Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa ada seperangkat karakteristik, ciri kepribadian, dan pola perilaku yang membedakan si tukang selingkuh dari rekan-rekan mereka yang tidak berselingkuh.

Semakin cepat kamu dapat mengenali sifat-sifat ini, semakin dekat kamu untuk melindungi diri dari cara egois mereka.

Nah kali ini, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai mengevaluasi tanda-tanda peringatan dengan melihat sifat yang biasanya dimiliki tukang selingkuh.

1. Narsisistik

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang Selingkuhfreepik.com/svetlanasokolova

Seseorang yang memiliki sifat narsis menunjukkan keegoisan yang ekstrem. Mereka selalu memiliki kebutuhan akan pujian dan perhatian, serta ketidakmampuan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan perasaan orang lain. 

Dilansir dari laman Bustle, psikoterapis dan pelatih hubungan Toni Coleman, LCSW, CMC mengatakan, "Orang-orang narsistik berisiko tinggi selingkuh, karena mereka sering merasionalisasi bahwa pasangan mereka tidak memperlakukan mereka sebagaimana mestinya atau bahwa mereka diabaikan atau tidak dihargai."  

"Mereka juga memiliki sedikit atau tidak ada kapasitas untuk mempertimbangkan rasa sakit yang akan ditimbulkan oleh perilaku mereka pada pasangan mereka," lanjutnya.

Selain itu, satu studi yang diterbitkan pada tahun 2014 juga menemukan bahwa mereka yang menunjukkan narsisme seksual tingkat tinggi, rasa keterampilan seksual yang meningkat, dan hak seksual lebih mungkin untuk selingkuh.

2. Suka melarikan diri dari tanggung jawab dan memiliki riwayat keluarga selingkuh

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang SelingkuhPixabay.com/jubair4043

Sifat yang satu ini paling sering ditunjukkan oleh orang-orang yang suka berselingkuh. 

Mereka bisa tampil sebagai pribadi yang begitu manis dan memesona. Padahal, inilah cara mereka untuk keluar dari situasi sulit dengan mudah atau melarikan diri dari tanggung jawab.

Umumnya, rasa tidak bertanggung jawab itu dimiliki karena banyak dari mereka yang mengalami pengalaman pahit di masa lalu. Orang yang dibesarkan dalam suasana pengkhianatan dan perselingkuhan lebih mungkin untuk selingkuh dan memilih pasangan yang tidak setia. Kecemasan akan selingkuh bisa memotivasi pasangan untuk selingkuh.

3. Selalu rapi dengan barang pribadi, tapi lupa detail

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang Selingkuhunsplash.com/Ben White

Tukang selingkuh biasanya memiliki berbagai macam taktik untuk bisa menyembunyikan jejak mereka. Mereka sangat berhati-hati dengan barang milik pribadi seperti ponsel, dompet, atau mungkin laptop.

Mereka akan menggunakan tameng “privasi” untuk menjaga pasangannya tidak masuk dalam radar perselingkuhannya. Yup, mereka akan menuntut pasangannya tidak melanggar privasi dan bisa marah jika pasangan ingin melihat ponsel atau isi media sosial. Pokoknya, mereka menyimpan semua barang-barang pribadi sangat rapi.

Sayangnya, karena terlalu fokus menyembunyikan kecurangannya dengan rapi, mereka justru melupakan detail-detail kecil yang cukup penting. Misalnya hari ulang tahun, film terakhir yang ditonton bersama pasangan, atau tempat makan favorit pasangan. 

Menurut penasihat kencan dan penulis When to Break Up: The Fast & Easy How to Guide for Getting Out of Relationships That Suck, peselingkuh sengaja pura-pura melupakan detail kecil seperti ini karena takut ingatan mereka tercampur dengan detail-detail yang berkaitan dengan 'pasangan lainnya'.

