Suatu hubungan akan berjalan baik dengan adanya kejujuran dari kedua pasangan. Mungkin terdengar klise, tapi kejujuran memang menjadi pondasi utama dalam sebuah hubungan asmara. Nggak heran jika banyak hubungan yang rusak lantaran merasa dibohongi oleh pasangannya. 

Dibohongi memang nggak enak, apalagi jika yang melakukannya adalah orang yang sangat kita cintai. Namun, yang lebih membuat frustasi ialah ketika kita nggak tahu apakah si dia memang membohongi kita atau hanya prasangka buruk kita saja. Melansir dari Elite Daily, inilah 5 tanda pasangan memang sedang berbohong kepadamu.

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Sudah Bohongin Kamu

Jika kamu mencurigai pasangan telah berbohong kepadamu, hal pertama yang harus kamu perhatikan ialah apakah ceritanya terkesan ditambah-tambahi atau nggak. Jika pasanganmu adalah tipe yang suka bicara, tapi tiba-tiba malah nggak mau bercerita saat kamu bertanya, maka ini mengindikasikan bahwa dia telah berbohong kepadamu. Dan satu lagi, laki-laki yang suka mengulang-ulang ceritanya juga patut dicurigai. Pasalnya, laki-laki yang jujur nggak akan mengulang cerita yang telah disampaikan. 

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Sudah Bohongin Kamu

Apakah pasanganmu suka tiba-tiba menghilang tanpa kabar, Bela? Jika iya, maka kamu harus mulai waspada, nih. Laki-laki yang bisa membatalkan janji untuk pergi atau tiba-tiba nggak bisa dihubungi menjadi pertanda bahwa dia menyembunyikan sesuatu darimu. Tapi di sisi lain, bisa saja ini hanya miss komunikasi karena ia sangat sibuk sampai lupa memberi kabar kepadamu. Sebaiknya, bicarakan baik-baik dengannya sebelum mengambil kesimpulan, ya.

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Sudah Bohongin Kamu

Perubahan bahasa tubuh pasanganmu juga bisa menjadi tanda bahwa dia sedang berbohong kepadamu. Saat laki-laki berbohong, dia akan menghindari atau sedikit ragu-ragu untuk melakukan kontak mata secara langsung kepadamu. Jika ia menggosok-gosok mata, menggaruk hidung, menutup mulutnya, dan tubuhnya diarahkan untuk menjauh darimu, maka ini tanda bahwa dia gugup dan mungkin sedang menyembunyikan sesuatu darimu.

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Sudah Bohongin Kamu

Ketika seseorang berkata jujur, biasanya dia bisa memberikan jawaban yang jelas dan lugas. Sebaliknya, jika dia berbohong kepadamu, maka dia nggak bisa memberikan jawaban langsung ketika kamu mengajukan pertanyaan tentang di mana dia berada atau apa yang telah dia lakukan. Jika pasanganmu perlu waktu yang cukup lama untuk menjawab pertanyaan kamu, terlalu banyak bergerak, atau menjawab dengan sangat defensif, itu juga pertanda bahwa ia sedang berbohong.

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Sudah Bohongin Kamu

Meski ada beberapa tanda yang mungkin menunjukkan bahwa pasanganmu nggak jujur, tapi satu-satunya cara untuk memastikan dia berbohong atau nggak ialah adanya bukti. Contohnya, kamu memergokinya secara langsung atau menemukan bukti dari media sosialnya. Jika kamu sudah memiliki bukti yang kuat, kamu nggak perlu lagi berspekulasi dan kini saatnya kamu berbicara langsung kepadanya. 

Jika pasanganmu berperilaku aneh, jangan langsung menghakiminya dan menyebut bahwa dia telah berbohong. Cobalah bicara baik-baik tentang kekhawatiranmu kepadanya. Bisa jadi, dengan komunikasi yang baik, hubungan kalian pun bisa diperbaiki kembali.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh yang Pasangan Lakukan Ketika Si Dia Berbohong