak mata dengan kita, bisa saja itu termasuk salah satu ciri-ciri ipar tidak menyukai kita. 

Apalagi jika dia tidak mau melakukan kontak mata di setiap kesempatan, kemungkinannya lebih besar lagi kalau dia tidak menyukaimu. Kamu harus tahu, kontak mata itu sangat penting untuk membangun komunikasi yang baik. 

Kamu mungkin akan kesulitan untuk mendekatkan diri dengan iparmu, jika mereka enggan untuk melakukan kontak mata secara terus-menerus. Tapi, kamu bisa menemukan celah lain dengan diam-diam mencari tahu apa yang mereka suka lewat pasanganmu. 

4. Tersenyum palsu

Pexels.com/Ivan Samkov

Ciri-ciri ipar tidak menyukai kita yang selanjutnya adalah lihat dari gelagatnya. Gelagat atau bahasa tubuh bisa menunjukkan kalau ipar tidak menyukaimu. Dia akan sering memberikan senyum palsu kepadamu. 

Sebenarnya ciri yang ini agak sulit untuk diketahui, karena beberapa orang sangat pandai menyembunyikan ketidaksukaannya di balik senyumnya. Mereka sangat pandai dalam menggunakan topeng untuk terlihat biasa saja kepadamu.

Namun, jika kamu melihat senyuman dari adik atau kakak iparmu tidak terlihat tulus, mungkin saja dia memang tidak menyukaimu. Saat kamu mengetahui fakta itu, kamu pasti akan merasa kesal ataupun tidak nyaman. Maka, yang perlu kamu lakukan adalah mengendalikan diri dari emosi dan coba untuk menganalisis lebih lanjut terlebih dahulu. 

5. Bersikap acuh

Pexels.com/cottonbro studio

Ciri-ciri ipar tidak menyukai kita selanjutnya adalah saat mereka menunjukkan ketidaksukaannya dengan kita secara terang-terangan. Seperti dengan mengacuhkan keberadaan kita. 

Jadi, jika kamu sering sekali merasa diacuhkan oleh adik atau kakak iparmu, mungkin sebenarnya dia tidak suka dengan kehadiran kamu di sana. Soalnya, sikap acuh seseorang selalu bermakna negatif yang bisa diartikan rasa tidak suka, marah, kesal, ataupun rasa benci.

Kalau sudah seperti itu, kamu perlu mengajak adik atau kakak iparmu berbicara empat mata untuk menanyakan penyebab sikap acuhnya. Kamu harus mencari tahuh langsung padanya alasan mengapa dia bersikap seperti itu dan apa yang dia tidak suka dari kamu. 

6. Tidak mau melibatkanmu dalam acara

Freepik.com/Freepik

Setiap orang pastinya akan merasa dihargai sebagai orang baru dalam keluarga jika dilibatkan dalam suatu aktivitas atau acara dalam keluarga tersebut. Namun, jika salah satu keluarga, seperti adik atau kakak iparm=, tidak mau melibatkan kamu dalam acaranya, kemungkinan besar dia tidak menyukaimu.

Itulah mengapa tidak ingin melibatkanmu dalam acara masuk ke dalam ciri-ciri ipar tidak menyukai kita. Sebab, bagi dia mungkin adanya kamu dalam acara itu membuat dia tidak nyaman.

Itulah 6 ciri-ciri ipar tidak menyukai kita. Kira-kira dari daftar di atas, mana yang sedang kamu alami?

IDN Media Channels

Latest from Married