Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Menghadapi Ipar yang Iri Hati, Bikin Masalah Terus!

Kalau sudah iri, apapun terlihat salah

Anggita Ayu Pratiwi

Saat kamu menikah, kamu akan membuka lembaran baru dalam kehidupanmu. Apalagi menikah tidak hanya menyatukan dua orang saja, melainkan dua keluarga dari suami dan istri. Pastinya, kita akan mendapatkan saudara ipar dan mertua. 

Namun, memiliki saudara ipar bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang beruntung mendapatkan saudara ipar yang mau terbuka dengan kita dan menyayangi kita sepenuh hati. Terkadang karakter mereka yang berbeda membuat cara menghadapi dan mendekatkan diri pada mereka juga berbeda. 

Selain itu, ada juga yang mendapatkan saudara ipar yang iri hati. Untuk bisa menghadapinya, kamu harus punya trik. Berikut cara menghadapi ipar yang iri hati.

1. Bersabar

Pexels.com/SHVETS production

Cara menghadapi ipar yang iri hati yang pertama adalah bersabar. Mungkin kamu akan selalu mendapatkan hinaan dan cacian serta direndahkan pada apa pun yang kamu lakukan. Setiap pencapaian yang kamu lakukan akan terasa salah di matanya. 

Maka dari itu, kamu perlu bersabar. Cobalah untuk tidak peduli pada setiap hinaan dan perkataannya. Selain terhindar dari konflik, kamu juga tidak akan memperdalam masalah yang ada.

2. Rendah hati

Unsplash.com/Trung Thanh

Apakah kamu pernah mendengar istilah "iri hati tanda tak mampu"? Ketika ipar iri padamu, itu artinya dia tidak mampu melakukan apa yang kamu lakukan atau mendapatkan apa yang kamu dapatkan. Melawannya dengan kesombongan hanya akan memperkeruh masalahmu, ibarat menuangkan minyak ke dalam api. 

Cobalah untuk tetap rendah hati padanya, tetap sayangi dia dan tunjukkan kalau kamu masih menghargainya sebagai saudara ipar. Maka, kemungkinan rasa iri yang ada dalam dirinya dapat berkurang karena melihat kerendahan hati dan kebaikanmu.

3. Tidak menjelek-jelekkannya

Pexels.com/RODNAE Productions

Tidak menjelek-jelekkan adalah cara menghadapi ipar yang iri hati selanjutnya. Soalnya, kalau kamu menjelek-jelekkan dia di depan saudara, teman, ataupun suami, bisa saja kamu malah memperkeruh masalah yang sedang kamu hadapi. 

Selain itu, ketika kamu menyebarkan aib rumah tanggamu pada orang lain, terkadang hal itu justru menjadi salah satu penyebab dari perceraian antara suami dan istri. Sebab, saat orang mendengarkan ceritamu, akan muncul nasihat-nasihat negatif yang justru memperkeruh masalahmu. 

Akan lebih baik jika kamu menahan diri untuk tidak membicarakan kejelekan saudara iparmu. Agar tidak memberikan dampak yang buruk bagi rumah tanggamu.

4. Pandai menahan emosi

unsplash.com/Brooke Cagle

Kamu pasti merasa kesal ketika iparmu memperlakukanmu dengan buruk. Apalagi ketika dia secara terang-terangan memperlihatkan rasa irinya kepadamu. Namun, kemarahan dan emosi tidak akan membuat saudara iparmu langsung menyadari bahwa yang dia lakukan itu salah. 

Kemarahanmu justru membuatnya merasa menang. Karena itu, coba untuk kendalikan emosimu agar masalahmu tidak akan semakin runyam. 

5. Tidak terprovokasi

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Kamu harus menekan egomu agar kamu tidak mudah terprovokasi dari tindakan yang disebabkan oleh rasa iri hati dari saudara iparmu. 

Harga diri yang tinggi akan membuat kamu mudah terpancing emosi. Akhirnya, kamu malah memperkeruh masalah antara kamu dan saudara iparmu.

6. Komunikasikan dengan baik

Pexels.com/Katya Wolf:

Kalau memungkinkan, cobalah untuk mengajak saudara iparmu berkomunikasi denganmu. Cara menghadapi ipar yang iri hati ini mungkin bisa membuat iparmu lebih terbuka, sehingga tidak ada kesalahpahaman diantara kalian. 

Jika hal tersebut sulit, cobalah untuk komunikasikan dengan saudara iparmu yang lain atau bahkan dengan pasanganmu. Sebab, mereka akan lebih mengenal sifat dan karakter saudaranya dan memahami bagaimana cara menghadapi sifat iparmu.

7. Membuat batasan

Freepik.com/Freepik

Kamu tidak akan mungkin selalu bisa memecahkan semua masalah yang terjadi karena keirian hati dari iparmu. Ada batasan yang bisa kamu maklumi dari perbuatan buruk dia. 

Jika memang perlakuan buruk dari dia bertahan secara terus menerus, bahkan sampai menolak untuk berbicara padamu atau melakukan kerjasama dengan mu. Kamu harus mencari dukungan dari anggota keluarga lain ataupun penasihat keluarga profesional, seperti psikolog rumah tangga.

8. Fokus saja pada kebahagiaan keluarga

Pexels.com/Monstera

Cara menghadapi ipar yang iri hati selanjutnya adalah cobalah untuk tidak memedulikannya. Kamu harus ingat, kebahagiaan keluargamu adalah yang paling penting. 

Cobalah untuk lebih fokus pada keluarga kecilmu, terlepas dari semua masalah yang muncul karena iparmu. Cara ini mungkin akan membantumu untuk lebih menjaga kesehatan mentalmu serta keharmonisan keluargamu.

9. Memberikan ruang antara kamu dan saudara ipar

pexels.com/liza-summer

Di beberapa kasus, ipar yang iri hati mungkin memerlukan ruang dan waktu untuk bisa menerima perubahan pada dinamika keluarganya. Bukan berarti kamu harus menjauh, hanya saja, coba berikan dia waktu dan ruang yang cukup untuk bisa lebih nyaman di situasi dan kondisi baru dalam keluarganya.

Itulah 9 cara menghadapi ipar yang iri hati. Jadi, cara mana yang sudah kamu gunakan?

IDN Media Channels

Latest from Married