Hubungan jarak jauh alias Long Distance Relationship memang nggak pernah mudah untuk dijalani. Banyak orang percaya bahwa LDR nggak akan bisa berhasil, karena godaan untuk berpaling sangat besar.

Belum lagi, nasihat dan juga obrolan dari keluarga atau teman terdekat yang kadang membuatmu merasa kecil hati dan ragu untuk mempertahankan hubunganmu dengan pasangan.

Coba tenangkan pikiranmu dan tutup rapat telingamu. Jangan hiraukan perkataan orang lain yang malah justru membuatmu ragu dan memilih mundur. 

Lebih baik baca dulu 8 tips jalani Long Distance Relationship  supaya hubungan kamu dan si dia tetap berjalan baik meski dipisahkan jarak.

1. Percaya

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu KetahuiPexels.com/Pixabay

Rasa percaya adalah kunci utama keberhasilan suatu hubungan. Rasa percaya kamu akan lebih diuji begitu kamu menjalani sebuah hubungan jarak jauh alias LDR. Dilansir dari cosmopolitan.uk, Aoife Drury, seorang psikoseksual dan terapi hubungan, mengatakan bahwa kepercayaan adalah hal yang dibutuhkan dalam membangun hubungan yang sehat. Jadi, sejauh apa pun jarak yang memisahkan kamu dengan pasangan, kepercayaan harus selalu menjadi penguat agar hubungan yang kamu jalani dengan pasangan tetap sehat dan nggak toxic.

2. Hindari komunikasi yang berlebihan

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/ mentatdgt

Tidak bertatap muka secara langsung nggak boleh jadi alasan untuk bisa bertukar pesan atau video call 24/7. Ketahui kesibukan pasanganmu yang jauh di sana dan cobalah untuk selalu memberikan pengertian dan perhatian yang cukup. Kamu dapat tetap bertukar pesan secara rutin, kok, tapi nggak perlu berlebihan karena justru bisa membuat pasanganmu merasa nggak nyaman.

3. LDR = kesempatan belajar

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/ jcomp

Kadang, rindu yang tak terbendung membuat emosimu jadi nggak menentu. Bahkan bisa menjadi hal yang justru memicu pertengkaran. Cobalah untuk melihat hubungan jarak jauh yang saat ini sedang kamu jalani bersama pasangan dalam perspektif yang berbeda. Lihat LDR sebagai kesempatan untuk belajar lebih mengerti pasangan kamu. Jarak yang memisahkan harus menjadi penguat bagi hubunganmu bukan malah jadi penghambat dan penghalang untuk terus selalu berbagi kasih dengan pasangan.

4. Lakukan kegiatan bersama

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/ Breakingpic

Zaman sudah canggih dan kamu masih berpikir bahwa LDR akan membuatmu nggak merasa dekat lagi dengan pasangan? OMG! Video call adalah solusinya. Kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan bersama, kok. Pergi jalan-jalan, masak, sampai baca buku pun tetap bisa kamu lakukan bersama dengan pasangan. Meski nggak bisa bersentuhan secara langsung, hal ini justru membuat momen bersama pasangan jauh lebih romantis dan nggak biasa, lho.

5. Beri kejutan

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahuirawpixel.com/

Be creative and thoughtful! Nggak ada salahnya, kok, sesekali memberikan kejutan kepada pasangan yang jauh di sana. Kadang, cara-cara seperti ini bisa membangkitkan percikan-percikan cinta saat sedang rindu-rindunya. Jangan jadikan harga sebagai tolok ukur, pastikan bahwa kejutan yang akan kamu beri adalah kejutan yang tulus dari lubuk hati dan mampu menyenangkan si dia yang kamu sayangi.

6. Selalu ingat tujuan

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahui

Dalam setiap hubungan, nggak terkecuali LDR, permasalahan akan selalu ada dan nggak bisa dihindari. Tapi, kamu bisa memilih untuk nggak menjadikan permasalahan yang kamu hadapi dengan pasangan menjadi masalah yang begitu besar. Ketika masalah datang menghampiri cobalah untuk selalu ingat dengan tujuan yang telah kamu rancang bersama dengan pasangan di masa depan. Jangan mudah menyerah dan mengucap kata pisah.

7. Jujur

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/ Tracey Shaw

Jangan pernah menyembunyikan apa pun dari pasangan hanya karena kamu tahu akan lebih mudah berbohong kepadanya ketika jarak yang jauh memisahkan. Biarkan pasanganmu tahu dan mengerti ketika kamu sedang merasa takut, cemburu, dan tidak percaya diri. Beri kesempatan untuknya agar bisa memberimu dukungan dan membuatmu lebih baik.

8. Ketahui jadwal pasangan

8 Tips Jalani Long Distance Relationship yang Wajib Kamu Ketahuifreepik.com/ yanalya

Posesif, siapa bilang? Dengan mengetahui jadwal pasanganmu secara jelas, kamu bisa lebih mengatur kapan waktu yang tepat untuk menghubunginya di kala senggang. Ketika kamu nggak tahu pasti apa yang sedang dilakukan pasanganmu disana, kamu justru jadi pengganggu karena menghubunginya di saat dia sedang sibuk beraktivitas dan malah memicu munculnya permasalahan.

 

Itulah, 8 tips jalani Long Distance Rlationship ini wajib kamu ketahui. Tetap sabar dan jangan mudah untuk mengucap kata pisah agar hubungan jarak jauh yang saat ini kamu jalani nggak kandas di tengah jalan, ya!