Keluar dari lingkaran friendzone atau berupaya untuk melancarkan aksi ‘penembakan’ kepada seseorang yang telah lama kamu sukai, tentu saja, melakukan gerakan pertama bukanlah sesuatu yang mudah. Menyadari bahwa sekadar menyapa dan mengikutinya di setiap sosial media yang ia miliki tidak membuahkan hasil memang terasa begitu mengecewakan. Tapi, di saat yang bersamaan, membayangkan dirimu mengambil langkah nyata dengan mengutarakan secara langsung perasaanmu yang sesungguhnya kepadanya benar-benar membuatmu nggak gugup setengah mati.

Takut akan penolakan

Melakukan Langkah Pertama Untuk PDKT Terasa Sulit? Inilah Alasannya!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya seseorang yang takut menampakkan diri dengan mengambil gerakan pertama untuk menjadi dekat dengan sang pujaan hati justru berakar dari ketakutan akan penolakan. 

Asumsi mengenai berbagai kemungkinan ketika akhirnya melakukan langkah nyata pendekatan yang dibuat sendiri tanpa dasar yang jelas kerap kali menjadi penghambat bagi sebagian orang. Tenang saja, hal tersebut adalah hal yang wajar kok. Menjauh dari hal-hal yang berpotensi menyakiti hatimu dan menahan diri sembari menunggu petunjuk yang jelas akan terasa jauh lebih menarik, bukan?

Tapi, seperti kebanyakan situasi menegangkan lainnya, dibutuhkan keberanian yang cukup untuk lebih sering melawan rasa takut dan mencobanya hingga segalanya terasa lebih mudah dilakukan. Sama halnya dengan berkencan, semakin kamu sering merasa nyaman untuk melakukan pendekatan, terlepas dari diterima atau ditolak, maka akan makin sedikit pula kecemasan untuk itu. Meski kamu perempuan, nggak ada salahnya untuk melakukan gerakan pertama kok.

Penuh empati dan kesabaran

Melakukan Langkah Pertama Untuk PDKT Terasa Sulit? Inilah Alasannya!preply.com

Agar rasa takut kamu akan penolakan berkurang, terapkan cara mendekati dengan empati, perhatian, dan kesabaran. Kemungkinan terburuk tetap harus kamu pikirkan, Bela. 

Beberapa hal yang kamu takutkan harus terbayangkan dengan jelas olehmu sebelum mengambil langkah atau gerakan pertama. Kemudian, temukan cara ampuh untuk dapat mengatasi kemungkinan tersebut. Apabila kamu berhenti sampai tahap membayangkan saja, segala hal akan terasa percuma. Namun, jika kamu terus memikirkan solusi akan ketakutan itu sendiri tentu saja masalah dapat dengan mudah terselesaikan.

Selanjutnya, buat orang yang kamu sukai meminimalkan kemungkinan penolakan terhadapmu. Alih-alih mengajaknya berkencan berdua saja, cobalah untuk memasukkannya ke dalam satu grup di sosial media bersama teman-teman untuk jalan-jalan bersama. 

Dijamin deh, si dia nggak akan mungkin bisa menolak ajakanmu. Selalu ingat untuk mencintai diri sendiri ya, Bela. Sebelum memutuskan untuk mencintai orang lain, mengenali diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan adalah hal yang penting untuk dilakukan loh Dengan begitu, kamu akan lebih menghargai diri sendiri.

Jujur akan jauh lebih baik ketimbang diam saja

Melakukan Langkah Pertama Untuk PDKT Terasa Sulit? Inilah Alasannya!bustle.com

Seseorang yang mengalami ketakutan atau kecemasan dalam mengambil gerakan pertama dalam pendekatan ternyata juga dapat didasari oleh adanya ketakutan akan dimintai pertanggungjawaban oleh seseorang yang disukai. 

Terkadang, beberapa orang hanya menginginkan manfaat dari suatu hubungan tanpa kewajiban untuk bertanggungjawab terhadap sang pasangan karena berkomitmen dianggap sebagai sesuatu yang sulit.

Apabila kamu menyukai seseorang tanpa berniat untuk mengajaknya menuju suatu hubungan yang lebih serius bahkan untuk jangka waktu yang panjang, sama sekali bukan masalah besar, kok. 

Justru hal tersebut harus menjadi sesuatu yang kamu katakan sejak awal jika memang benar adanya demikian. Utarakan dengan jujur dan terbuka terhadap orang yang kamu sukai jika kalian telah cukup dekat setelah melakukan gerakan pendekatan. Dengan begitu hubungan yang nantinya akan kamu dan si dia jalani akan lebih sesuai dengan batasan-batasan yang telah disepakati bersama.

Sama halnya dengan kehidupan yang penuh dengan impian dan harapan, kehidupan asmara juga perlu kamu perjuangkan. Bahkan ketika hal tersebut terasa mustahil untuk dapat diraih. 

Jika kamu tertarik pada seseorang, segera ambil langkah dan inisiasi sebuah pendekatan. Menyia-nyiakan waktu dengan berdiam diri sembari menunggu orang lain yang menggantikanmu mendekat pada orang yang kamu sukai cepat atau lambat akan mendatangkan penyesalan di dalam dada. So, belajar untuk nggak malu dan berani mengambil gerakan pertama adalah hal yang wajar kamu lakukan kok.

Baca Juga: Kenali Sejak PDKT, Ini 5 Cara Terhindar dari Toxic Relationship

Baca Juga: Cek Bahasa Cinta Gebetanmu Lewat Zodiaknya, Yuk!

Baca Juga: Sebelum Menikah, 9 Pasangan Seleb Ini Alami Kisah Cinta Putus Nyambung