Saat kamu sedang dihadapkan dalam suatu masalah di sebuah hubungan, kamu akan dibuat bingung dengan pilihan antara harus berkorban agar semua baik-baik saja atau melakukan diskusi dan berkompromi untuk menemukan jalan keluar terbaik. 

Dalam kasus sebuah hubungan, berkorban dan berkompromi adalah dua hal yang berbeda, namun sering kali keduanya dianggap sama. Agar kamu tidak salah dalam membedakannya, simak artikel di bawah ini, yuk!

1. Berkorban adalah pilihan pribadi, sedangkan kompromi adalah keputusan bersama.

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan AsmaraFreepik.com/Sevendeman

Berkorban merupakan pilihan sendiri dan kamu sudah siap menerima apa pun konsekuensi atas pilihan itu. Berbanding terbalik dengan berkorban, kompromi merupakan kesepakatan antara kamu dan pasangan dalam suatu hubungan. Kompromi akan membawa kamu menemukan kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak tanpa mengorbankan salah satunya.

2. Berkorban hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan kompromi menguntungkan kedua belah pihak.

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan AsmaraFreepik.com/littlestar19

Kamu akan berkorban agar pasanganmu bahagia dengan merelakan satu atau banyak hal dalam hidupmu. Sedangkan jika berkompromi, kamu dan pasanganmu akan menemukan cara yang tepat agar keduanya merasa bahagia.

3. Berkorban dapat membuat salah satu pihak menjadi tidak nyaman, sedangkan kompromi dapat membuat keduanya sama-sama merasa nyaman.

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan AsmaraFreepik.com/Maophotostocker

Mengorbankan apa yang kamu suka demi pasanganmu memang membuatmu menjadi tidak nyaman. Namun, jika kamu bisa berkompromi dengan pasanganmu tentang apa yang kamu dan dia suka, maka kamu akan mendapatkan titik terang serta kenyamanan dalam melakukan suatu hal antara satu sama lain.

4. Berkorban menunjukan terlalu mementingkan diri sendiri, sedangkan berkompromi menunjukan kedewasaan.

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan AsmaraRawpixel.com

Berkorban merupakan salah satu sifat mementingkan diri sendiri. Kamu akan berkorban demi orang yang kamu sayang, karena bagimu dia sangatlah berharga. Sedangkan jika kamu berkompromi dengan pasangan maka itu dapat meniunjukan kedewasaan diri masing-masing. Kamu akan mencari tahu jalan keluar mana yang lebih baik setelah berkompromi.

5. Berkorban merupakan tanda cinta, sedangkan kompromi merupakan tanda saling menghargai.

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan Asmara

Berkorban merupakan sebuah tanda cinta dikarenakan kamu akan rela mengorbankan beberapa hal demi seseorang yang dicintai, sedangkan kompromi merupakan tanda kalau kamu mencintai sekaligus menghargai pasanganmu dan hubunganmu. Kamu akan dengan senantiasa menghargai apa pendapatmu dan pendapatnya untuk mencari titik tengah.

6. Berkorban merupakan usaha individu, sedangkan kompromi merupakan usaha bersama.

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan AsmaraFreepik.com/User6873431

Berkorban merupakan usaha individu untuk menunjukan rasa cintanya ke pasangan. Berbeda dengan itu, Kompromi adalah keputusan bersama agar tercipta hubungan yang lebih harmonis.

7. Berkorban dapat membuat hubungan tidak sehat, sedangkan kompromi dapat menciptakan hubungan yang sehat

7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan AsmaraFreepik.com/Tirachardz

Menjadi salah satu yang berkorban dapat membuat kamu ataupun pasangan tidak belajar dari kesalahan sebelumnya. Mendiskusikan dan juga berkompromi dengan pasangan akan membantu kamu dan dia belajar dari kesalahan sebelumnya dan berusaha menciptakan hubungan yang sehat untuk satu sama lain.

Itu dia perbedaan mendasar antara pengorbanan dan kompromi. Jangan sampai ambil keputusan, ya, Bela. Jika kamu terus-menerus berkorban dalam hubungan, kamu akan lelah sendiri.

Baca Juga: Ternyata, Ini yang Bikin Para Pria Sulit Berkomunikasi dalam Hubungan

Baca Juga: 7 Tes Ini Bisa Deteksi Kamu Sedang Dalam Hubungan yang Buruk

Baca Juga: 13 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Berkomitmen