Bela, mungkin kamu sering mendengar banyak istilah yang menggambarkan tentang cinta. Salah satu yang cukup familier ialah ungkapan yang menyebut bahwa jatuh cinta itu berjuta rasanya. Yup, ketika jatuh cinta pada seseorang, kita biasanya akan merasakan kebahagiaan dan gejolak yang begitu hebat.

Sayangnya, nggak semua orang bisa menyadari perasaan ini. Banyak yang masih menyangkal bahwa dirinya sedang jatuh cinta atau bahkan nggak menyadarinya sama sekali. Lantas, sebenarnya seperti apa tanda-tanda orang jatuh cinta? Melansir dari laman Independent, inilah 9 tanda-tanda orang jatuh cinta berdasarkan ilmu sains.

1. Nggak bisa berhenti menatapnya

9 Tanda-Tanda Orang Jatuh Cinta Berdasarkan Ilmu SainsUnsplash.com/Jared Sluyter

Jika kamu nggak bisa berhenti menatapnya saat bicara atau bahkan saat sedang diam sekalipun, ini menandakan bahwa kamu baru saja jatuh cinta padanya. Kamu juga akan merasa bahagia dan terus tersenyum meski hanya dengan menatap wajahnya saja. Sebuah studi menunjukkan bahwa pasangan yang saling menatap satu sama lain dalam waktu yang cukup lama akan merasakan hubungan yang lebih romantis dibandingkan dengan mereka yang nggak saling bertatapan. 

2. Merasa seperti sedang melayang

Bela, pernahkah kamu mendengar bahwa orang yang jatuh cinta seringkali merasa sedang melayang? Memang benar, ketika seseorang jatuh cinta, dia akan merasakan bahagia bahkan sampai terkesan seperti ada di atas angin. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kinsey Institute menemukan bahwa otak seseorang yang sedang jatuh cinta tampak seperti otak orang yang telah mengonsumsi kokain. Ini juga yang menjadi penjelasan mengapa seseorang yang baru menjalin hubungan bisa melakukan hal-hal yang nggak masuk akal. 

3. Selalu memikirkannya

Jujur deh, ketika kamu sedang jatuh cinta pasti kamu nggak bisa melepaskan si dia dari pikiranmu, kan? Itu adalah hal yang wajar karena tandanya otakmu sudah mengeluarkan ‘obat cinta’, yaitu hormon phenylethylamine. Hormon ini menciptakan perasaan tergila-gila dengan seseorang sehingga rasanya jadi ‘ketagihan’ dan membuatnya selalu muncul dalam pikiranmu.  

4. Ingin membuatnya selalu bahagia

9 Tanda-Tanda Orang Jatuh Cinta Berdasarkan Ilmu SainsUnsplash.com/Priscilla du Preez

Hubungan cinta adalah sesuatu yang bernilai seimbang, maka dari itu dikenal dengan istilah ‘saling memberi dan menerima’. Namun, jika kamu merasakan kebahagiaan si dia jauh lebih penting daripada dirimu sendiri, itu tandanya kamu telah jatuh cinta. Menurut penelitian, salah satu ciri hubungan yang sehat ialah ketika kamu bersedia keluar dari kebiasaanmu demi membuat orang yang kamu cintai hidup lebih bahagia. 

5. Timbul perasaan stres belakangan ini

Bukan hanya perasaan bahagia dan berbunga-bunga saja yang bisa kamu rasakan saat sedang jatuh cinta, tapi juga timbul perasaan stres yang kerap menghantui. Rupanya, jatuh cinta dapat membuat kamu melepaskan banyak hormon kortisol yang menyebabkan kamu merasa panas. Maka dari itu, kemungkinan besar kamu akan merasakan stres dan mudah panik saat sedang jatuh cinta.

6. Berani mencoba hal baru

Tanda-tanda orang jatuh cinta selanjutnya ialah kamu berani mencoba hal baru, meskipun kamu nggak menyukainya. Setiap orang pasti memiliki hal yang disukai maupun yang nggak disukai. Namun, ketika jatuh cinta, secara nggak sadar kamu justru menikmati kegiatan yang tadinya nggak kamu sukai. Berdasarkan penelitian, orang yang sedang jatuh cinta cenderung memiliki minat dan kepribadian yang bervariasi setelah mereka menjalin suatu hubungan. 

7. Jantung terasa deg-degan

9 Tanda-Tanda Orang Jatuh Cinta Berdasarkan Ilmu SainsUnsplash.com/Joanna Nix

Bela, apakah jantungmu berdetak keras setiap kali memikirkan si dia? Jika iya, maka itulah tanda-tanda orang jatuh cinta. Selain itu, sebuah studi di University of California menunjukkan bahwa dua individu yang saling mencintai memiliki detak jantung yang seirama dengan pasangannya saat mereka jatuh cinta. Apakah kamu dan si dia juga merasakannya? 

8. Lebih mudah berkeringat

Selain sering merasa deg-degan, tanda-tanda orang jatuh cinta selanjutnya ialah kamu jadi lebih mudah berkeringat. Hal ini normal terjadi, terlebih lagi jika kamu sering merasa gugup atau panik di depan si dia. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jatuh cinta bisa menunjukkan gejala fisik yang mirip dengan kecemasan atau stres, seperti berkeringat. 

9. Menyukai kebiasaannya dirinya

9 Tanda-Tanda Orang Jatuh Cinta Berdasarkan Ilmu SainsUnsplash.com/Kelly Sikkema

Ketika kamu jatuh cinta pada seseorang, kamu pasti mulai mencari tahu tentangnya bahkan mungkin akan menemukan kebiasaannya yang membuat dirinya unik di matamu. Nah, jika kamu menyukai si dia karena kebiasaan uniknya tanpa peduli bagaimana penampilan fisiknya, maka itu tandanya kamu sudah jatuh cinta pada dirinya.  

Nah, itulah 9 tanda-tanda orang jatuh cinta. Jika kamu merasakannya, bisa dipastikan saat ini kamu sedang jatuh cinta, Bela. 

Baca Juga: 9 Cara Membuat Laki-Laki Jatuh Cinta