Siapa sih yang rela berjauhan dari orang tersayang? Tentu nggak ada ya, Bela. Sayangnya, tak selamanya sesuatu yang telah direncanakan sempurna akan terwujud seperti yang diharapkan. Misalnya, terpaksa harus menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship karena si dia di mutasi ke provinsi lain, si dia memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, atau sebab-sebab lain mengapa hubungan kalian harus terpisah jarak.

Nah, semua pasangan yang terjebak menjalani hubungan ini, pastinya sepakat bahwa pejuang jarak adalah orang-orang yang tangguh. Jarak tiada berarti, karena dia selalu di hati. Cinta nggak harus selalu sama-sama. Kita berlatih memupuk kepercayaan bahwa dia di sana pun menabung rindu yang sama, dan kelak pertemuan akan terasa lebih bermakna. Lagu-lagu LDR ini akan mengungkap kamu, apakah sedang melepas si dia pergi atau sedang menantinya pulang.

1. Alika - Aku Pergi

https://www.youtube.com/embed/kO6KoMOrHHo

Aku pergi bukan berarti tak setia, aku pergi demi untuk cita-cita. Maaf, bila mungkin kita harus terpisah, relakanlah mungkin ini sudah takdirnya. Ku tak ingin ada benci, ku tak ingin ada caci, yang ku ingin kita selalu baik-baik saja.

2. D'masiv - Pergilah Kasih

https://www.youtube.com/embed/dAWjP2Q4ULw

Pergilah kasih, kejarlah keinginanmu, selagi masih ada waktu. Jangan hiraukan diriku, aku rela berpisah demi untuk dirimu. Semoga tercapai segala keinginanmu.

3. Repvblik - Aku Tetap Cinta

https://www.youtube.com/embed/RaIV_2UYWLw

Tak perlu kata maaf dan air mata, aku rela dirimu pergi. Aku bisa tahu apa yang kau mau dengan pilihanmu. Hancur-hancur cintaku, sakit-sakit hatiku, tapi tak bisa aku menyalahkanmu. Inilah jalanmu, inilah nasibku, yang tak kusuka. Asal kau tahu, seumur hidupku, aku tetap cinta.

4. Pasto – Aku Pasti Kembali

https://www.youtube.com/embed/vZUZ6kjSzNc

Aku hanya pergi ’tuk sementara, bukan ’tuk meninggalkanmu selamanya. Aku pasti ’kan kembali pada dirimu, tapi kau jangan nakal. Aku pasti kembali.

5. Ello – Pergi untuk Kembali

https://www.youtube.com/embed/4M9AC5cbhg4

Selamat tinggal kasih, sampai kita jumpa lagi. Aku pergi takkan lama, hanya sekejap saja ku akan kembali lagi, asalkan engkau tetap menanti.

6. Stinky – Mungkinkah

https://www.youtube.com/embed/Vg7VSS6fdAg

Mungkinkah, kita kan s’lalu bersama walau terbentang jarak antara kita? Biarkan kupeluk erat bayangmu, ‘tuk melepaskan semua kerinduanku.

7. Seventeen - Jaga Selalu Hatimu

https://www.youtube.com/embed/M7q98iDtSmM

Kau, jaga selalu hatimu saat jauh dariku, tunggu aku kembali. Ku mencintaimu, selalu menyayangimu, sampai akhir menutup mata.

8. Melly Goeslaw – Denting

https://www.youtube.com/embed/4CQDeiUQG_Q

Sayang, kau di mana? Aku ingin bersama, ‘kan kuputus semua untuk tepiskan rindu. Mungkinkah kau di sana merasa yang sama?

9. Sheila on 7 – Tunggu Aku di Jakartamu

https://www.youtube.com/embed/RrhOM3b0Kus

Dan, kau pun s'lalu janjikan, kau 'kan menungguku datang, bersatu kembali seperti dulu. Tunggulah aku di Jakartamu, tempat labuhan semua mimpiku. Tunggulah aku di kota itu, tempat labuhan semua mimpiku.

10. Andra & The Backbone - Tunggu Aku

https://www.youtube.com/embed/kgYfbOwQOs8

Tunggu aku, ku akan datang. Tunggu aku, ku akan pulang. Kau segalanya bagiku, kau adalah duniaku. Satu yang ku pinta, ‘tuk tetap menunggu.

11. Dygta - Karena Ku Sayang Kamu

https://www.youtube.com/embed/3g05nYPfHSw

Ku tak akan pernah berpaling darimu, walau kini kau jauh dariku. 'Kan s'lalu ku nanti, karena ku sayang kamu, hati ini selalu memanggil namamu. Dengarlah melatiku, ku berjanji hanyalah untukmu, cintaku takkan pernah ada yang lain.

