Membicarakan soal keuangan memang hal yang sensitif, apalagi pada pacar sendiri. Ketika pergi kencan, adakalanya pihak laki-laki yang membayar, tetapi terkadang kita pun ingin ikut patungan membayarnya. Lalu, bagaimana jika pacarmu adalah tipe yang selalu membayar dan nggak pernah membiarkanmu ikut andil dalam hal tersebut? Seperti membayar tiket nonton, makan malam, hingga membelikanmu tiket konser yang cukup mahal.

Mungkin pada awalnya kamu merasa senang karena kamu jadi dimanjakan olehnya. Namun, jika selalu seperti itu, lama-kelamaan kamu mungkin akan merasa nggak nyaman karena tanpa sadar dia jadi ‘mengendalikanmu’. Maka dari itu, simak inilah 5 cara menyikapi pacar yang gemar membayari segalanya.

Tetap Mandiri, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Terlalu Royal padamu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah tanyakan pada dirimu sendiri, bagaimana perasaanmu ketika pasangan membayar semuanya? Mungkin kamu mulai merasa nggak nyaman karena alasan tertentu. Misalnya, jadi merasa berutang budi atau sikapnya ini membuatmu jadi semakin bergantung padanya. Di sini kamu nggak perlu memikirkan mana yang benar atau salah, kamu hanya perlu memikirkan perasaanmu yang sesungguhnya saja. 

Tetap Mandiri, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Terlalu Royal padamu

Cara terbaik untuk mengetahui mengapa ia selalu ingin membayar semua pengeluaran kalian ialah dengan bertanya langsung kepadanya. Apakah dia hanya ingin membuatmu terkesan padanya, bermaksud pamer, atau karena ingin memanjakanmu saja? Namun ingatlah, bicara soal uang adalah topik yang sensitif jadi cobalah buat percakapan yang tenang dan hati-hati agar dia nggak tersinggung ya, Bela.

Tetap Mandiri, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Terlalu Royal padamu

Komunikasi yang terbuka dan adalah hal yang penting saat menjalin suatu hubungan. Oleh karena itu, jika kamu merasa terganggu karena kebiasaannya yang selalu mentraktirmu, maka cobalah beri tahu dia. Pilih waktu yang tepat di mana kalian bisa sama-sama tenang saat membicarakan hal ini. Jangan langsung menghakimi bahwa apa yang dia lakukan itu salah, tetapi sebaiknya jelaskan dulu tentang hal ini dari sudut pandangmu. Dengan begini kalian bisa mencari solusi bersama dan nggak perlu menyalahkan salah satu pihak.

Tetap Mandiri, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Terlalu Royal padamu

Setelah kamu membicarakan hal ini berdua, maka langkah selanjutnya ialah cobalah ubah sikapmu. Ketika kalian pergi berkencan, cobalah tawarkan kamu yang akan membayarnya. Mungkin saja selama ini kamu belum pernah menawarkan diri untuk ikut membayar sehingga jadinya dia yang membayar semuanya.

Selain itu, kamu juga bisa membagi pengeluaran kalian berdua. Misalnya, ketika dia membelikanmu tiket nonton di bioskop, maka katakanlah sekarang giliranmu yang membayar popcorn dan minuman. Beri tahu dia jika bahwa sesekali kamu juga ingin membayar sendiri. 

Tetap Mandiri, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Terlalu Royal padamu

Jika dia tetap bersikukuh ingin membayar segalanya untukmu dan kamu memaklumi alasannya, maka langkah yang bisa kamu lakukan ialah dengan berterima kasih kepadanya. Selain dari ucapan, kamu juga bisa mengungkapkan rasa terima kasihmu dengan memberi hadiah sebagai balasan atas kebaikannya. Misalnya, kamu bisa membuatkan kue spesial atau hadiah buatan tangan khusus untuknya. Kamu juga bisa memberikan perhatian lebih kepadanya, seperti meluangkan waktu untuk menonton pertandingan olahraga bersamanya.

Kalau kamu sendiri, tipe yang senang dibayari segalanya sama pacar atau justru nggak suka ‘dimanjakan’ seperti itu, Bela?

Baca Juga: 9 Sikap Perempuan Mandiri yang Diam-Diam Dikagumi Laki-Laki