Mempunyai hubungan jarak jauh dengan pasangan tentu saja menjadi rintangan tersendiri untuk dilalui. Terkadang menjalani hubungan LDR pun tidak semudah yang dibayangkan sebab rentan timbul kesalahpahaman.

Namun, jika kamu dan pasangan saling mencintai, pasti akan berusaha melewati rintangan bersama walaupun dipisahkan oleh jarak dan waktu. Awalnya mungkin kamu kesulitan dengan beberapa hal seperti komunikasi yang hanya bisa dilakukan secara online hingga dilanda rasa bosan dan jenuh. 

Tetapi untuk mengatasi hal tersebut, kamu cukup melakukan tindakan sederhana yang akan membuat hubungan long distance relationship kamu berjalan lebih mudah hingga kamu dan pasangan tetap langgeng dan awet. Simak tips hubungan LDR langgeng di bawah ini, ya!

1. Usahakan selalu bertukar cerita setiap hari

5 Hal Sederhana yang Membuat Hubungan LDR Jadi Langgeng, Yuk Lakukan!Pexels.com/Gustavo Fring

Sebagai pasangan yang terhalang jarak, pastinya kamu dan kekasih membutuhkan komunikasi yang sehat agar hubungan kalian terhindar dari kesalahpahaman. Selain berkomunikasi lewat pesan teks, akan lebih nyaman jika bisa saling bertatap muka lewat video call.

Kamu dan pasangan dapat curhat satu sama lain, menceritakan tentang hal apa pun yang telah kamu lewati seharian ini atau pun membicarakan beragam hal yang dapat membuat kamu merasa lebih dekat dengan pasangan. Dengan begitu, kamu akan lebih merasakan kehadiran pasangan yang menjadi warna dalam kehidupanmu.

2. Libatkan dia dalam setiap kegiatanmu

5 Hal Sederhana yang Membuat Hubungan LDR Jadi Langgeng, Yuk Lakukan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Untuk terhindar dari rasa hampa dan kesepian, kamu bisa selalu melibatkan pasangan dalam kegiatanmu. Misalkan kamu sedang membeli barang berupa kacamata, kamu bisa meminta pendapatnya untuk memilihkan kacamata mana yang cocok untuk kamu pakai.

Dengan begitu, pasanganmu akan merasa dibutuhkan. Sehingga ia beranggapan kalau kamu menghargainya, lalu hubunganmu dan pasangan akan terhindar dari masalah.

3. Lakukan act of service kepada pasangan

5 Hal Sederhana yang Membuat Hubungan LDR Jadi Langgeng, Yuk Lakukan!Pexels.com/Photomix Company

Menjalani sebuah hubungan pastinya tidak cukup hanya dengan mengirimkan kalimat cinta, bukan? Mungkin kamu akan sedikit merasa iri dengan pasangan yang mudah melakukan tindakan nyata karena tidak terhalang jarak.

Namun, bagi kamu yang sedang menjalani LDR, juga bisa menerapkan love language yang satu ini. Contohnya, jika pasanganmu sedang sakit, cobalah pesankan makanan lewat ojek online atau menawarkan bantuan lainnya.

4. Tidak mudah menghakimi pasangan

5 Hal Sederhana yang Membuat Hubungan LDR Jadi Langgeng, Yuk Lakukan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu hal yang dibutuhkan saat memutuskan menjalin kasih, yakni sikap saling mendukung satu sama lain, termasuk untuk pasangan LDR. Agar tidak mudah menghakimi sang kekasih, tentunya dibutuhkan sikap kejujuran dan keterbukaan.

Sehingga saat muncul kesalahpahaman, kamu tidak mudah menerka-nerka hal yang negatif karena tahu betul aktivitas apa yang dilakukan oleh kekasihmu. Lewat kejujuran dan keterbukaan itu pun membuat kamu jadi paham dengan watak pasanganmu.

5. Sempatkan waktu untuk bertemu

5 Hal Sederhana yang Membuat Hubungan LDR Jadi Langgeng, Yuk Lakukan!Pexels.com/Katerina Holmes

Walaupun memiliki kesibukan yang berbeda, bukan berarti kamu dan pasangan tidak merencanakan sebuah pertemuan, bukan? Cobalah untuk menyempatkan waktu bertemu minimal satu bulan sekali untuk melepas rasa rindu.

Itulah lima tips hubungan LDR agar langgeng, tindakan sederhana namun sangat dibutuhkan. Walaupun sulit, yakinlah kamu dan pasangan mampu melaluinya. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tindakan Sederhana yang Membuat Hubungan LDR jadi Awet"

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat dan Langgeng Hingga Pelaminan

Baca Juga: Bukan Karena Jarak, Ini 5 Penyebab Kandasnya Hubungan LDR

Baca Juga: 6 Aplikasi Seru untuk Para Pejuang LDR