Batasan sehat dalam hubungan merupakan salah satu hal penting yang berguna untuk menjaga identitas diri tetap hidup di tengah-tengah kehidupan bersama pasangan. Di samping itu, batasan yang sehat juga dapat membuat hubungan jadi lebih seimbang dan jauh dari kata toxic.

Adanya batasan yang sehat nggak akan membuat hubungan berubah hambar dan berkurang kadar keromantisannya. Jadi, jangan ragu untuk menetapkan batasan-batasan sehat dalam hubungan yang memang kamu dan pasangan perlukan, ya!

Namun, seperti apa sesungguhnya batasan sehat yang harus ada dalam hubungan? Yuk, simak pembahasan berikut ini sampai habis.

1. Menghargai diri sendiri

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!https://www.pexels.com/@eman-genatilan-3459781/

Pertama, menciptakan batasan sehat dalam hubungan haruslah dimulai dengan sikap menghargai, terlebih kepada diri sendiri! Sebab, dengan menghargai diri sendiri kamu dapat lebih nyaman dan mudah untuk menentukan batasan-batasan apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah hubungan. 

2. Menyeimbangkan kekuatan dalam hubungan

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!https://www.pexels.com/@cristian-rojas/

Selanjutnya, batasan sehat yang perlu ada dalam hubungan adalah dengan menyeimbangkan kekuatan, peran, dan tanggung jawab masing-masing orang. Sehingga, tidak hanya kamu atau pasangan saja yang dapat mengambil keputusan penting yang memengaruhi jalannya hubungan.

Namun, kalian berdua dapat saling mendengar dan memberi masukan bagi satu sama lain supaya bisa terus bergerak maju. Di samping itu, kekuatan yang seimbang juga dapat membantu kamu dan pasangan untuk memperkokoh kepercayaan sebagai fondasi dalam hubungan.

3. Berhenti berkata “iya” ketika kamu bermaksud “tidak”

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!freepik.com/tirachardz

Mungkin, hal yang satu ini sudah sering kamu lakukan, bahkan telah menjadi kebiasaan. Akan tetapi, jika kamu tak segera berhenti dan terus menerus mempertahankan kebiasaan ini, cepat atau lambat kamu akan merasa lelah. Pasalnya, kamu selalu berbohong dan tidak pernah benar-benar mengutarakan apa yang menjadi isi hati kepadanya sebagai pasanganmu. Sangat menyesakkan, bukan?

4. Sisihkan waktu untuk diri sendiri

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!https://www.pexels.com/@cottonbro/

Masih ingat kapan terakhir kamu menghabiskan waktu untuk diri sendiri? Jika kamu merasa sudah terlalu lama tidak melakukannya, maka coba sisihkan waktu sejenak di setiap harinya, deh. Misalnya, dengan minum secangkir kopi dan menulis jurnal harian atau sekadar bersantai di halaman rumah dan merenung. Hal ini dapat membantu kamu untuk merasa lebih baik dan tetap punya kehidupan pribadi meski tengah menjalin hubungan dengan sang kekasih hati, lho.

5. Mintalah bantuan saat membutuhkannya

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!https://www.pexels.com/@john-diez/

You’re not a superhero, Bela. Jadi, apabila kamu tengah kesulitan dan butuh bantuan, maka mintalah pertolongan kepada pasanganmu. Lagi pula, kamu tak akan terlihat lemah atau merepotkan hanya karena meminta bantuan, kok.   

6. Berhentilah merasa bersalah

Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!https://www.pexels.com/@ivan-samkov/

Menetapkan batasan-batasan yang sehat dalam hubungan merupakan salah satu hal baik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri. Oleh karena itu, jangan pernah merasa bersalah karena hendak atau telah melakukannya. Menetapkan batasan adalah hak kamu seutuhnya, kok. Bahkan, ketika tengah menjalin hubungan dengan seseorang sekalipun!

Baca Juga: 6 Macam Personal Boundaries yang Perlu Kamu Ketahui 

Baca Juga: 5 Batasan Privasi dalam Hubungan yang Tidak Boleh Dilanggar

Baca Juga: 6 Zodiak yang Perlu Banyak Perhatian Agar Bahagia dalam Hubungan