Setiap orang tentunya memiliki kriteria masing-masing dalam memilih pasangan. Namun, terkadang kita justru mendapatkan seseorang yang jauh dari apa yang diharapkan. Misalnya, si dia tipe yang terlalu narsis, egois, atau kasar. Lalu muncul sebuah pertanyaan, “Apa yang salah sehingga kita justru didekati oleh laki-laki yang nggak sesuai dengan kriteria yang kita inginkan?”. Apakah kamu juga mengalaminya, Bela?  

Jika sesekali kamu merasa didekati oleh laki-laki yang bukan tipemu, maka itu masih dapat dimaklumi. Namun jika hal ini terjadi berulang kali, tampaknya kamu harus mulai mempertanyakan mengapa kamu selalu menarik laki-laki tersebut. Faktor utama yang membuatmu didekati laki-laki seperti itu adalah karena kamu sebenarnya telah mengabaikan dirimu sendiri dan nggak membuat dirimu berharga. Melansir dari Mind Body Green, inilah 5 tanda kamu telah menelantarkan dirimu sendiri hingga akhirnya selalu didekati oleh orang yang salah. 

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Membiarkan Orang yang Salah Mendekatimu

Bela, tentunya kamu pernah merasakan bahagia, marah, sedih, atau kecewa. Itulah perasaan manusiawi yang pasti dirasakan setiap orang. Meski kamu adalah sosok yang kuat, bukan berarti kamu harus mengabaikan perasaan yang kamu rasakan. Coba tanyakan pada hatimu, apakah yang bisa membuatmu bahagia dan jangan gengsi untuk mengakui apa yang sedang kamu rasakan. Menahan perasaan membuatmu justru semakin stres dan itu artinya kamu nggak mencintai dirimu sendiri. 

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Membiarkan Orang yang Salah Mendekatimu

Kamu mungkin merasa bahwa kegagalan dalam menemukan laki-laki yang tepat adalah karena kesalahanmu. Akhirnya kamu merasa putus asa dan berpikir kalau kamu nggak pantas dicintai. Well, bukan seperti itu. Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan pernah melakukan kesalahan. Begitu pun denganmu, Bela. Berhentilah menghakimi diri sendiri karena hal ini justru akan membuatmu selalu bersalah, kesepian, dan mengalami kekhawatiran yang berlebihan jika bertemu dengan laki-laki lain.

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Membiarkan Orang yang Salah Mendekatimu

Sering bertemu dengan orang yang salah membuatmu beranggapan bahwa semua laki-laki itu sama saja. Lambat laun pemikiranmu yang seperti ini justru akan membuat hatimu jadi mati rasa. Kamu jadi sulit membedakan mana laki-laki yang benar-benar kamu cari dan mana yang hanya sekadar suka saja. Alhasil, kamu nggak tahu apakah laki-laki ini memang sosok yang tepat untuk menjadi sosok pendamping atau bukan.

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Membiarkan Orang yang Salah Mendekatimu

Tanda lainnya bahwa kamu nggak mencintai dirimu sendiri ialah ketika kamu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Sah-sah saja jika kamu merasa bahagia ketika melihat orang lain bahagia, tapi bukan berarti kamu harus selalu seperti itu. Kebahagiaan itu kamu sendiri yang membuatnya, Bela. Hidup ini kamu yang menjalani, jadi nggak perlu melakukan sesuatu seperti yang diinginkan orang lain, tapi lakukanlah apa yang membuatmu bahagia. Kamu bisa bahagia dengan caramu sendiri, tanpa harus menggantungkan diri pada pendapat orang lain.

Tanpa Sadar, Ini 5 Tanda Kamu Membiarkan Orang yang Salah Mendekatimu

Sebenarnya, alasan di balik kamu merasa selalu didekati orang yang salah itu karena kamu nggak percaya pada dirimu sendiri. Kamu mengabaikan perasaanmu dan lebih mengutamakan pendapat orang lain. Jika kamu nggak ingin seperti ini terus, cobalah cintai dirimu sendiri dan dengarkan isi hatimu bicara. Dengan begini, kamu bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk menemukan laki-laki yang sesuai dengan sosok yang kamu cari selama ini.

Poin penting yang harus diketahui adalah jika ingin menemukan laki-laki yang terbaik, maka perlakukanlah dirimu dengan sebaik mungkin. Jadikan dirimu sebagai sosok yang berharga sehingga orang lain pun akan melihatmu sebagai perempuan yang pantas mendapatkan laki-laki terbaik. 

Baca Juga: 5 Tips Ini Ajari Kamu untuk Lebih Cintai Diri Sendiri dan Jadi Pribadi Lebih Baik