Menjalani sebuah hubungan jarak jauh atau long distance relatioship (LDR) memang nggak mudah dilakukan. Terlebih saat kamu dan pasangan terpisah kota, pulau bahkan negara. Di sini memang komunikasi menjadi kunci dari keberhasilan hubungan LDR ini.

Bisa jadi hubunganmu berhasil sampai ke jenjang pernikahan atau harus kandas karena kesalahan komunikasi yang terjadi.

Nah, untuk menghindari hal yang nggak diinginkan, inilah beberapa dos and don’ts saat kamu menjalani LDR dengan pasangan.

1. Do: Pastikan mindset-mu untuk hubungan jangka panjang

Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDRfreepik.com/ prostooleh

Saat kamu ada di dalam sebuah hubungan LDR, yang harus kamu pikirkan adalah keberlangsungan hubunganmu ke depan. Coba lihat lagi, apakah hubungan kamu hanya untuk mengusir kesepian ataukah memang untuk jangka panjang?

Untuk apa kamu melakukan LDR jika kamu nggak menginginkan hubunganmu untuk ke tahap pernikahan? Hubungan LDR bukanlah hal yang mudah, jadi kamu harus memikirkan hal akan terjadi ke depannya.

2. Don’ts: Terlalu banyak berkomunikasi

Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDRfreepik.com/ diana.grytsku

Memang saat menjalani LDR kamu diharuskan untuk melakukan komunikasi yang tepat, tetapi nggak berarti kamu haru terlalu banyak melakukannya, ya. Terlalu banyak melakukan chat, video call, ataupun voice call, bahkan setiap menit dan jam, hanya akan membuat hubunganmu terlalu obsesif. Yang menjadi tantangan adalah menemukan keseimbangan dan kualitas percakapan.

3. Do: Rencanakan kencan setelah LDR

Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDRfreepik.com/ freepik

Pertemuan setelah LDR akan memberi kesan yang berbeda dibanding saat kamu melakukan pertemuan dengan pasanganmu yang satu kota. Saat kamu bertemu dengan pasangan LDR-mu, kamu merasa ini pertemuan yang berharga dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Oleh karena itu, merencakanan kencan yang berkualitas penting untuk kamu lakukan. Nggak harus mahal, tapi pastikan kegiatan bersama yang kamu lakukan dengan pasangan bisa membuat kalian saling terkoneksi.

4. Don’ts: Mengandalkan media sosial

Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDRfreepik.com/ user6613750

Saat hubunganmu sama-sama jauh, media sosial mungkin jadi salah satu media untukmu terhubung. Akan tetapi nggak semua hal di media sosial bisa kamu percaya. Saat banyak teman yang sedang bersama pasanganmu di media sosial, sebaiknya kamu nggak cemburu, begitu pula sebaiknya.

Biarkan media sosial menjadi hak masing-masing pihak untuk mengekspresikan kehidupannya. Yang terpenting untuk kalian berdua adalah saling percaya dan terbuka satu sama lain.

5. Dos: Buatlah rencana berlibur bersama

Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDRfreepik.com/ freepik

Saat kamu dan pasangan melakukan LDR, penting halnya untuk merencanakan liburan bersama. Dia bisa mengunjungimu, kamu bisa mengunjunginya, ataupun kamu bertemu di kota tujuan wisata kalian.

Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman seru tersendiri. Kamu dan dia bisa menikmati quality time bersama, mengunjungi destinasi yang menyenangkan, dan tentunya melakukan deep talk setelah lama nggak bertemu.

6. Don’ts: Jangan selalu mengatakan sedikit-dikit putus

Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDRfreepik.com/ nakaridore

Saat ada perselisihan atau pertengkaran, hal yang harus diselesaikan oleh pasangan LDR adalah memberbaikinya dengan kepala dingin. Yap, harus kepala dingin dan nggak emosi, ya, Bela. Hal ini karena kamu dan dia memang terpaut beberapa jarak jauhnya, nggak mungkin saat itu langsung bertemu.

Saat pertengkaran terjadi, jangan sedikit-dikit mengatakan atau menyimpulkan kata putus dengannya. LDR bukan dia yang selalu mengejar, tetapi kalian berdualah yang sama-sama berjuang.

Itulah dos and don'ts yang harus kamu ketahui saat menjalani LDR dengan pasangan. Selain komunikasi, kepercayaan juga penting banget, Bela.

Baca Juga: 7 Alasan Perempuan Lebih Suka Bad Boy

Baca Juga: 4 Kado Unik untuk Pasangan Saat LDR, Terkesan Spesial!

Baca Juga: 10 Puisi Cinta LDR untuk Mengobati Rindu Pada Pasangan