Perpisahan dalam hubungan memang menyisakan perasaan sedih bagi siapa pun, tanpa terkecuali bagi laki-laki. Sebagian besar dari mereka mungkin nggak mau terbuka, tetapi pasti mereka merasakannya.

Awal perpisahan mungkin mereka masih bisa terlihat bahagia seolah tidak pernah terjadi apa-apa. Namun, beberapa waktu berselang mereka bisa merasakan bagaimana perasaan rumit dan berantakan setelah berpisah. Yang tersisa hanyalah penyesalan-penyesalan karena sudah menyakitimu dan membiarkan hubungan kalian berakhir.

Setelah merasakan penyesalan, pilihannya hanya dua, mengusahakanmu kembali atau menerima semuanya. Kalau pilihan pertama yang dipilih, maka kamu bisa mengetahuinya dari 7 tanda penyesalan laki-laki berikut ini.

1. Menjadi lebih pendiam dari biasanya

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah Menyakitimuunsplash.com/Karl Fredrickson

Kamu akan melihatnya menjadi lebih penyendiri. Walaupun kalau kamu tanyakan hal ini padanya ia mungkin akan menyangkalnya. Namun kenyataannya hal ini bisa terlihat dengan jelas.

Ia terlihat seperti kesepian meskipun di sekelilingnya ada banyak orang. Dia juga menjadi kurang responsif dari biasanya. Ini bisa terjadi karena isi pikirannya dipenuhi dengan kenangan bersamamu.

2. Dia memeriksamu lebih sering

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah Menyakitimuunsplash.com/Hassan OUAJBIR

Kalau tidak lama dari berakhirnya sebuah hubungan, dia masih menghubungimu itu adalah hal biasa. Namun, kalau sudah dalam hitungan bulan kalian berpisah dan ia masih saja menelepon dan menanyakan kabarmu, barulah hal ini patut kamu curigai.

Kemungkinan yang paling besar adalah dia menyesalinya. Yup! Penyesalan itu ia alihkan dengan mencoba memeriksa apakah kamu sudah baik-baik saja.

Ini juga tanda bahwa dia tahu dia melakukan kesalahan dan tidak bisa mengatakannya begitu saja. Itulah mengapa dia mencoba untuk terus terhubung dengan beberapa dalih atau lainnya.

3. Dia tidak bisa berhenti muncul

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah MenyakitimuPexels.com/Keira Burton

Tidak hanya memeriksa keadaanmu melalui komunikasi telepon dan chat, laki-laki yang merasakan penyesalan setelah menyakiti biasanya juga akan memeriksanya secara langsung. Dia bisa tiba-tiba menunjukkan minat aktif untuk ikut serta dalam acara yang berhubungan denganmu, sekalipun ia tidak diundang.

Terkadang kamu mungkin menemukannya di tempat yang sering kalian kunjungi saat masih bersama seperti restoran atau supermarket biasa. Bahkan hal yang lebih ekstrem adalah ia bisa saja berubah menjadi penguntit dirimu.

4. Dia selalu mencari cara untuk berbicara denganmu

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah MenyakitimuPexels.com/Andrea Piacquadio

Sikapnya yang selalu muncul dan menghubungi adalah caranya untuk terus bisa terhubung denganmu. Perasaan bersalahnya yang terus mendorongnya untuk melakukan hal ini.

Dia mungkin merasa berbicara denganmu bisa membuatnya merasa lebih baik. Kamu akan melihat bahwa dia sangat aktif di telepon dan melakukan percakapan panjang denganmu.

5. Dia akan berubah untukmu

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah MenyakitimuPexels.com/Samson Katt

Karena dia menyadari kesalahannya, maka ketika menyesal ia akan berusaha untuk memperbaikinya. Ia akan mencoba berubah untukmu.

Tiba-tiba kamu akan melihatnya mempertimbangkan semua kritikmu dan menjadi orang yang berbeda sama sekali. Isyarat ini mungkin manis, tetapi tidak akan memperbaiki apa yang salah dengan hubungan tersebut. Tetapi ini adalah tanda-tanda dia merasa bersalah karena telah menyakitimu.

6. Dia meminta maaf

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah MenyakitimuPexels.com/Alex Green

Ketika dia merasa bersalah, sebagian besar laki-laki akan berubah menjadi lebih terbuka. Dia akan membagikan perasaan yang sebenarnya kepadamu. Dia juga akan meminta maaf atas apa yang sudah ia lakukan dan membuatmu sakit.

7. Mengajakmu untuk kembali bersama

7 Perilaku Ini Menandakan Laki-laki Menyesal Telah Menyakitimuunsplash.com/Everton Vila

Setelah meminta maaf dan menjadi lebih terbuka soal apa yang ia rasakan, maka hal terakhir yang ia lakukan adalah memintamu untuk kembali bersamanya. Ia akan merasa hal-hal yang kemarin masih bisa diperbaiki karena dia sudah berniat berubah untukmu.

Nah, itu dia tanda kalau laki-laki menyesal telah menyakitimu. Semua pilihan kembali padamu, akan tetapi, ingat ya, Bela, pertimbangkanlah segala hal dengan baik. Jangan sampai semua yang ia lakukan itu hanya untuk menutupi rasa kesepiannya setelah berpisah denganmu.

Baca Juga: Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan Palsu

Baca Juga: 7 Cara Membuat Laki-Laki Sadar Akan Kesalahannya

Baca Juga: 15 Hal Tentang Perempuan yang Tidak Bisa Dihindari Laki-laki