Hubungan sehat bisa terjadi jika pasangan saling mendukung untuk tumbuh dan menjadi versi terbaik kita. Baik di pekerjaan, keluarga, dan lingkungan sekitar. Mendukung pasangan untuk selalu melakukan hal yang positif juga akan memberinya semangat untuknya.

Akan tetapi, nggak semua pasangan berpikiran serupa. Ada saja pasangan yang nggak mendukung untuk pasangannya berkembang, bahkan nggak ingin pasangannya mendapatkan apa yang diinginkan. Wah, jadi semacam toxic relationship nih Bela.

Jangan sampai kejadian, inilah tanda pasanganmu nggak mendukungmu berkembang.

1. Dia suka berada di zona nyaman

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ user1891159

Berada di zona nyaman memang membuat seseorang merasa nyaman, aman dan nggak mendapatkan tanpa tekanan apa pun. Akan tetapi jika ini dilakukan oleh seorang laki-laki, kamu harus sedikit waspada. Ini berarti pasanganmu nggak mempunyai jiwa kompetitif dan merasa tertantang dalam suatu kondisi.

2. Hubunganmu saat ini sama dengan tahun lalu

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ freepik

Jika kamu sudah memikirkan planning untuk masa depan dan kehidupanmu kelak, itu merupakan hal yang visioner. Tapi, apakah hal ini juga berlaku pada pasanganmu?

Apabila hubunganmu dengan pasangan tetap sama dengan tahun lalu dan nggak ada perkembangan untuk melihat masa depan bersama yang lebih baik ataupun dia nggak pernah mengajak diskusi tentang rencana ke depan, ini merupakan tanda pasanganmu nggak supportif.

3. Dia melarangmu untuk pergi dari kota kalian bersama

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ diana.grytsku

Di dunia kerja, peluang untuk dapat di suatu posisi yang menarik mungkin bisa didapat apabila kamu pindah ke kota lain atau bahkan negara lain. Hal ini terjadi karena di kota tersebut lebih bisa mendukungmu mendapatkan karier yang cemerlang. Tanda pasanganmu nggak suportif bisa dilihat saat dia melarang kamu pergi dengan alasan yang berbelit dan takut kehilanganmu.

4. Merasa cemburu dengan rekan kerjamu

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ drobotdean

Akan banyak orang yang kamu temukan di dunia kerja, baik laki-laki dan perempuan yang nggak bisa kamu pilih. Melakukan suatu relasi bisnis memang nggak mengenal gender, meeting di restoran ataupun tempat lainnya bisa menjadi hal yang wajar.

Jika pasanganmu merasa cemburu dengan rekan kerjamu hal ini menandakan dia nggak cukup percaya diri dengan apa yang dia punya.

5. Selalu berkomentar tentang apa yang kamu lakukan

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ pressfoto

Setiap pasangan memang mempunyai hak untuk memberi pendapat untuk pasangannya. Akan tetapi jika dia sering berkomentar tentang hal yang nggak perlu dibahas, ini akan membuatmu nggak fokus. Seperti misalnya mengomentari warna rambut, outfit kerja ataupun cara berpikirmu yang semakin kritis.

6. Selalu membandingkan sesuatu dengan orang lain

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ user18526052

Kamu pasti punya cara sendiri dalam menghadapi suatu permasalahan, baik bersama pasangan, keluarga dan pekerjaan. Menyelesaikan masalah dengan sigap adalah kuncinya, apalagi jika mendapatkan dukungan dari pasangan. Sayangnya, pasangan yang nggak suportif justru menyudutkan dan membandingkan sesuatu dengan orang lain yang jelas-jelas berbeda konteks.

7. Suka mengeluh

7 Tanda Pasangan Nggak Mendukungmu Berkembangfreepik.com/ chinnarach

Mengeluh mungkin wajar saja, selama hal ini dilakukan secukupnya dan nggak menyita waktu banyak. Akan tetapi mengeluh yang dilakukan secara terus menerus akan membuatmu menjadi seorang yang lemah dan nggak tanggap akan suatu permasalahan. Jika ini terjadi di pasanganmu, bisa dipastikan dia bukan seseorang yang tepat untuk mendukung kamu untuk maju.

Baca Juga: 6 Cara Berhenti Menjadi Pacar yang Posesif

Baca Juga: 10 Tanda Pacarmu Seorang Narsistik yang Hanya Pentingkan Diri Sendiri

Baca Juga: Selalu Ada dan Perhatian, Ini 7 Tanda Sahabat Punya 'Rasa' Padamu