Saat menjalin hubungan, rasa cemburu adalah ekspresi umum yang wajar ditemui pada beberapa orang. Hanya saja yang membedakan adalah cara mereka untuk mengekspresikan dan melampiaskannya.

Seseorang yang kurang dewasa kurang bisa memahami situasi dan kondisi, sehingga biasanya cenderung mengambil sikap marah dan terburu-buru menyimpulkan sesuatu. Alhasil, kalau ternyata apa yang dipikirkan itu tidak sesuai dengan kenyataan, rasa cemburunya itu malah menjadi bumerang untuk hubungannya sendiri.

Sebaliknya, orang yang lebih dewasa biasanya bisa mengatasi rasa cemburunya dengan lebih baik. Mereka biasanya menerapkan beberapa cara elegan mengekspresikan rasa cemburu di bawah ini.

1. Tetap tenang dan berikan senyuman terbaikmu!

5 Cara Elegan Menunjukkan Rasa Cemburu, Nggak Usah Ngambek!freepik.com/mego-studio

Melihat orang yang kita sayang memiliki kedekatan dengan lawan jenis memang menyebalkan, ya, Bela. Apalagi kalau orang lain tersebut sangat asing dan tidak kita kenal. Hmm, rasanya sulit menghilangkan berbagai skenario di kepala.

Namun, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap bersikap tenang. Kendalikan dirimu sebisa mungkin untuk tidak terbawa emosi. Ingat, bahwa apa yang kamu pikirkan itu belum tentu yang sebenarnya. Lebih baik, kamu tanya langsung padanya secara baik-baik daripada terburu-buru membuat kesimpulan sendiri.

Di samping itu, jangan lupa untuk tetap tersenyum, sebab senyum itu punya sejuta arti. Nantinya, kalau memang pacarmu itu bisa menjelaskannya dengan santai, tentu itu artinya nggak ada hubungan khusus di antara mereka selain teman. 

2. Jangan bawa-bawa kesalahan masa lalu

5 Cara Elegan Menunjukkan Rasa Cemburu, Nggak Usah Ngambek!freepik.com/drobotdean

Biasanya, saat terbawa emosi, kita cenderung sulit untuk mengontrol apa-apa saja yang harus kita lakukan, begitu pula dengan ucapan. Kita mungkin saja mengatakan sesuatu yang malah memperumit keadaan. Misalnya, dengan membawa-bawa kesalahan pasangan di masa lalu.

Hanya karena merasa cemburu dan terburu-buru menyimpulkan apa yang kamu lihat dengan cepat, kamu jadi mengungkit kesalahan pacarmu yang padahal sama sekali tidak ada hubungannya dengan situasi kalian saat itu. Bukannya selesai, masalah malah makin runyam.

Untuk itu, salah satu cara elegan mengekspresikan rasa cemburu adalah dengan tidak membawa hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan kondisi saat ini.

3. Jangan dulu curhat ke teman agar masalah tidak semakin runyam

5 Cara Elegan Menunjukkan Rasa Cemburu, Nggak Usah Ngambek!pexels.com/Shvets Production

Memang, salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan kekesalan dalam diri adalah dengan membaginya ke orang terdekat. Namun, dalam kasus kecemburuan, apalagi jika terlalu awal, alangkah lebih baik untuk menahannya terlebih dahulu, Bela.

Kamu tetap harus berhati-hati dengan yang kamu hadapi, karena bisa saja perasaan cemburu itu tidak tepat sasaran. Sebelum semuanya jelas, ada baiknya kalau kamu menyimpan dulu cerita ini dari orang lain. Sebab, kalau salah langkah, bisa saja masalah semakin runyam karena jadi melibatkan banyak orang.

4. Jangan membawa rasa cemburu itu dalam setiap obrolan kalian, ya!

5 Cara Elegan Menunjukkan Rasa Cemburu, Nggak Usah Ngambek!freepik.com/rawpixel.com

Terkadang, meskipun pasanganmu sudah memberikan penjelasan mengenai siapa orang yang dekat dengannya itu, rasa cemburu ternyata masih tersisa di hatimu. Oleh karena itu, kamu jadi gatal ingin membahas terus masalah tersebut tiap kali kalian berdua ngobrol.

Awalnya mungkin ia baik-baik saja dan tidak mau ambil pusing. Akan tetapi kalau di setiap obrolan kamu terus menyebut nama orang tersebut dengan nada yang tidak mengenakkan, jangan salahkan pasanganmu kalau ia tiba-tiba marah. 

Ia sudah menjelaskan semuanya dan kamu masih saja menyindirnya tanpa bisa membuktikan kalau apa yang kamu pikirkan itu benar. Hmm, kalau sudah begini siapa yang nggak kesal, Bela?

5. Alternatif terakhir, kamu bisa meminta pacar mengenalkanmu ke orang yang kamu curigai itu

5 Cara Elegan Menunjukkan Rasa Cemburu, Nggak Usah Ngambek!Pexels.com/Cottonbro

Daripada menuduh yang bukan-bukan dan membuat hubungan kalian dipenuhi pertengkaran, lebih baik minta pacarmu untuk saling mengenalkan kalian berdua. Dengan begitu, kamu bisa langsung bertanya banyak hal padanya dan menilai sendiri sebenarnya mereka ada sesuatu atau tidak.

Bisa saja ternyata apa yang terlihat di luar tidak sesuai dengan kepribadiannya secara mendalam. Bahkan, bisa saja lho, setelah kamu mengenalnya, kalian malah jadi akrab dan mulai berteman. Kalau memang pacarmu nggak ada hubungan spesial dengannya, dia akan dengan senang hati mengenalkan kalian berdua, kok.

Itu dia beberapa cara elegan mengekspresikan rasa cemburu tanpa perlu menambah runyam situasi hubungan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ampuh! Ini 7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Baca Juga: 5 Sikap Elegan yang Bikin Gebetan Makin Tertarik Sama Kamu

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Sifat Posesif Kepada Pasangan