Memiliki pacar yang posesif bisa menjadi salah satu penyebab tidak sehatnya sebuah hubungan. Berada di hubungan yang penuh dengan tekanan dan tuntutan berlebih, hingga tidak menghargai privasi tentu bisa menyebabkan ketidakbahagiaan bahkan gangguan pada kesehatan mental. 

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memperhatikan 7 tanda pasangan posesif berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk melangkah lebih jauh dengan pasangan.

1. Kamu dituntut untuk menuruti semua keinginannya

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang PosesifPexels.com/Laleshaldarwish

Biasanya, pasangan yang posesif akan mengancam apabila kamu tidak menuruti keinginannya. Cara menyampaikan keinginannya bisa beragam, mulai dari baik namun mengancam, hingga menggunakan kekerasan verbal.

2. Pasangan akan mengontrol ke mana, kapan, dan dengan siapa kamu bepergian

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang PosesifPexels.com/Tan Danh

Bukan hanya meminta untuk diberi kabar, pasangan posesif akan membuatmu merasa tidak nyaman bepergian karena selalu mengontrol tujuan, waktu, hingga dengan siapa kamu pergi. Biasanya, pasangan yang posesif akan bertindak manipulatif sehingga kamu justru merasa bersalah dengan tindakanmu.

3. Pasangan menguntit semua kegiatanmu

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang PosesifUnsplash.com/Sane Sodbayar

Pasangan yang posesif akan meminta akses media sosial dan selalu mencari tahu semua kegiatanmu secara langsung, misalnya melihat pesan di ponsel hingga riwayat panggilan.

4. Tidak menghargai batas privasimu

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang PosesifPexels.com/Moosephotos

Berbagai hal yang sifatnya privasi tidak akan dihargai oleh pasangan posesif. Baginya, semua yang berkaitan dengan kamu juga menjadi haknya untuk mengetahui. Misalnya saja dia ingin mengetahui pin kartu debit, jumlah saldo rekening, hingga tidak memberikan ‘me time’ untukmu.

5. Sering kali cemburu tanpa alasan

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang PosesifPexels.com/Olegmagni

Kecemburuan berlebih kerap ditunjukkan oleh pasangan yang posesif. Dia tidak bisa menerima apabila kamu berinteraksi dengan lawan jenis, baik secara langsung ataupun tidak.

6. Dia akan mengontrol pakaian yang kamu kenakan

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang Posesifhttps://www.pexels.com/@olly

Setiap orang memiliki gaya sendiri dalam berpakaian namun pasangan posesif akan mengatur gaya berpakaianmu. Semua yang ingin kamu kenakan harus berdasarkan persetujuannya.

7. Bersikap manipulatif hingga mengganggu kondisi emosi dan psikologis kamu

7 Tanda Kamu Memiliki Pasangan yang PosesifPexels.com/Enginakyurt

Pasangan posesif akan membuat rasa percaya diri kamu menurun. Mereka akan melakukan kekerasan emosional hingga membuatmu merasa tidak mengerti apa yang terbaik untuk diri sendiri.

Itu dia, Bela, beberapa tanda seorang pasangan yang posesif. Yakin kamu mau lanjut dalam hubungan yang penuh tekanan seperti ini?

Baca Juga: 7 Hal Ini Pasti Pernah Kamu Lakukan Saat Punya Pacar Posesif

Baca Juga: Ketahui Urutan 12 Zodiak dari Paling Santai hingga Paling Posesif

Baca Juga: 5 Artis yang Dikabarkan Pacaran Settingan Demi Popularitas