Buat kamu dan pasangan yang sudah sering banget dengar pertanyaan “Jadi kapan kalian menikah?” dari teman-teman dan keluarga, pasti jadinya kepikiran terus. Apalagi kalau kalian sudah menginjak usia pernikahan. Tapi sebenarnya kapan sih, kalian benar-benar siap naik ke pelaminan? Tenang, Popbela akan bantu kamu melihat tanda-tanda apakah kamu dan pasangan sudah siap menikah. Kalau kalian sudah melakukan 13 hal berikut ini, berarti kalian sudah siap mengikat janji sebagai suami dan istri!

 

1. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Paling nggak kalian pernah bersama-sama mendatangi agen penjualan atau kantor pemasaran rumah atau apartemen yang kalian incar. 

 

2. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Menikah itu nggak murah, lho. Banyak banget pengeluaran yang harus kalian pertimbangkan. Kalau kalian nggak segera menabung dari sekarang, nanti kalian akan kewalahan sendiri. 

 

3. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Kamu dan pasangan harus sudah terbiasa mengurus cucian di rumah atau membayar tagihan listrik. Kalian juga harus merencanakan pembagian tugas rumah tangga kalian kelak. Menikah itu nggak cuma senang-senang saja, Bela. 

 

4. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Kalian mau punya berapa orang anak? Berapa anak perempuan dan berapa anak laki-laki? Siapa saja nama mereka? Kalau kamu dan pasangan sudah memikirkan hal ini, selamat ya! Kalian sudah siap membangun keluarga kecil kalian! 

 

5. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Jangan sampai setelah menerima lamaran si dia, kalian ribut besar karena memiliki konsep pernikahan yang jauh berbeda. Jadi, bicarakan dulu dengan pacarmu apa yang kamu bayangkan tentang pernikahan kalian nanti. 

 

6. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Kamu dan pasangan sudah nggak canggung lagi saat mengurus keponakan atau adik kecil kalian. Mengganti popok? Menemani tidur siang? Gampang, deh! 

 

7. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Apa jadinya kalau ternyata kalian nggak kompak menjawab pertanyaan besar ini. Jangan sampai pacarmu menjawab "Tahun depan kalau nggak ada halangan," sementara kamu menjawab "Ah, kita belum merencanakan sampai sana,". Berarti kalian belum memiliki visi yang sama. 

 

8. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Jangan terima lamarannya kalau kamu belum pernah membahas soal masa depan kalian bersama. Bisa saja apa yang dia inginkan berbanding terbalik dengan apa yang kamu inginkan. Kamu nggak ingin pindah ke kota tempat dia bekerja, sementara dia ingin kamu ikut dengannya meninggalkan keluarga dan pekerjaanmu sekarang. 

 

9. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Kalian sudah tahu bagaimana repotnya mengurus acara pernikahan. Mulai dari pertunangan sampai hari-H, kamu dan pasangan sudah nggak kaget lagi dengan apa saja yang harus disiapkan. 

 

10. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Kalian pun membahas pernikahan teman dan saudara yang kalian hadiri bersama. Mana yang kira-kira bisa menjadi inspirasi bagi pernikahan kalian sendiri, mana yang harus kalian coret dari daftar persiapan kalian. 

 

11. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Hari gini masih pacaran di bioskop? Kalau kalian, sih, pacaran ke toko furnitur. Kalian sangat menikmati memilih-milih furnitur yang akan menghiasi rumah kalian setelah menikah. Pokoknya bakal cantik banget, deh!

 

12. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Kalian berdua paling nggak tahan berantem lama-lama. Lebih baik kalian mengalah dan mengakui kesalahan kalian daripada harus saling diam-diaman. Ini menunjukkan bahwa kalian sudah cukup dewasa dalam menghadapi pertengkaran. 

 

13. Yakin Mau Menerima Lamaran Si Dia? Kalian Sudah Melakukan 13 Hal Ini Belum?

Yang ini sudah jelas, bukan? Dengan meningkatnya rezeki dan karier kamu dan pasangan, semesta sudah memberikan pertanda bahwa kalian harus segera mengikat janji suci! Tunggu apa lagi? 

 

Bagaimana, Bela? Kamu dan pasangan sudah mengalami tanda-tanda di atas belum? Kalau sudah, Popbela tunggu undangan kalian secepatnya, ya.