Pedihnya hati pasca putus cinta, tentu saja dapat membuatmu tersadar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan, pertemuan dengan cinta sejati benar-benar kamu dambakan karenanya, bukan? 

Namun, sebelum itu terjadi, ada beberapa kebiasaan buruk saat berkencan yang tampaknya perlu kamu ubah, lho. Hal ini perlu kamu lakukan agar tak kembali terjebak dalam sakit hati yang sama! 

Percayalah, dengan begitu kamu nggak akan lagi menangis karena cinta.

1. Hilangkan ketakutan yang selama ini menghalangimu untuk maju

Ubah 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkencan untuk Temukan Cinta Sejatihttps://www.pexels.com/@anastasia-shuraeva

Selama ini mungkin kamu menyangka bahwa kamu menghabiskan waktu dengan laki-laki yang nggak serius. Menyebalkan memang! Namun, coba pikirkan kembali, deh. Apabila kamu selalu berpikir bahwa kamu selalu bersama dengan pasangan yang takut akan komitmen. Mungkin, kamu lah yang sebenarnya punya ketakutan akan komitmen itu sendiri. Tanpa sadar, hal tersebut mengantarkanmu pada cinta yang salah. Untuk itu, enyahkan pemikiran yang negatif dan ketakutan yang nggak berkesudahan, ya.

2. Cobalah untuk mengganti tipe pasangan idaman kamu

Ubah 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkencan untuk Temukan Cinta SejatiPexels.com/Cottonbro

Cara yang satu ini mungkin terlihat mudah untuk diucapkan. Tetapi, mengganti tipe pasangan idaman jelas sangat sulit bagi siapa pun! Mungkin, kamu nggak dapat mengontrol untuk tertarik dengan siapa. Namun, kamu harus berhenti memilih laki-laki yang nggak dewasa, nakal, dan manipulator ulung. Jangan sia-siakan waktu kamu dengan seseorang yang nggak berniat serius, Bela.

3. Ubah kebiasaan buruk dan perbaiki diri agar jadi lebih baik

Ubah 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkencan untuk Temukan Cinta SejatiPopbela.com

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Untuk menemukan cinta sejati yang benar-benar kamu dambakan. Kamu perlu memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan begitu, seseorang yang baik dan tepat akan datang menghampirimu dengan sendirinya. So, jadilah seseorang yang bisa membuat dirimu sendiri merasa tertarik. Tapi, jangan sampai membuatmu merasa nggak menjadi diri sendiri, ya. 

4. Stop berekspektasi!

Ubah 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkencan untuk Temukan Cinta Sejatipexels.com/Craig Adderley

Yap, pada dasarnya, untuk dapat menemukan cinta sejati, kamu harus mengenyahkan segala ekspektasi! Kebiasaan buruk dalam berkencan ini menjadi salah satu hal yang wajib kamu ubah. Ketika kamu lebih fleksibel dan terbuka saat berkencan dengan seseorang, rasa ingin tahu akan selalu muncul karenanya. Dengan begitu, kamu dapat melihat si dia apa adanya. 

5. Berhenti menyalahkan diri sendiri atas segala hal

Ubah 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkencan untuk Temukan Cinta SejatiPexels.com/John Rae Cayabyab

Menyalahkan diri sendiri atas segala sesuatu yang terjadi, nggak akan baik untukmu. Percayalah, bertemu dengan seseorang yang salah dan gagal dalam menjalin hubungan itu bukan kesalahan kamu. Coba lakukan perbaikan terhadap dirimu, ya. Dengan begitu, cinta yang sejati akan datang menghampiri, kok. Kamu hanya perlu percaya sembari mengubah diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Jadilah teman untuk diri sendiri

Ubah 6 Kebiasaan Buruk dalam Berkencan untuk Temukan Cinta Sejatihttps://www.pexels.com/@mattycphoto

Teman yang baik itu akan selalu menerima kamu apa adanya dan mendukung. Ketika kamu akhirnya mengganti pemikiran yang negatif dan berhenti merendahkan diri sendiri. Kamu akan merasa siap dan jauh lebih baik. Beranikan dirimu untuk mencintai diri sendiri, ya. Dengan begitu, kamu dapat menghargai dan tahu nilai dari diri sendiri pula. Orang lain pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu. 

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk saat berkencan yang perlu kamu ubah untuk mendapatkan cinta sejati. Nggak sulit, kok, asalkan kamu bertekad untuk melakukannya.

Baca Juga: 10 Perbedaan Paling Terasa Saat Kencan Usia 20-an vs Usia 30-an

Baca Juga: Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo Akut

Baca Juga: 6 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Tanyakan Saat Kencan Pertama