4. Cenderung cemburuan

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang Selingkuhfreepik.com/user25451090

Ada dua jenis kecemburuan dalam hubungan romantis. Salah satunya adalah jenis kecemburuan yang lucu di mana pasangan akan bertindak sedikit posesif terhadapmu. Namun, yang lainnya adalah kecemburuan toxic yang bisa membuat pasanganmu selingkuh.

Tukang selingkuh akan terus-menerus menanyai kamu dan sering menuduh kamu berperilaku tidak pantas atau genit. Fakta bahwa mereka mampu tidak setia menempatkan mereka pada posisi defensif dan paranoid pun muncul. 

Jika mereka melakukannya, mereka menganggap pasangan mereka juga melakukannya. Mereka begitu tenggelam dalam kebohongan sehingga rasa tidak aman muncul dan mereka mulai menuduh pasangannya tidak hanya selingkuh, tetapi juga berbohong, menggoda, dan lainnya.

5. Ketergantungan atau needy

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang SelingkuhPexels.com/Ron Lach

Ciri umum yang bisa dikenali dari tukang selingkuh adalah sifatnya yang needy atau sangat bergantung pada pasangan atau orang lain. 

Mereka tidak pernah bahagia atau puas. Mereka membutuhkan perhatian, pengakuan, dan penegasan terus-menerus serta dorongan ego yang sering. Mereka selalu mencari hobi atau kegiatan berikutnya untuk memenuhi kebutuhan mereka, namun mereka tidak pernah bahagia apa pun yang mereka miliki dalam hidup mereka. 

Kamu mungkin saja bisa memberi apa yang mereka inginkan, tetapi mereka selalu membutuhkan lebih banyak. Mereka perlu menjadi pusat perhatian, dan mereka perlu selalu merasa dibutuhkan dan diinginkan.

Kebutuhan inilah yang pada akhirnya membuat mereka terus mencarinya dari orang lain selain pasangan. Bahkan, mereka tidak hanya mencari dari satu orang saja.

6. Sering merasa insecure

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang Selingkuhpexel.com/ Alena Darmel

Bagian paling menyedihkan dari kepribadian orang tukang selingkuh adalah mereka sering membawa luka emosional dari masa lalu mereka. 

Banyak pasangan yang tidak setia dilecehkan secara emosional, diabaikan, atau memiliki cinta dan perhatian yang ditahan. Mereka sering secara emosional bergantung pada pasangan atau pasangan mereka. Hal yang sangat mereka inginkan inilah hal yang menyebabkan mereka selingkuh. 

Ketakutan mereka akan kesendirian sangat besar sehingga mereka membutuhkan rencana cadangan, yaitu dengan cara berselingkuh. Mereka perlu tahu bahwa seseorang selalu tersedia untuk mereka.

7. Manipulatif dan selalu mencari pembenaran

7 Sifat yang Biasanya Dimiliki Tukang SelingkuhPexels.com/Timur Weber

Terakhir, sudah bukan rahasia lagi kalau tukang selingkuh pasti manipulatif. Mereka suka playing victim dan selalu mencari pembenaran atas apa yang ia tuduhkan ke pasangannya. 

Mereka bisa merangkai cerita sedemikian rupa dan menyambungkan satu bagian ke bagian lainnya yang sebenarnya tidak berkaitan hanya demi membuat dirinya seolah korban. Padahal, tindakan itu hanya untuk menghindari kecurigaan pasangan pada mereka.

Jika pasangan mengelak dan membalikkan tuduhan tersebut padamu, itu tandanya mereka tengah memanipulasi pikiranmu.

Itulah dia sejumlah sifat yang biasanya dimiliki tukang selingkuh. Hati-hati ya, Bela!

Baca Juga: Ini 5 Tanda Pacar Kamu Tukang Menghindari Konflik

Baca Juga: 7 Alasan Suami Tukang Selingkuh Tetap Bertahan dengan Istrinya

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Micro-Cheating, Selingkuh Kecil Tanpa Disadari