Banyak pasangan yang mengalami putus cinta saat hubungannya sudah dirasa cocok. Perpisahan ini terjadi karena banyak hal, mulai dari perselingkuhan, urusan keluarga, hingga ego yang sama-sama keras. Hal yang harus kamu perhatikan adalah beberapa faktor yang dapat membuat hubunganmu renggang.

Nggak sadar, hal ini yang mulai menjadi kebiasaan justru akan membuat hubunganmu kandas. Inilah hal-hal yang menyebabkan hubunganmu renggang hingga berujung perpisahan.

1. Nggak menghidupkan momen kebersamaan

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ freepik

Menghabiskan waktu berkualitas sangat penting untuk sebuah hubungan, mulai dari berbagi pengalaman hingga bercerita tentang rencana yang akan dilakukan. Akan tetapi, belakangan ini banyak pasangan yang kurang menghidupkan momen kebersamaan, salah satu contohnya adalah bermain ponsel sendiri-sendiri. Walaupun kalian sedang bersama, kamu dan pasangan nggak membuat momen berkualitas satu sama lain. Cobalah untuk menyimpan ponsel di tas, jika kalian sedang berkencan.

2. Membiasakan diri dengan kebiasaan buruk pasanganmu

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ drobotdean

Sering kali kamu membiarkan kebiasaan buruk pasanganmu berlangsung tanpa kamu sadari. Yap, ini akan menjadi ancaman dalam hubunganmu saat kamu mulai terbiasa dengan semua hal buruk pasanganmu dan kamu menerimanya begitu saja.

Salah satu contohnya ketika pasanganmu nggak bisa menghargaimu tanpa meminta tolong, mengucapkan terima kasih, dan kata maaf. Jangan jadikan hal ini sebagai kebiasaan ya, Bela. Lama-lama hal itu bisa mengikis cintamu, lho.

3. Nggak terbuka dengan apa yang kamu rasakan

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ beststudio

Mempunyai hal-hal yang mengesalkan, mengecewakan, dan membuatmu marah dalam suatu hubungan memang wajar. Terlebih jika kamu sudah melangkah ke hubungan yang lebih serius. Jangan selalu berpikir sungkan dan nggak enak hati saat kamu merasakan ada hal yang mengganggu pikiran dan hatimu.

Bagaimanapun juga pasanganmu itu yang akan menjadi pendamping hidupmu. Apa pun yang dirasa dan ingin dibicarakan, sampaikan dengan tepat walaupun hal tersebut tergolong sensitif, seperti keluarga ataupun urusan finansial.

4. Nggak menghargai batasan dalam hubungan

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ Dragana_Gordic

Walaupun pasanganmu itu sudah kamu anggap orang terdekat, penting halnya untuk menyampaikan batasan satu sama lain. Jika hal ini nggak dibicarakan di depan, privasimu atau privasi pasangan akan terganggu.

Contoh kecilnya ketika kamu dan pasangan mengecek ponsel satu sama lain ataupun mencoba terhubung ke media sosial masing-masing. Meski sepele, hal ini merupakan salah satu yang harus ada batasannya.

5. Nggak merawat dirimu sendiri

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ cookie_studio

Fisik memang bukan salah satu yang penting dalam hubungan, tetapi merawat diri sendiri sangatlah penting. Kamu harus sadar dengan siapa pasanganmu jatuh cinta. Di umur yang semakin bertambah, k,amu akan mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun mental. 

Tapi jangan lupa untuk merawat diri, karena itu merupakan bentuk self-love. Kamu bisa memulai dengan menjaga gaya hidup sehat, makan makanan bernutrisi tinggi, berolahraga, dan meningkatkan skill lainnya. Merawat diri juga salah satu tanda kamu mencintai dirimu sendiri untuk dapat memberikan yang terbaik pula untuk pasanganmu.

6. Kurang percaya diri

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ cookie_studio

Kurang percaya diri juga hal yang harus kamu waspadai dalam suatu hubungan. Merasa rendah diri dan merasa nggak cukup baik untuk pasanganmu juga perasaan yang harus kamu hindari. Dengan pola pikir seperti ini kamu akan nggak percaya bahwa pasanganmu mencintai kamu dengan kurang dan lebihnya.

Nah, untuk cara lebih tepat adalah dengan menyadari bahwa kamu cantik dan berharga. Dengan value yang kamu punya kamu layak untuk bersanding dengannya.

7. Menghindari konflik

Sering Nggak Sadar, 7 Hal Ini Sebabkan Hubunganmu Renggangfreepik.com/ beststudio

Kamu mungkin beranggapan bahwa hubungan yang baik adalah hubungan yang jauh dari konflik. Namun itu nggak selamanya benar. Jika kamu terbiasa menghindari konflik untuk mencegah hubunganmu berakhir, itu adalah hal yang salah, Bela. Pada akhirnya, masalah hanya akan menumpuk tanpa ada penyelesaian. 

Saat kamu menghindarinya, kamu akan menyembunyikan perasaanmu sebenarnya, nggak terbuka tentang apa yang kamu butuhkan dan selalu mencoba denial. Sesekali konflik akan membuatmu tahu tentang apa yang harus diperlukan dalam hubunganmu dan mengatasi masalah yang belum banyak.

Itu dia beberapa hal yang kadang nggak kamu sadari yang sebenarnya bisa menyebabkan hubungan renggang. Cek apakah hubunganmu memiliki tanda-tanda tersebut, ya!

Baca Juga: Nggak Canggung Lagi, Ini 7 Tips Ngobrol di Aplikasi Kencan

Baca Juga: Dicap Perusak Hubungan, 5 Artis Korea Terseret Skandal Perselingkuhan

Baca Juga: 7 Cara Membuat Laki-Laki Sadar Akan Kesalahannya