Dalam hubungan, kepercayaan itu bisa menjadi fondasi yang kokoh. Rasa saling percaya bisa meminimalisir pertengkaran dan membuat hubungan jadi lebih sehat.

Namun, tidak bisa dipungkiri memang masih banyak pasangan yang mengalami krisis kepercayaan atau trust issues dalam hubungannya. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, sebagian besar biasanya karena pengalaman.

Berikut ini, ada 5 tanda yang bisa menunjukkan kalau hubunganmu mengalami krisis kepercayaan.

1. Tidak mengizinkan pasangan untuk pergi dengan orang lain

5 Tanda Hubungan yang Mengalami Krisis KepercayaanPexels.com/Creative Vix

Tanda pertama adalah kamu menunjukkan sikap yang mengarah pada pengekangan. Ketika pasanganmu memiliki wacana dengan teman-temannya, kamu melarangnya.

Sikapmu bisa berubah menjadi lebih manja untuk membujuknya agar tidak jadi pergi. Sekali pun teman-temannya itu sudah kamu kenal, kamu tetap tidak mengizinkannya. Bahkan, kalau ia tetap nekat pergi, kamu bisa jadi marah dan kesal padanya.

Kalau sudah begini, sih, jelas ini krisis kepercayaan, Bela!

2. Selalu memantau aktivitas pasangan di media sosial

5 Tanda Hubungan yang Mengalami Krisis Kepercayaanfreepik.com/ zinkevych

Kalau yang satu ini, sangat jelas terlihat. Ketika kamu kehilangan kepercayaan dengan pasangan, kamu akan berusaha untuk terus memantau aktivitasnya. Begitu pun saat ia berselancar di media sosial.

Kamu akan terus up to date dengan segala unggahan yang pasanganmu bagikan. Kamu juga akan memeriksa dengan siapa ia berkomunikasi. Bahkan, terkadang dalam kasus yang lebih parah, ada yang bisa tahu kalau pasangannya menambah pengikut baru di medsosnya. Wah, seram juga, ya.

3. Selalu penasaran dengan isi ponsel pasangan

5 Tanda Hubungan yang Mengalami Krisis Kepercayaanhernorm.com

Selain di media sosial, orang yang memiliki krisis kepercayaan dengan pasangan juga akan memantau dan menjangkau privasi pasangannya. Kamu akan selalu penasaran dengan isi ponsel pasanganmu.

Mulai dari siapa teman chatting-nya, nomor siapa saja yang ada di kontaknya, atau siapa yang paling sering dan terakhir kali ia hubungi. Hati-hati, sikap yang seperti ini menunjukkan kalau krisis kepercayaanmu sudah parah, Bela!

4. Selalu bertengkar karena kurangnya perhatian pasangan

5 Tanda Hubungan yang Mengalami Krisis Kepercayaanfreepik.com/gpointstudio

Terkadang orang yang mengalami krisis kepercayaan dalam hubungan, juga cenderung tidak percaya dengan dirinya sendiri. Ia akan memiliki banyak pikiran soal apa yang kurang dari dirinya, sehingga ia membutuhkan validasi dengan cara mencari perhatian pasangannya.

Untuk itu, ketika kamu melakukan hal-hal yang tidak penting dan terkesan drama hanya untuk menarik perhatian pasanganmu, itu bisa menjadi tanda kalau kamu sedang mengalami krisis kepercayaan.

5. Membuat dirimu untuk menjadi prioritasnya

5 Tanda Hubungan yang Mengalami Krisis Kepercayaanpexels.com/Gui Vergouwen

Tanda yang terakhir adalah selalu memintanya untuk membuat pilihan. Cara ini kamu lakukan karena kamu membutuhkan pembuktian dari pasanganmu agar lebih yakin soal perasannya padamu.

Misalnya, ia memberitahumu bahwa ia akan pergi dengan temannya besok. Lalu, kamu mengancamnya dengan pilihan ‘kamu pilih mereka atau aku?’.

Hati-hati, Bela! Kalau semua tanda di atas kamu temui dalam hubunganmu, maka bisa jadi kamu atau pasangan sedang mengalami krisis kepercayaan. Kalau dibiarkan terlalu lama, kondisi ini bisa membuat hubungan kalian mengarah pada hal yang toxic

Baca Juga: Tipe Orang Toxic yang Perlu Kamu Hindari Berdasarkan Zodiak

Baca Juga: 10 Tanda Mantan Toxic yang Harus Kamu Hindari

Baca Juga: 6 Pelajaran Setelah Lepas dari Toxic Relationship