Siapa pun dapat menjadi pelaku dari tren kencan yang satu ini, lho. Yap, soft ghosting secara nggak sadar bisa saja kamu lakukan kepada pada siapa saja dan yang paling mengejutkan, ternyata tren kencan soft ghosting tidak hanya berlaku untuk pasanganmu saja! Keluarga, teman, kerabat dekat juga berpotensi menjadi korban yang nggak kamu duga-duga, Bela. 

Penasaran seperti apa tren kencan yang kerap membuat si pelaku dan korban turut merasakan kegalauan setengah mati? Yuk simak selengkapnya!

Kenali Soft Ghosting, Tren Kencan yang Membuatmu Galau Setengah MatiPexels.com/Vera Arsic

Pada dasarnya, tren kencan soft ghosting dapat dilakukan dengan niat untuk menjadi jahat. Tapi, di satu sisi ternyata tren kencan ini dilakukan seseorang hanya karena mereka nggak tahu harus berkata apa untuk membalas pesan yang kamu berikan kepadanya. 

Biasanya pelaku soft ghosting akan melakukan beberapa tahap hingga akhirnya komunikasi antara kamu dan si dia terhenti sepenuhnya dengan beberapa kali meninggalkan jejak komentar, like, atau bahkan sekadar emoji di Instastory kepunyaannya. Perbuatan yang kamu lakukan ini sungguh menyakitkan, Bela. 

Dilansir dari website cosmopolitan.uk, Hayley, pakar kencan Match, mengatakan bahwa soft ghosting jauh lebih ampuh membuat patah hati seseorang dibanding ghosting yang utuh karena tren kencan yang satu ini mampu menyisakan luka hati yang dalam dan perlahan.

Kenali Soft Ghosting, Tren Kencan yang Membuatmu Galau Setengah MatiPexels.com/Pixabay

Lain halnya apabila kamu adalah korban dari tren kencan soft ghosting, nih. Popbela merangkum beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengatasi tren kencan yang satu ini agar nggak terjebak didalamnya terus menerus, diantaranya adalah:

  1. Kamu harus tahu kapan perlu merespons pesan dari seseorang dan kapan tidak. Beberapa pesan terkadang nggak membutuhkan jawaban, lho. Memfilter pesan adalah hal yang penting!
  2. Seseorang yang benar-benar mencintaimu akan melakukan segala cara untuk mendapatkanmu. Mereka nggak akan membuatmu merasa diacuhkan bahkan hanya sekadar melalui pesan singkat loh. So, know your worth.
  3. Cobalah positive thinking dan jangan cepat berasumsi. Kamu patut menerima fakta bahwa beberapa orang benar-benar nggak menerima pesan yang kamu kirimkan kepadanya.
  4. Terlalu cepat mengambil kesimpulan adalah hal yang buruk dan gegabah. Cobalah untuk memikirkan beberapa alternatif alasan mengapa si dia nggak membalas pesanmu sesuai dengan apa yang kamu harapkan.
  5. Kalau dengan cara tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan nggak kunjung membuatmu puas, kamu perlu untuk segera mengambil langkah dan bertanya langsung. Hal ini akan memberimu petunjuk yang jelas mengapa si dia bersoft-gosting ria denganmu.
  6. Seseorang dapat berlaku menyebalkan tanpa perlu cukup alasan, yang kamu perlu lakukan adalah tahu kapan harus melindungi diri juga perasaan. Ketahui batas kecukupanmu, Bela. Kamu nggak perlu memintanya menjelaskan lebih banyak lagi jika yang nantinya si dia lakukan hanyalah membuatmu sakit hati.

 

Nah, itulah yang perlu kamu ketahui mengenai tren kencan soft ghosting. Nggak menutup kemungkinan, kamu pernah berperan sebagai pelaku dan menjadi korban dari kejahatan tren kencan yang satu ini. Tapi, kamu perlu untuk selalu bertanggung jawab terhadap apapun yang kamu lakukan terutama pada hal-hal yang menyangkut perasaan orang lain. So, ketahui tanda-tanda soft ghosting dan kapan harus berhenti untuk melakukannya!