Beberapa orang mengatakan cemburu itu merupakan tanda cinta. Pasalnya, kecemburuan pada pasangan mengisyaratkan rasa memiliki dan takut akan kehilangan. Namun, akan jadi berbeda jika rasa cemburu pada pasangan sudah berlebihan. Misalnya, selalu berpikiran negatif hingga berujung posesif. Cemburu dengan cara seperti ini bisa mengantarkan hubunganmu pada jurang perpisahan, lho.

Nah, guna menyelematkan hubungan kamu dari perasaan cemburu berlebih pada pasangan, coba terapkan beberapa tips berikut. Semoga berhasil!

1. Cari tahu sumber kecemburuan dalam diri

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@polina-zimmerman

Sederhana saja, untuk bisa mengendalikan kecemburuan pada pasangan, kamu perlu tahu dari mana sumber rasa cemburumu berasal. Jadi, coba renungkan dan pikirkan baik-baik, ya. Apakah karena khawatir pasangan akan kembali pada mantannya atau hanya semata-mata karena kamu insecure dengan bentuk tubuh diri sendiri? Hanya kamu yang tahu jawabannya!

2. Catat seluruh perasaan insecure yang kamu miliki

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@cristian-rojas

Pada dasarnya, kecemburuan sangat erat kaitannya dengan perasaan tidak percaya diri atau insecurity. Sehingga, langkah terbaik agar terhindar dari cemburu berlebihan adalah mencatat seluruh rasa insecure dalam diri. Hal ini akan mempermudah kamu untuk menemukan sekaligus memahami sumber perasaan cemburumu pada pasangan.

3. Komunikasikan bersama pasangan

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@william-fortunato

Ketahuilah, setiap permasalahan dalam hubungan perlu mendapatkan penanganan dengan segera. Sehingga, setelah mendapatkan gambaran jelas tentang apa yang membuat kamu cemburu berlebihan, carilah waktu untuk membicarakannya pada pasangan, ya. Dengan begitu, pasangan jadi bisa memahami apa isi pikiran dan perasaan kamu. Lagi pula, menyimpan kecemburuan dalam diam hanya akan membuatmu tertekan lebih lama, Bela.

4. Pikirkan kembali kecemburuanmu pada pasangan

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@karolina-grabowska

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah alasan kecemburuan kamu pada pasangan masuk akal atau tidak. Pasalnya, tidak sedikit orang menaruh rasa curiga terhadap sesuatu secara membabi buta hingga mengesampingkan akal sehat. Misalnya, hanya karena pacar kamu terlambat menjemput lima menit, kamu berasumsi bahwa ia berselingkuh. Jika kamu masih bingung atau ragu, kamu bisa minta saran dari seorang teman.

5. Dengarkan baik-baik suara hati kamu

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@alex-green

Terkadang, kecemburuan dapat membantu kamu untuk mengetahui apa yang sesungguhnya kamu inginkan. Oleh karena itu, ketika rasa cemburu pada pasangan mulai datang, fokuskan diri untuk mendengar baik-baik isi hatimu yang terdalam. Sebagai contoh, kamu merasa cemburu saat pasangan punya agenda nongkrong dengan teman-temannya. Berdasarkan hal tersebut, bisa jadi sebenarnya kamu punya keinginan untuk bisa melakukan hal yang sama. Bukankah begitu?

6. Tuliskan apa saja yang membuatmu merasa cemburu

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@michael-burrows

Apabila dilakukan secara berkala, hal ini dapat membantu kamu untuk mengatasi cemburu berlebih pada pasangan, lho. Ya, tulis hal apa saja yang membuat kamu merasa cemburu dalam sebuah kertas. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan pemikiran tak masuk akal yang selama ini selalu kamu jadikan alasan untuk cemburu dan menyingkirkannya dari kepalamu.  

7. Tarik napas dalam-dalam

Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@miriam-alonso

Ketika kamu merasa tengah diliputi oleh kecemburuan yang begitu besar, ada baiknya untuk mengambil napas dalam-dalam sebelum memilih marah dan hilang kendali. Jalan-jalan santai sejenak atau berendam air hangat mungkin bisa mengalihkan perhatian kamu. Yang terpenting, tenangkan hati dan berusahalah sebisa mungkin untuk tak berfokus pada rasa cemburu.

Cemburu berlebihan tentunya nggak baik ya, Bela. Jadi, coba kendalikan dirimu dan jangan sampai rasa cemburu itu menguasai hati dan pikiranmu. 

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Suami yang Mudah Cemburu

Baca Juga: Inilah Doa Saat Sedang Dilanda Rasa Cemburu kepada Pasangan

Baca Juga: 7 Tanda Jika Laki-laki Cemburu Tapi Gengsi Mengatakannya