Setiap orang, nggak terkecuali kamu, pasti memiliki standar pribadi dalam memilih kekasih hati. Biasanya, standar tersebut terdiri atas kualitas atau karakteristik paling mendasar yang harus dimiliki oleh seseorang apabila ingin dekat dengan kamu.

Apa pun itu, jangan sesekali berpikir untuk menurunkan standarmu hanya karena sulit menemukan cinta, ya. Kamu perlu menjaganya untuk tetap tinggi nggak peduli seberapa banyak godaan di luar sana!

Berikut ini beberapa cara memilih cinta sesuai dengan keinginanmu.

1. Ketahui standar pribadimu dan tentukan mana yang terpenting

Punya Standar, Ini 6 Cara Memilih Cinta Sesuai Keinginanmuhttps://www.pexels.com/@zen-chung

Ketahui dan tetapkan hal-hal apa saja yang perlu dimiliki oleh pasangan kamu di masa depan. Misalnya, karakter atau ciri kepribadian, nilai-nilai yang ia pegang, bahkan sampai dengan gaya hidup seperti apa yang ia jalankan. Putuskan mana yang terpenting untukmu, ya.

Setelah itu, berpeganglah teguh pada standar yang telah kamu buat itu! Meski mungkin apa yang kamu cari berbeda dari apa yang kebanyakan orang cari, jangan pernah ragu dan menyalahkan diri sendiri. Menurunkan standar pribadi yang telah kamu buat jelas bukan solusi, Bela.

2. Jangan dengarkan orang lain

Punya Standar, Ini 6 Cara Memilih Cinta Sesuai Keinginanmuhttps://www.pexels.com/@sam-lion

Ketika sulit menemukan cinta, tentu saja nasihat dari orang terdekat untuk nggak terlalu pilih-pilih atau menggunakan standar tinggi akan selalu ada. Namun, kamu punya pilihan untuk menolak mendengarnya, lho.

Ya, untuk hal yang satu ini mengabaikan pendapat orang lain merupakan cara yang terbaik. Percayalah, hanya kamu seorang yang paling tahu apa yang kamu inginkan. So, jangan turunkan standar pribadi kamu hanya karena orang lain, ya.

3. Pastikan standar yang telah kamu tetapkan memiliki tujuan yang berarti

Punya Standar, Ini 6 Cara Memilih Cinta Sesuai Keinginanmuhttps://www.pexels.com/@uriel-mont

Nggak ada yang salah dari memiliki kriteria pasangan ideal yang spesifik. Justru dengan adanya standar semacam itu, pencarian kekasih hati jadi lebih terarah. Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh pastikan lebih dulu bahwa kriteria tersebut kamu tetapkan untuk satu tujuan pasti, ya. Sehingga standar khusus yang kamu telah tetapkan nggak menyusahkan diri sendiri hingga membuat orang yang tepat jadi terlewat.

4. Know your worth!

Punya Standar, Ini 6 Cara Memilih Cinta Sesuai Keinginanmuhttps://www.pexels.com/@shvets-production

Cinta kasih untuk orang lain harus dimulai dari dalam dengan mencintai diri sendiri, lho. Kamu harus benar-benar percaya bahwa kamu layak untuk mendapatkan cinta yang terbaik! Dengan begitu, sosok pasangan yang tepat akan segera hadir dan menetap dalam kehidupan kamu.

5. Percayalah terhadap apa yang kamu lihat dari seseorang

Punya Standar, Ini 6 Cara Memilih Cinta Sesuai Keinginanmuhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Perlakuan buruk yang ia lakukan kepadamu itu nyata. Segala karakter dan sikapnya yang tak baik itu juga nyata. Jadi, berhentilah menyangkalnya. Meski telah lama menjalin hubungan bersamanya, jangan abaikan pertanda-pertanda buruk yang kamu lihat dari dalam diri si dia, ya. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik tepat seperti standar pribadi yang telah kamu tetapkan.

6. Belajarlah dari masa lalu

Punya Standar, Ini 6 Cara Memilih Cinta Sesuai Keinginanmuhttps://www.pexels.com/@liza-summer

Menjadikan masa lalu sebagai pengingat untuk tak lagi salah dalam memilih pasangan merupakan salah satu cara paling baik untuk meningkatkan kualitas hubungan di masa depan. Jangan terburu-buru kalau nggak ingin salah langkah, ya. Apalagi, membiarkan orang lain  memaksamu melalui masa-masa sulit seperti hubungan kamu terdahulu. Inilah saatnya untuk mempertahankan standar pribadi yang telah kamu tetapkan sedari dulu!

Baca Juga: 10 Tahun Menikah, Begini Perjalanan Cinta Daniel Mananta dan Istri

Baca Juga: 4 Hal Terpenting untuk Menjaga Hubungan Tetap Penuh Cinta

Baca Juga: Tanpa Bicara, Lakukan 7 Hal Ini Sebagai Tanda Cinta!