Sebenarnya tidak ada patokan usia untuk menikah, tergantung kesiapan dan kematangan setiap orang untuk berkomitmen dalam suatu ikatan yang hanya bisa diputuskan oleh maut. Ketika kamu datang ke acara pernikahan dan orang bilang “Kapan menyusul?”, coba cek dulu apakah memang kamu sudah siap menikah dengan checklist di bawah ini. Jangan terburu-terburu menikah jika kamu belum memenuhi sebagian besar checklist dibawah ini!

1. Kamu tahu betul prioritasmu dan pandai mengaturnya sehingga kamu siap berkorban untuk keluargamu, baik suami dan anakmu

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.outlandertvnews.com
 

Jika kamu tidak bisa mengatur prioritasmu, bagaimana kamu ingin mengatur suami dan anakmu? Kamu juga memiliki saudara, orang tua dan mertua nantinya. Keluargamu adalah rumahmu. Rumahmu adalah keluargamu. Kamu pasti akan siap dan rela melakukan segalanya untuk keluargamu itu. Apakah kamu sudah siap dengan semua itu?

2. Pintar mengatur waktu walaupun belum berjalan secara sempurna namun setidaknya sudah berjalan lebih baik setiap harinya

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.collider.com

Poin yang satu ini jangan sampai terewatkan. Kemampuanmu mengalokasikan 24 jam dalam hidup bisa menjadi pertanda apakah kamu siap untuk melangkah ke babak kehidupan selanjutnya. Mengatur 24 jam dan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk dirimu sendiri saja sulit, bagaimana jika kamu membagi 24 jam untuk dirimu, suami dan anakmu.

3. Selalu belajar untuk tidak egois dan mengerti kebahagiaan calon suamimu juga sama pentingnya kebahagiaanmu

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.huffingtonpost.com

Pada dasarnya setiap manusia di dunia ini egois tapi ketika kamu siap berkomitmen dengan seseorang yang kamu cintai, harusnya rasa egois itu akan terkikis. Bayangkan jika sepasang suami istri sama-sama egois dan selalu ingin keinginannya dituruti. Ingin jadi apa nanti rumah tanggamu?

4. Selain bisa memimpin dirimu sendiri, kamu juga bisa memimpin orang terdekatmu

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.huffingtonpost.com

Memimpin diri sendiri saja belum bisa, bagaimana kamu memimpin keluargamu? Kesannya memang sepele tapi jika dari awal kamu tidak membiasakan diri, tidak membangun fondasi yang kuat, pernikahanmu bisa terancam runtuh di tahun kesekian.

5. Kamu sudah bisa mengatur keuanganmu sendiri hingga stabil

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.ibtimes.com

Tabungan yang kamu miliki sudah terbagi untuk berbagai macam kebutuhan. Kamu sudah menabung untuk biaya pernikahanmu, untuk kebutuhan rumah tanggamu di masa mendatang untuk pendidikan anakmu, kesehatan dan juga keadaan darurat. Kesannya repot tapi percayalah, kehidupan pernikahan tidak hanya seindah cinta dan pengharapan karena ada tanggung jawab dan kewajiban yang harus dipenuhi.

6. Kamu bisa berpikir lebih dewasa dan terbuka terhadap banyak hal

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.indiewire.com

Jangan menikah karena kamu terus merasa bertambah tua tapi menikahlah ketika kamu merasa dirimu sudah dewasa. Ketika kamu sudah mampu berpikir dan bersikap dewasa, maka kamu akan mengerti arti pernikahan yang lebih dalam.

7. Emosimu juga sudah bisa dibilang stabil dengan mampu menoleransi perbedaan

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.outlanderpod.com

Karena kamu sudah berpikir dewasa, maka emosimu juga seharusnya sudah bisa stabil. Tidak seperti saat zaman SMA dulu yang mudah terpancing emosinya. Jika mendapati tantangan sedikit, kamu langsung down dan tidak bersemangat untuk menjalani hidup. Termasuk menerima kekurangan dan kelebihan pasanganmu dengan mengajaknya berubah bersama ke arah yang lebih baik. Ingat! berubah bersama, bukan hanya satu pihak saja yang berubah.

8. Kamu bisa menyesuaikan sikap dan perilakumu di berbagai keadaan

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.youtube.com

Hal ini memang tidaklah mudah tapi jika kamu bisa menempatkan dirimu di berbagai situasi dan kondisi, berarti kamu sudah selangkah lebih siap untuk menikah. Bayangkan ketika kamu menikah nanti, kamu juga akan berinteraksi dengan teman atau kolega suamimu. Jika kamu tidak bisa menempatkan diri dan berinteraksi dengan baik, kasihan suamimu juga kan, Bela?

9. Kamu tidak akan mengambil keputusan berdasarkan perasaan

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.outlander-online.com

Jika dulu emosimu masih sering lebih mengambil kendali dan keputusan berdasarkan perasaan tapi ketika kamu sudah siap menikah, kamu akan berpikir lebih panjang dan keputusan yang kamu ambil juga berdasarkan pemikiran yang logis.

10. Kamu tahu tujuan hidupmu, sadar bahwa ketika menikah nanti belum tentu impianmu dapat terwujud dengan baik

10 Tanda Bahwa Kamu dan Dia Sebenarnya Sudah Siap Menikahwww.professionalfangirls.com

Jika kamu tidak tahu tujuan hidupmu, hal ini sangatlah tidak baik karena ternyata selama ini kamu hanya berlari di tempat atau kamu hanya berlari mengikuti jejak orang-orang di sekitarmu. Jika kamu ingin menikah namu tidak tahu arah tujuan hidupmu, bagaimana nanti jika kamu melangkah bersama suami atau istrimu? Mungkin beberapa dari kamu belum sempat mencapai impianmu dan berpikir, “Apakah aku akan bisa mencapai impianku ketika aku sudah menikah?” Jawabannya ya atau tidak. Tidak semua orang bisa mencapai impiannya setelah ia menikah. Kamu harus siap merombak rencana dan impianmu. Bukan hanya untukmu tapi ada suami atau istrimu juga dalam impianmu itu.

Pertanyaan ini mungkin hanya sebagian kecil dari yang seharusnya kita introspeksikan tapi setidaknya sudah bisa membuka pandanganmu soal pernikahan. Jangan sampai kamu menikah karena seluruh temanmu mungkin naik ke pelaminan tapi menikahlah ketika kamu sudah siap, ketika kamu sadar kamu siap menghabiskan sisa hidupmu bersama keluarga barumu.