Kisah cinta pasti selalu menghadirkan banyak warna-warni dalam kehidupan seseorang. Ketika kamu menjalani hubungan dengan pasangan, sudah tentu akan selalu menginginkan kebahagiaan.

Banyak ekspektasi yang kamu bangun dan berharap bisa selalu diwujudkan. Padahal kenyataannya, menjalin hubungan dengan pasangan tak lepas dari pasang surut.

Kamu mungkin berharap kisah cinta yang jauh dari masalah dan juga perasaan negatif. Namun, itu malah akan membuatmu menjadi tidak realistis dalam memandang hubungan tersebut. Yuk, simak lima hal yang jarang disadari berikut yang ternyata bikin kamu jadi nggak realistis, nih!

1. Berharap pasangan selalu bisa bersikap romantis

5 Hal yang Bikin Kamu Nggak Realistis Menjalani HubunganPexels.com/Anna Pou

Rasanya mustahil jika kamu menginginkan pasangan untuk bisa selalu bersikap romantis. Pasalanya, ia juga pasti memiliki hal lain untuk dilakukan. Dia tak bisa hanya menyibukkan diri dengan membuatmu bahagia selalu.

Mengharapkan pasangan selalu romantis akan jadi satu hal yang sangat tidak realistis. Kamu akan selalu berharap bahwa kisah cintamu bak di negeri dongeng. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

2. Menginginkan pasangan selalu mendukung apa yang kamu lakukan

5 Hal yang Bikin Kamu Nggak Realistis Menjalani HubunganPexels.com/Helena Lopes

Kamu mungkin berpikir bahwa pasangan akan selalu mendukung apa pun yang kamu lakukan. Apakah itu persoalan kehidupan, karier, cita-cita, dan sebagainya. Itu adalah satu pandangan tidak realistis yang rasanya tak boleh kamu pertahankan.

Pasalnya, setiap orang memiliki nilai kehidupan yang berbeda-beda. Kamu mungkin beranggapan akan satu hal itu baik, tetapi belum tentu dengan pasanganmu. Jika kamu memaksakan dirinya untuk setuju, itu malah akan membuatnya menjauh karena tak sesuai dengan kata hatinya.

3. Berpikir bahwa argumen itu tidak perlu dan harus dihindari

5 Hal yang Bikin Kamu Nggak Realistis Menjalani HubunganPexels.com/Cottonbro

Bagaimana pun argumen akan selalu ada dalam berbagai macam hubungan. Banyak orang menghindari untuk berargumen karena merasa hanya menghabiskan waktu dan pikiran. Namun, pada dasarnya menyatakan argumen itu penting.

Argumen hadir ketika kamu tidak menyetujui terhadap sesuatu hal. Justru ini penting di dalam hubungan karena akan membangun ikatan cinta yang lebih kuat lagi. Jika kamu dan pasangan bisa saling mengerti, maka argumen bisa menjadi cara untuk mengenal pasangan lebih dalam lagi.

4. Beranggapan hubungan akan selalu berjalan tanpa masalah

5 Hal yang Bikin Kamu Nggak Realistis Menjalani HubunganPexels.com/Timur Weber

Memang benar jika sedang menjalin hubungan asmara kamu tak akan berpikir masalah apa yang mungkin akan dihadapi. Kamu hanya akan berpikir semua akan baik-baik saja, tanpa ada satu hal yang menyulitkan nantinya.

Padahal akan ada momen di mana kamu akan menghadapi tantangan. Di masa ini seharusnya kamu dan pasangan bisa saling bersama-sama menghadapi masalah tersebut. Saling menguatkan satu sama lain, bukan malah meninggalkan.

5. Berpikir bahwa pasangan tak akan pernah tertarik dengan orang lain

5 Hal yang Bikin Kamu Nggak Realistis Menjalani HubunganPexels.com/Budgeron Bach

Secara sederhana, logikanya setiap orang menyukai keindahan dan sesuatu yang indah dipandang. Wajar jika pasangan atau bahkan dirimu memiliki ketertarikan dengan orang lain. Hal ini menjadi lumrah karena kita tidak bisa mengontrol perasaan dari dalam diri.

Satu hal yang terpenting adalah di mana kamu tetap bisa menaruh kepercayaan terhadap pasangan, bahwa dirinya tetap akan setia sekali pun banyak orang lain yang terlihat lebih menarik dari dirimu.

Pola pikir yang tidak realistis ini malah bisa menjadi bumerang dalam hubungan asmaramu dengan pasangan. Jadi, kendalikan diri dan selalu sisakan ruang untuk berpikir secara rasional, ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Kamu Gak Realistis dalam Hubungan"

Baca Juga: Tips Miliki Ekspektasi Realistis Saat Berkencan, Kata Pakar

Baca Juga: 6 Harapan Tak Realistis pada Pasangan yang Bisa Hancurkan Hubungan

Baca Juga: Kenali Perbedaan Pasangan Realistis dan Matrealistis, Jangan Tertukar!