12. Dhyo Haw - Jarak dan Kita

https://www.youtube.com/embed/3f9BkOrUCaM

Dan, walau jarak ini memisahkan kita, tapi ku tak 'kan goyah. Dan, ku percaya, semua 'kan indah pada waktunya, kita 'kan bisa berdua.

13. Virzha – Jangan Simpan Rindu

https://www.youtube.com/embed/PPv2zYI7aUk

Jangan simpan-simpan rindu itu, karena rindu tak bisa menipu, apalagi kita jauh. Itu pun jarang bertemu, pastikan ku hanya untukmu.

14. RAN – Dekat di Hati

https://www.youtube.com/embed/07Dn-KDS-ag

Meski kau kini jauh di sana, kita memandang langit yang sama. Jauh di mata, namun dekat di hati.

15. Raisa – LDR

https://www.youtube.com/embed/sdPKH88gqjQ

Seandainya jarak tiada berarti, akan ku arungi ruang dan waktu dalam sekejap saja. Seandainya sang waktu dapat mengerti, takkan ada rindu yang terus mengganggu. Kau akan kembali bersamaku.

16. Once – Kangen

https://www.youtube.com/embed/9n1PZ60N4wI

Semua kata rindumu, semakin membuatku 'tak berdaya menahan rasa ingin jumpa. Percayalah padaku, aku pun rindu kamu. Ku akan pulang, melepas semua kerinduan yang terpendam.

17. Jamrud – Kabari Aku

https://www.youtube.com/embed/COSix-PTMp8

Aku di sini dan engkau di sana, membentang luas samudra biru memisahkan kita. Inginku, berenang ke kotamu, tapi pasti tenggelam dan kau sedih. Mungkin tak lama lagi, aku hadir di sana. Atau, tak lama lagi, kau yang ada di sini.

18. Sheila on 7 – Bertahan di Sana

https://www.youtube.com/embed/8xMjQX05Y4s

Dinda, apa kabar kau di sana? Lelahkah menungguku berkelana? Lelahkan menunggu, kau di sana? Sayang, aku 'kan segera pulang, tunggu aku dengan senyuman itu, tunggu aku dengan senyumanmu itu. Bila waktu itu telah tiba, coba kenakanlah mahkota itu. Masih banyak yang harus ku cari ‘tuk bahagiakan hidupmu nanti. Bisa bertahankah kau di sana? Bisa bertahankah sayang? Coba bertahanlah kau di sana, coba bertahanlah, sayang.

19. Kerispatih – Lagu Rindu

https://www.youtube.com/embed/4FwqE_Ybl8I

Tahukah engkau wahai langit, aku ingin bertemu membelai wajahnya. 'Kan ku pasang hiasan angkasa yang terindah, hanya untuk dirinya. Lagu rindu ini kuciptakan hanya untuk bidadari hatiku tercinta. Walau hanya nada sederhana, izinkan ku ungkap segenap rasa dan kerinduan.

20. Mocca - Sebelum Kau Tidur

https://www.youtube.com/embed/GZn_CB4-tC0

Sebelum kau tidur, ingatlah padaku.

21. Anji – Jerawat Rindu

https://www.youtube.com/embed/0nlNNeHy_H0

Banyak orang bilang, bila di wajahmu tumbuh jerawat, itu tandanya rindu. Bila rindu membuat diriku jadi patah semangat, obatnya cuma kamu. Inilah lagu rindu, dariku untukmu.

22. Maliq & D’Essentials – Aurora

https://www.youtube.com/embed/r1G5EXogW_s

Sampaikan salam untuknya, dari hati lalui tanah, air, udara. Kawan camar ikut bicara sampaikan bahwa aku dalam perjalanan. Membawa tembang hati arungi samudera ‘tuk menemuinya di sana, di bawah aurora.

23. The Rain – Berkunjung ke Kotamu

https://www.youtube.com/embed/xCE8qX4tfYU

Meskipun harus berjauhan, perasaan tak pernah pudar. Membayangkan teduh tatapan, semangatku langsung berpendar. Hari ini ku berkunjung ke kotamu, semoga senyum hangat itu menjemputku.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Khusus LDR: Duh! 23 Lagu Ini Jadi Bikin Kangen Dia, Awas Baper"

Baca Juga: Jangan Diputusin Dulu, Ini 7 Tanda Pasangan LDR-mu adalah Jodohmu