Momen pendekatan alias PDKT biasanya adalah momen yang begitu membahagiakan. Kenapa? Karena di momen itulah, biasanya setiap orang akan mengeluarkan versi terbaik dari dirinya di depan gebetannya.

Namun, Bela, tidak semua PDKT berujung pada hubungan pacaran, lho. Ada saja orang-orang yang gagal dalam PDKT dan berakhir dengan ghosting atau mungkin mendapat harapan palsu.

Akan sangat sakit ketika kita sudah mengeluarkan semua yang terbaik dan berharap banyak dengan si dia, tapi ternyata gebetan tidak mengharapkan hal yang sama. Tentu kita semua tidak ingin mengalaminya dan ingin menghindari hal ini kan? Agar tidak terjebak dalam hubungan ini, yuk kenali ciri-ciri pria pemberi harapan palsu di bawah ini!

1. Mengirim pesan secara musiman

Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan PalsuPexels.com/cottonbro

Tidak jauh berbeda dengan momen PDKT pada umumnya, dia akan mengirimu pesan. Namun, bedanya dia melakukannya secara musiman. Bisa saja saat awal PDKT ia begitu gencar mengirimu pesan sampai-sampai terlihat begitu antusias, namun di minggu berikutnya ia perlahan menghilang. Dia bisa tiba-tiba muncul kembali di waktu-waktu yang tak kamu duga. Hati-hati, dia bisa menghilang lagi, lho!

2. Komunikasi tidak konsisten

Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan PalsuPexels.com/Andrea Piacquadio

Yup! Ketika kamu mengirim pesan padanya, ia tidak menanggapi dan membalasnya. Namun, ia bisa saja menghubungimu lewat media sosial lainnya. Artinya, ia tidak memiliki sikap konsisten untuk menjaga kelancaran komunikasi denganmu.

3. Sering mengirim pesan namun tidak membuatmu benar-benar mengenalnya

Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan PalsuPexels.com/Yan Krukov

Dia sering mengirimimu pesan, namun tetap saja kamu merasa tidak tahu apa pun tentang dirinya. Kamu mungkin merasa sudah mencoba terbuka dengan dirinya, namun dia akan melakukan hal yang sebaliknya. Semua informasi detail mengenai dirinya tidak pernah ia bagikan denganmu. 

Kamu mungkin sudah bercerita soal keluarga, teman, dan orang-orang terdekatmu. Namun, tanpa kamu sadari, sebenarnya ia tidak melakukan hal yang sama. Hati-hati, ya, Bela!

4. Membuat rencana bersamamu namun tidak pernah berjalan baik

Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan PalsuPexels.com/Budgeron Bach

Ciri pria pemberi harapan palsu yang begitu menyebalkan lainnya adalah tidak pernah menepati janji. Dia sering kali membuat rencana untuk dilakukan bersama dan membuatmu begitu senang dan berbunga-bunga. 

Namun, ketika harinya tiba, dia bisa membatalkan janji begitu saja tanpa merasa bersalah atau mungkin mendadak hilang dan tidak bisa dihubungi. Setelah itu, ia bisa kembali datang padamu dan berjanji untuk menggantinya di lain waktu. Namun, lagi dan lagi, ia tidak akan pernah menepatinya.

5. Ketika kamu mulai mempertanyakan ‘hubungan’, ia membuatmu merasa bersalah

Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan PalsuPexels.com/RODNAE Productions

Ketika kamu merasa sudah terlalu lama berhubungan dengannya, namun tidak kunjung datang sebuah kepastian, maka kamu akan menanyakan soal bagaimana 'hubungan' kalian padanya. Namun, alih-alih memukan jawaban, kamu justru diberikan sebuah perasaan bersalah atas diri sendiri. 

Yup! Ketika ditanya perihal hubungan kalian, pria pemberi harapan palsu akan bersikap layaknya orang yang tidak bersalah dan cenderung memanipulatif dirimu. Ia bisa saja berdalih kamu terlalu memaksanya, kamu tidak sabar, atau kamu tidak mengerti kondisi dirinya.

6. Menarik-ulur perasaan

Sebelum Tergoda, Kenali 6 Ciri-ciri Pria Pemberi Harapan PalsuPexels.com/Bruce Mars

Walaupun semua janji dan harapan yang ia berikan padamu tidak pernah terealisasi, ia masih saja bisa membuat dirimu berbunga-bunga. Pria ini bisa saja memberi sinyal seolah ia begitu menginginkanmu dan memperlakukanmu begitu istimewa. Namun, ketika hubungan terus berjalan, ia bisa saja berubah dan membuat semua hal berubah 180 derajat. 

"Ia bisa membuat kamu bergantung dan berharap padanya, namun nyatanya ia hanya membuat emosionalmu naik-turun layaknya sebuah permainan roller coaster," ungkap Polina Solda, pakar kencan dari Amerika Serikat. 

Itu dia 6 ciri pria pemberi harapan palsu yang wajib kamu hindari. Jangan sampai kamu terlanjur baper, ya, Bela. Coba kendalikan ekspektasimu dan jangan menggantungkan harapan pada pria yang belum jelas kepastiannya.

Baca Juga: Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matang

Baca Juga: Kenali Sejak Awal, Ini 9 Ciri Hubungan yang Bakal Langgeng

Baca Juga: Perlu Diingat! Ciri-ciri Keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah