Memiliki harapan dalam hubungan, terutama pada pasangan, adalah hal yang wajar. Namun, tetap dalam konteks yang masih standar saja karena menaruh harapan yang terlalu besar pun hanya akan membuatmu kecewa nantinya. 

Tentu saja hal tersebut tidak ingin kamu rasakan, bukan? Oleh sebab itu, lebih baik menghindarinya dan menjalani hubungan seperti air yang mengalir. Nah, berikut ini ada beberapa ekspektasi yang terlalu besar yang tak boleh kamu harapkan dalam hubungan jika kamu tak ingin menyesal suatu waktu nanti. Simak baik-baik, ya! 

1. Pasangan harus selalu mengikuti segala aturan yang dibuat olehmu

Jangan Berharap Lebih, 5 Ekspektasi Hubungan Ini Bisa Membuatmu KecewaUnsplash.com/Jenny Marvin

Aturan dalam hubungan itu tidak hanya dibuat oleh satu pihak saja, tapi harus dua belah pihak, yakni kamu dan pasanganmu. Memberlakukan aturan hanya dari sisimu saja dan menyuruh pasangan untuk taat pada aturanmu sangat mencerminkan bahwa kamu sosok yang egois. 

Justru keegoisan ini nantinya akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. Di mana, suatu saat nanti kamu akan kecewa jika segala aturan yang kamu bikin dalam hubungan sama sekali tidak dipatuhi oleh pasanganmu. Tentu saja, dirimu akan marah dan merasa tak dianggap oleh pasanganmu. Oleh karena itu, hilangkan harapan seperti ini dalam hubungan. 

2. Dia harus membayar setiap hal yang kamu inginkan

Jangan Berharap Lebih, 5 Ekspektasi Hubungan Ini Bisa Membuatmu KecewaUnsplash.com/Icons8 Team

Kebanyakan orang tentu ingin segala kebutuhan bahkan keinginannya dibayari oleh pasangannya. Namun kembali lagi, jangan mengharapkan hal ini terlalu dalam karena tidak semua individu berlaku seperti itu pada pasangannya. 

Jika kamu ingin membeli barang keinginanmu, maka belilah dengan uangmu sendiri. Bukan dengan uang dari pasanganmu. Jika kamu berharap seperti itu, maka yang ada hanyalah kekecewaan saja. Selagi mampu, belilah dengan uangmu. Jika memang tak punya uang, maka jangan beli atau menabung dulu sampai kamu bisa membelinya sendiri.

3. Selalu ingin menjadi sosok utama dalam hidup pasangan

Jangan Berharap Lebih, 5 Ekspektasi Hubungan Ini Bisa Membuatmu KecewaUnsplash.com/Kelly Sikkema

Sebagai pasangan, mungkin kamu ingin menjadi sosok yang diprioritaskan dalam hubungan. Hal itu memang wajar, tapi balik lagi, ada beberapa situasi yang memang mengharuskanmu untuk diprioritaskan dan ada pula situasi yang tak mengharuskan dirimu untuk dijadikan yang pertama.

Jika kamu paham akan hal ini, tentu saja kamu tak akan kecewa. Namun, jika tak paham dan terlalu teguh dengan pendirian bahwa kamu harus diprioritaskan dan dijadikan sosok yang utama dalam segala hal, maka kamu akan kecewa bila suatu saat nanti kamu tak prioritaskan karena alasan tertentu. 

4. Menikah dengan konsep yang diinginkan

Jangan Berharap Lebih, 5 Ekspektasi Hubungan Ini Bisa Membuatmu KecewaUnsplash.com/Lauren Rader

Ingin menikah dengan tema tradisional, sewa gedung, prasmanan katering, dan sebagaimana haruslah ada diskusi dari kedua pihak, yakni bersama pasangan. Tentu saja itu adalah impianmu soal pernikahan, tapi tetap saja semuanya perlu didiskusikan karena bukan hanya kamu sendiri yang menikah di sini. 

Jika kamu berekspektasi terlalu tinggi akan pernikahan dan nantinya tidak terjadi, maka yang ada hanyalah kekecewaan. Lebih baik jika kamu menikah dengan konsep dari dua pihak, bukan hanya kamu saja. 

5. Berharap rumah tangga harus langgeng dan selalu bahagia

Jangan Berharap Lebih, 5 Ekspektasi Hubungan Ini Bisa Membuatmu KecewaUnsplash.com/Max Rovensky

Menjalani rumah tangga itu berbeda sekali dengan kehidupan saat masih pacaran. Punya harapan bahagia dan langgeng boleh saja kamu sematkan pada pernikahanmu, asalkan kamu mengakui bahwa menikah itu akan ada masalah. 

Jika kamu tak menerima masalah yang ada di pernikahan nanti, maka yang ada kamu akan stres ketika ada masalah yang datang menghampirimu. Tak terelakkan juga bila kamu nantinya menyesal telah menikah karena harapanmu tak bisa jadi kenyataan. 

Itulah lima harapan yang terlalu besar dalam hubungan yang akan membuatmu kecewa nantinya. oleh karena itu, jalani saja hubungan cintamu ini layaknya air mengalir. Jika kamu berharap terlalu besar, yang ada kamu kecewa saat harapan tersebut tak jadi kenyataan. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Harapan Besar Soal Hubungan Ini Hanya akan Membuatmu Kecewa Nantinya"

Baca Juga: 5 Harapan Hidup Ini Pasti Dimiliki Oleh Cewek Single yang Tangguh

Baca Juga: 5 Harapan Seorang Istri Ini Bisa Membuat Suami Jadi Pasangan yang Baik

Baca Juga: Hal yang Perlu Kamu Tahu Ketika Diberi Harapan Palsu Sama Cowok