Segalanya dapat dimulai dengan sangat wajar bahkan tanpa pertanda buruk sekalipun. Tetapi, ketidakseimbangan kekuatan dalam sebuah hubungan takkan pernah dapat ditutupi, lho. Cepat atau lambat, kamu dan pasangan akan segera menyadarinya.

Mungkin beberapa pertanda seperti yang telah Popbela rangkum di bawah, terlewat atau sengaja kamu abaikan. Namun, jangan biarkan situasi seperti ini berlangsung lama, ya. Pasalnya, hubungan kamu yang akan menjadi taruhannya! Nah ini tanda ada ketidakseimbangan kekuatan dalam hubunganmu.

1. Pendapatmu sering kali tak mengarah ke mana-mana.

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam Hubunganmuhttps://www.pexels.com/@rodnae-prod

Salah satu pertanda nyata bahwa ada ketidakseimbangan kekuatan dalam hubungan adalah seringnya kamu menjumpai argumen yang seolah hilang entah ke mana. Tentu saja, perdebatan kecil sangatlah wajar terjadi. Namun akan jadi masalah ketika tak ada penyelesaian dan salah satu pihak justru membuat pasangannya tutup mulut, lho.

Percayalah, nggak ada yang lebih penting daripada sikap saling menghargai dalam sebuah hubungan. Lagi pula, menaruh respect terhadap seseorang yang amat kamu cintai merupakan suatu keharusan, Bela.

2. Kamu merasa tak berdaya.

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam Hubunganmufreepik.com/wavebreakmedi

Ya, ketidakseimbangan kekuatan akan selalu berakhir dengan adanya perasaan tak berdaya pada salah satu pihak. Cukup familiar dan pernah merasakan hal yang sama? Tak apa, inilah saatnya untukmu dan pasangan memperbaiki hubungan! Jika tidak, hubungan kamu dapat hancur dengan perlahan.

3. Tak satu pun kebutuhan kamu atau pasangan terpenuhi.

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam Hubunganmufreepik.com/wavebreakmedia

Ketika kekuatan dalam sebuah hubungan tidaklah seimbang, akan sangat sulit bagi orang di dalamnya untuk merasa bahagia. Bagaimana tidak? Baik kamu dan pasangan takkan benar-benar merasa mendapatkan apa yang kalian butuhkan.

Hubungan semacam itu hanya akan memberi luka untuk satu sama lain, Bela. Tak ingin hal ini berlangsung lebih lama lagi, bukan? Lakukan evaluasi bersama dan segera temukan solusi terbaik, ya.

4. Kamu merasa direndahkan dan tak dihargai.

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam Hubunganmufreepik.com/ beststudio

Selain kebutuhanmu nggak terpenuhi, ketidakseimbangan kekuatan dalam hubungan dapat membuatmu merasa direndahkan dan tak dihargai! Tentu saja, sosok pasangan yang sering kali kasar dalam bertutur kata dan kurang baik dalam bersikap jadi penyebab utama mengapa ini dapat terjadi. Sangat menyedihkan dan menyakitkan, bukan?

5. Nggak jarang, si dia tampak seperti orang asing untukmu.

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam HubunganmuPexels.com/Alex Green

Ketidakseimbangan kekuatan dalam hubungan juga dapat membuat kamu dan pasangan merasa tak saling mengerti dan ada untuk satu sama lain, lho. Padahal, dua orang yang saling mencintai akan melakukan apa pun agar kebutuhan dan ekspektasi masing-masing akan sebuah hubungan dapat terpenuhi. Namun, ketakutan akan perasaan nggak berdaya mengubah segalanya. Ini sangatlah beracun untuk hubungan kamu, Bela!

6. Seiring berjalannya waktu, ada jarak yang semakin besar dalam hubungan kamu.

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam HubunganmuPexels.com/Budgeron Bach

Kebanyakan orang yang terjebak dalam hubungan semacam ini cenderung lebih sering mengambil solusi paling mudah yaitu dengan mundur perlahan dari masalah alias menghindar. Tetapi, jangan sesekali kamu berpikir seperti ini, ya. Kamu selalu punya pilihan untuk dapat memperbaiki hubungan dan menyelesaikan permasalahan, kok. Jangan biarkan jarak yang memisahkan kamu dan pasangan bertambah besar!

Kabar baik: ketidakseimbangan kekuatan dalam hubungan sangat dapat disembuhkan!

Ini 6 Tanda Ada Ketidakseimbangan Kekuatan dalam Hubunganmupexels.com/vanessagracia

Tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan. Begitu juga dengan ketidakseimbangan kekuatan yang ada dalam hubungan kamu dan pasangan! Pertama, all you have to do is listen.

Ya, bicarakan baik-baik permasalahan ini dan dengar seperti apa pendapat dan perasaannya. Tetapi, ingat, jangan pernah saling menyalahkan, ya. Perbanyak alternatif solusi dan buat kesepakatan agar dapat segera diterapkan pada hubungan kamu. Berbesar hatilah untuk selalu menerima dan memaafkan, Bela.

Baca Juga: Apa Itu Poliamori, Jenis Hubungan yang Dianut Willow Smith

Baca Juga: Hati-hati, 9 Jenis Komunikasi Ini Bisa Merusak Hubungan Kamu

Baca Juga: Saran dari Ahli, 13 Kebiasaan Ini Bikin Hubungan Semakin Kuat