Nggak ada kencan pertama tanpa rasa gugup dan cemas! Bahkan, orang dengan kepercayaan diri yang sangat baik sekalipun, bisa saja merasa sulit untuk menyembunyikan kegugupannya, lho. Tapi untungnya, hal ini dapat memberimu petunjuk tentang bagaimana perasaannya terhadapmu. Sehingga kamu dapat dengan mudah menentukan sikap dan arah hubungan ke depan nanti.

Ada begitu banyak alasan mengapa teman kencanmu merasa gugup saat berada di dekatmu. Mungkin, mereka punya kecemasan tertentu, sudah lama tak berkencan, atau bisa jadi mereka tak dapat membaca perasaanmu. Terlepas dari itu semua, kenyataannya mereka tak takut untuk menjadi rentan di hadapan kamu. Jadi, pandai-pandailah dalam membaca situasi dan segala gerak-gerik si dia, ya.

1. Tubuhnya tampak kaku

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertamafreepik.com/ gpointstudio

Percayalah, pikiran dan tubuh benar-benar terhubung! Ketika teman kencanmu merasa tegang, kemungkinan besar ketegangan tersebut akan tampak pula pada kondisi fisiknya. Sehingga, akan sangat mudah untuk mengenali bahwa si dia memang gugup saat berada di dekatmu, deh. Misalnya, bahunya terangkat, tangan yang mengepal, atau lutut dan rahang yang tampak kaku. 

2. Dia terus-menerus gelisah

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertamafreepik.com/ ArthurHidden

Apakah sepertinya teman kencan kamu tak dapat duduk diam dan tenang? Menurut beberapa pakar, ini adalah tanda saraf yang paling umum, lho. Seseorang yang merasa cemas biasanya memiliki kecenderungan untuk menggerak-gerakkan tubuhnya. Hal ini dilakukan agar kecemasan dapat mereda. 

Mungkin, teman kencanmu nggak menyadari akan gerakannya yang jauh dari kata tenang. Tapi itu semua adalah hal yang wajar, kok. Respons otomatis terhadap stres memang sering kali sulit dikontrol dan disadari.

3. Si dia kerap melakukan gerakan tertentu dengan intensitas lebih sering

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertamafreepik.com/ nensuria

Beberapa orang juga kerap melakukan gerakan tertentu secara berulang-ulang untuk memberi dirinya sendiri kenyamanan, lho. Misalnya seperti, menggigit bibir terus menerus atau berkedip dengan intensitas yang lebih sering dari biasanya. 

Selain itu, tanda kegugupan yang paling umum adalah ketika teman kencanmu menggoyangkan kaki secara konstan. Percayalah ini merupakan salah satu pertanda paling nyata!

4. Gestur bersolek sering kali dia lakukan

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan PertamaFreepik.com

Melakukan gestur seakan sedang bersolek juga menjadi pertanda bahwa teman kencan kamu sedang merasa gugup. Biasanya, hal tersebut dapat membuat seseorang lebih siap untuk berinteraksi dengan orang lain. Termasuk ketika si dia lebih sering memegang rambutnya, menghaluskan kerutan pada celana atau kemeja, atau menyesuaikan ikat pinggang dan jam tangan miliknya.

5. Dia tertawa pada setiap hal yang kamu katakan

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertamafreepik.com/ wayhomestudio

Membuat teman kencanmu tergelak mendengar lelucon yang kamu lontarkan jelas dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. Tapi apabila si dia tertawa hampir di semua hal yang kamu katakan, tampaknya dia hanya gugup, deh.

Bagi sebagian orang, tertawa memang merupakan salah satu cara untuk meyakinkan diri bahwa segala hal akan berjalan baik-baik saja. So, nggak perlu bingung lagi mengapa si dia bersikap sedikit aneh saat berada di dekatmu, ya.

6. Pergi ke toilet berulang-ulang

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertamafreepik.com/ freepik

Mungkin, terlihat sedikit menyedihkan melihat teman yang kamu kencani bolak-balik pergi ke toilet. Tetapi, fakta ini benar-benar mengisyaratkan kegugupannya, lho. Bagi beberapa orang, bergerak dapat meredakan kecemasan, dan,perjalanan ke kamar mandi adalah salah satu pilihan yang tepat untuk itu.

Tak apa, biarkan saja si dia menemukan kenyamanan dengan caranya sendiri. Yang perlu kamu lakukan hanyalah nggak mengintimidasinya dan bersikap terbuka.

7. Si dia nggak berani menatap matamu

Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertamahttps://theeverygirl.com/

Yap, mata si dia yang tak terpaku pada mata kamu merupakan pertanda paling nyata bahwa ia gugup berada di dekatmu. Menurut beberapa pakar, hal yang satu ini termasuk tanda-tanda paling umum yang ditunjukkan seseorang ketika merasa cemas dan gugup, lho. Untuk itu, nggak perlu bingung dalam menebak-nebak lagi, ya.

Bisa jadi, ia tertarik dan memiliki perasaan terhadapmu! Mengetahui makna dari bahasa tubuhnya dapat memberimu keuntungan untuk tahu perasaannya, bukan?

Baca Juga: 20 Topik Obrolan di Aplikasi Kencan Agar Percakapan Tidak Terputus 

Baca Juga: Tak Disadari Fans, 6 Lokasi Ini Jadi Favorit Idol Kpop Berkencan

Baca Juga: Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo Akut