Apakah kamu adalah pasangan long distance relationship atau LDR. Yaps, inilah hubungan yang berbeda dengan hubungan pada umumnya. Karena terdapat jarak di antara kalian. Nggak berada di satu kota yang sama bukanlah hal yang mudah, kamu nggak bisa setiap saat bisa berjumpa dengannya baik itu sekedar nonton hingga dinner bersama.

Banyak pasangan yang masih bertahan dengan hubungan jarak jauh ini, tetapi banyak juga yang bertahan dengan berkompromi berdua. Sebenarnya nggak sulit, hanya saja kamu perlu membuat taktik dalam menjalani hubungan itu. Daripada ragu, inilah arti LDR dan tips menjalaninya.

Seperti namanya, LDR merupakan hubungan antara dua orang yang terpisah jarak. Nggak ada ketentuan sejauh apa jarak yang memisahkan mereka berdua sehingga layak disebut LDR. Namun biasanya jarak ini menghalangi mereka untuk bertemu secara langsung setiap hari. Perlu ada usaha dari dua belah pihak untuk bisa bertemu. Lalu bagaimana sepasang kekasih bisa bertahan dalam LDR? Ini tipsnya.

1. Belajar hidup mandiri

Arti LDR dan Tips Menjalaninyaunsplash.com/ Melan Cholia

Nggak mudah untuk menjalani sesuatu sendiri saat pasanganmu nggak berada di dekatmu. Bahkan jika pasangan yang lain bisa melakukan hal bersama kamu harus melakukannya sendirian. Nggak ada yang dipermasalahkan dalam hal ini, karena kamu bisa terlatih untuk menjadi perempuan yang mandiri dan nggak manja kepada pasangan.

2. Terbuka satu sama lain

Arti LDR dan Tips Menjalaninyarawpixel.com/

Saat kamu dan pasangan berada di jarak yang cukup jauh, terbuka akan segala hal yang berkaitan dengan hubunganmu juga diperlukan. Kamu dapat menceritakan tentang hal keseharianmu, baik itu rekan kerja, kondisimu saat ini dan keinginanmu dalam hubunganmu ini. Berani untuk mengutarakan sesuatu sangatlah sah-sah saja selama penyampaianmu juga dengan baik.

3. Rutin menjalin komunikasi

Arti LDR dan Tips Menjalaninyapexels.com/ Breakingpic

Jika kamu sudah penat akan rutinitas sehari-hari, akan lebih berkesan jika kamu berkeluh-kesah dengannya. Pilih waktu untuk berkomunikasi dengannya, di mana waktu tersebut nggak mengganggu aktivitasmu dan dia. Kamu bisa melakukan video call setiap akhir pekan.

4. Percaya kepada pasangan

Arti LDR dan Tips Menjalaninyapexels.com/ Bruce Mars

Kunci dalam sebuah hubungan adalah kepercayaan. Saat kamu sudah memiliki rasa percaya satu sama lain, hubungan yang kalian jalani akan lebih kokoh. Biarkan dia beraktivitas di sana dengan mendapatkan kepercayaanmu, dengan rasa itu dia nggak akan melakukan hal yang nggak kamu inginkan begitu juga sebaliknya.

5. Ada ruang untuk dirinya

Arti LDR dan Tips Menjalaninyapexels.com/ Bruce Mars

Meskipun kamu harus terbuka dan menjalin komunikasi yang baik, yang harus kamu ingat adalah dia mempunyai privasi untuk dirinya sendiri. Jangan sampai kamu ingin selalu ditemani lewat smartphone akan mengganggu waktu untuk dirinya sendiri. Semua bisa dikondisikan selama kamu dan dia saling mengerti sama lain dan fleksibel.

6. Berpikir positif

Arti LDR dan Tips Menjalaninyaunsplash.com/ Alexandro Espinar

Berpikir positif dapat membuat mindset-mu selalu baik kepadanya. Dengan berpikiran selalu baik dengannya, kamu nggak akan dihantui rasa curiga dan insecure akan apa yang dilakukannya di luar sana. Ini juga akan membantumu untuk mencapai mental health yang baik.

7. Mempergunakan waktu bertemu yang berkualitas

Arti LDR dan Tips Menjalaninyapexels.com/ Oleksandr Pidvalnyi

Saat berbulan-bulan nggak ketemu, kamu bisa merencanakan waktu bersama dengannya. Kamu dan dia bisa bertemu untuk berlibur bersama atau sekadar menghabiskan waktu bersama. Pilih tanggal merah ataupun libur panjang untuk melakukan pertemuan. Kamu bisa melakukan riset tempat mana dan hal apa saja yang ingin kamu lakukan bersama agar pertemuan itu lebih berkualitas.

Nggak semua pasangan merasa kesulitan menjalani LDR. Itu semua kembali pada pola pikir dan usaha masing-masing pasangan. Jika kamu belum pernah menjalani LDR atau ragu untuk memiliki hubungan yang seperti ini, semoga arti LDR dan cara menjalaninya tadi cukup membuka hati kamu untuk berani mencobanya ya, Bela.

Baca Juga: 24 Caption Instagram Romantis Buat Pacar LDR hingga Anniversary