Ketika kamu baru saja menjalin sebuah hubungan baru, memiliki keinginan untuk terus menghabiskan waktu bersama pasangan adalah hal yang wajar. Mungkin kamu ingin bermanja-manja ria sekaligus mengenalnya lebih dekat lagi.

Nggak ada yang salah dari hal tersebut, kok. Namun, kamu sebagai perempuan tetap harus mandiri sembari menjaga ikatan cinta dengannya tetap kuat dan intim! Sebab apabila tidak, perilaku kamu ini dapat membuat hubungan menjadi tak seimbang.

Oleh karenanya, terapkan cara-cara berikut agar tetap mandiri walau telah memiliki kekasih hati.  

1. Tingkatkan quality time bersama pasangan

5 Cara Tetap Mandiri Sambil Menjaga Hubungan Tetap Harmonishttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Walaupun saat ini kamu punya tujuan untuk menjadi sosok yang mandiri, kamu tetap membutuhkan quality time dengan pasangan, lho. Kamu perlu membuat waktu-waktu bersamanya jauh lebih berarti. Jadi, meski nantinya jumlah pertemuan kamu dan dia tak sebanyak biasanya, kalian berdua takkan merasa kehilangan satu sama lain.

Inilah yang dinamakan dengan keseimbangan! Apalagi, jika kamu memiliki rutinitas padat dan menjalani kehidupan yang super sibuk. Cara ini tentu akan sangat membantumu guna menyeimbangkan antara hidup mandiri dan keintiman dalam hubungan.

2. Jaga hubungan pertemanan dan jalankan hobi

5 Cara Tetap Mandiri Sambil Menjaga Hubungan Tetap HarmonisPexels.com/Pavel Danilyuk

Selanjutnya, kamu harus memiliki kehidupan lain di luar hubungan agar kamu tetap mandiri walau telah memiliki kekasih hati. Misalnya, dengan merawat baik-baik hubungan pertemanan kamu dan nggak lupa untuk menjalankan hobi secara berkala. Entah itu mengikuti kelas pilates, mengambil kelas melukis, atau mengikuti komunitas pencinta drama korea. Kamu dapat memilih aktivitas apa pun yang kamu suka, kok.

3. Selalu terbuka dan jujur pada pasangan

5 Cara Tetap Mandiri Sambil Menjaga Hubungan Tetap Harmonishttps://www.pexels.com/id-id/@roman-odintsov

Selain itu, upayakan selalu untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur, ya. Terlebih lagi, ketika kamu tengah menghabiskan waktu bersama pasangan! Di saat-saat seperti itu, kamu nggak boleh menyimpan cerita seorang diri. Kamu harus membiasakan berbicara apa adanya tentang apapun yang kamu pikirkan dan rasakan. Dengan begitu, ikatan kamu bersama si dia akan semakin kuat dan hubunganmu dapat berjalan langgeng.

4. Alokasikan waktu untuk me time

5 Cara Tetap Mandiri Sambil Menjaga Hubungan Tetap Harmonishttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Memiliki pasangan tidak dapat menjadi alasan yang kuat untukmu menghilangkan kebutuhan akan waktu me time begitu saja. Justru karena telah berpasangan, seseorang semakin perlu untuk menyeimbangkan antara kehidupannya secara mandiri dan hubungan asmaranya.

Nah, guna mencapai titik keseimbangan tersebut kamu dapat melakukan berbagai hal yang kamu lakukan sendiri. Me time nggak melulu dilakukan di salon atau menikmati massage di spa. Menghabiskan waktu dengan membaca buku kesukaan, bersepeda sendiri, atau bahkan menikmati film favorit adalah beberapa kegiatan me time yang bisa kamu lakukan.

Intinya, me time tetap diperlukan untukmu dan juga pasangan, agar hubungan kalian tetap seimbang.

5. Jangan bergantung secara emosional maupun finansial!

5 Cara Tetap Mandiri Sambil Menjaga Hubungan Tetap HarmonisPexels.com/Gustavo Fring

Ini merupakan bagian terpentingnya. Ya, jangan bergantung sepenuhnya pada pasangan baik secara emosional maupun finansial! Selain karena kamu takkan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, kamu juga perlu tetap mandiri hingga nanti dengan atau tanpa kehadirannya. Oleh karena itu, pastikan baik-baik bahwa kamu dapat selalu membayar tagihan seorang diri dan mampu menjaga martabat pribadi, ya.

Demikianlah lima cara menyeimbangkan kehidupan agar tetap mandiri sembari menjaga hubungan tetap harmonis. Ingat, pasangan itu hanya pelengkap semata namun kamulah yang utama!

Baca Juga: Kenali 5 Bahasa Permintaan Maaf Demi Ciptakan Hubungan yang Harmonis

Baca Juga: Perbedaan Bahasa Cinta Setiap Zodiak, Tak Selalu dengan Kata-Kata 

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menerapkan Love Language dalam Hubungan