Pernahkah kamu ingin mengajak seorang lelaki berkencan, tetapi tidak jadi karena terlalu takut ditolak? Bela, sebenarnya laki-laki juga merasakan hal yang sama, lho. Dia juga takut ditolak dan terkadang lebih suka kamu melakukan langkah pertama untuk menyelamatkannya dari potensi rasa malu. 

Kadang keengganan mereka untuk melangkah bisa membuat bingung dan bertanya-tanya apa yang mereka rasakan sebenarnya. Apakah mereka merasa takut ditolak atau justru tidak tertarik padamu. Nah, berikut ada beberapa tanda bahwa si dia menyukaimu, tapi takut untuk melangkah duluan.

1. Dia menatapmu sepanjang waktu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanpexels.com/Laura Garci

Ini adalah salah satu tanda terbesar bahwa dia menyukaimu. Jika dia merindukanmu, maka dia melihatmu. Laki-laki yang percaya diri melakukan kontak mata langsung, tetapi lelaki pemalu akan memalingkan muka saat kamu melihat tatapannya. Bukan berarti dia tidak menyukaimu, itu hanya berarti dia tidak yakin kamu menyukainya. 

2. Bercanda tentang menjadi pacarmu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak BerkencanPexels.com/Ben White

Jika dia bercanda ringan tentang gagasan kalian berdua berkencan, maka sebenarnya dia sedang menguji apakah hubungan kalian memang untuk ke tahap yang lebih berkomitmen. Dia tidak yakin kamu akan mengatakan “ya” untuk berkencan. Dia khawatir kamu akan menganggap ide itu tidak masuk akal, jadi dia menempatkan konsep kencan di luar sana dan mengamati reaksimu.

3. Cemburu dengan para lelaki di dekatmu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanliveboldandbloom.com

Dia tidak hanya menjadi teman yang protektif, tapi juga cemburu. Itu sebabnya dia memilih setiap karakteristik laki-laki lain yang ada di dekatmu. Tujuan akhirnya adalah untuk menunjukkan kepada kamu betapa salahnya dan tidak cocoknya mereka bagimu. Pada akhirnya, kamu akan menyadari betapa pantasnya dia untukmu. Dari semua tanda dia menyukaimu, ini adalah salah satu yang paling mencolok.

4. Dia gugup dan kikuk di sekitarmu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanpexels.com/tirachard-kumtanom

Dia mungkin memutar-mutar ibu jarinya atau terus-menerus menggoyangkan kakinya, hingga bicara terbata-bata di sekitar kamu. Ini biasa kita kenal sebagai salting atau salah tingkah. Itu mungkin menjadi tanda bahwa dia menyukaimu, tapi ia merasa bahwa kamu ada sosok yang luar biasa dan membuatnya gugup. Saraf-saraf ini seakan mencegahnya mengajak kamu berkencan.

5. Dia pikir kamu berada di luar kemampuannya

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanpexels.com/Cottonbro

Laki-laki akan minder atau insecure saat bertemu dengan perempuan yang lebih darinya dalam bidang apa pun. Jika dia pernah menyebutkan fakta bahwa kamu berada di luar kemampuannya, dia ingin tahu pendapat kamu tentang itu. 

Harga dirinya yang rendah mungkin mencegahnya memberi tahu kamu bagaimana perasaannya yang sebenarnya. Jika dia berpikir kamu terlalu baik untuknya, maka dia merasa penolakan tidak dapat dihindari kecuali kamu mengatakan sebaliknya.

6. Selalu ada untukmu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanunsplash.com/Crew

Kamu akan selalu bertemu dengannya, entah itu di kedai kopi atau di tempat jogging. Kebanyakan waktu bertemu dengannya bukanlah sebuah kebetulan. Ini karena dia selalu memerhatikanmu. Dia akan selalu berusaha untuk menempatkan dirinya sedekat mungkin dengan kamu dan menjagamu. 

Dia akan sangat protektif, hanya saja tidak pernah mengumpulkan keberanian untuk bergerak. Laki-laki biasanya tidak meninggalkan segalanya untuk berada di sisi perempuan tanpa ada rasa lebih padanya. Ini adalah salah satu tanda terbesar dia menyukai kamu.

7. Dia berusaha keras untukmu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanunsplash.com/Becca Tapert

Jika kamu sering berpikir tentang betapa baiknya dia, mulailah berpikir tentang bagaimana ia berbuat baik padamu. Apakah dia membantumu segala hal, bahkan yang sebetulnya tak perlu ia lakukan.

Jika membukakan pintu untukmu sudah biasa, ia mungkin akan menawarkan untuk membawakan barang-barangmu, membetulkan lampu rumahmu, bahkan membantu pekerjaanmu.

8. Bahasa tubuh yang terlalu jelas

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanfreepik.co/tirachardz

Bahasa tubuh adalah segalanya. Beberapa yang menandakan bahwa ia menyukaimu, seperti ia duduk di dekatmu, lutut kalian tidak sengaja bersentuhan di bawah meja, mengelus kepalamu, hingga bersandar ketika berbicara denganmu.

Alih-alih memberi tahu kamu bagaimana perasaannya dengan lantang atau dengan kata-kata, dia memberi tahu kamu dengan bahasa tubuhnya. Ia juga akan selalu tersenyum saat bersama denganmu dan tidak bisa menahan senyumnya. Bahkan, mereka akan menertawakan leluconmu walau itu tidak lucu. 

Ia juga akan mengarahkan perhatiannya padamu. Satu yang mungkin membuatmu luluh adalah ketika dia menyimpan ponselnya saat kalian bersama atau bahkan sengaja meninggalkan ponselnya karena ingin menawarkan perhatian penuh kepadamu. 

9. Dia berusaha membuatmu terkesan dan memujimu

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanpexels.com/vjapratama

Dia akan mencoba mencari perhatianmu dan membuatmu merasa terkesan padanya. Ia akan membuktikan bahwa ia merupakan pilihan yang layak untukmu. Beberapa cara dia mencari perhatian adalah dengan menanyakan apa yang kamu inginkan, ingat tentang sesuatu yang kamu inginkan dan tentunya mewujudkannya, ia menunjukkan bahwa ia tertarik tentang apa pun yang kamu lakukan, serta ingin bertemu dengan keluarga dan teman-temanmu. 

Laki-laki tidak akan memuji perempuan untuk bersenang-senang atau tanpa alasan. Jadi jika dia selalu mengatakan hal-hal baik kepada dan tentangmu, kamu bisa tahu bahwa ia memang memiliki perasaan romantis untukmu.

10. Memperlakukanmu berbeda dengan teman perempuannya

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanpexels.com/Jeswin Thomas

Tanda pasti ia menyukaimu adalah mereka akan memperlakukanmu secara khusus dan istimewa di banding dengan teman-temannya yang lain. Ini karena di matanya, kamu adalah seseorang yang istimewa dan berharga.

Kamu adalah seseorang yang ingin dia kencani dan menjalin hubungan dengannya, jadi dia selalu berusaha untuk mengedepankan yang terbaik dan membuat kamu terkesan jika dia bisa. Dia mungkin sosok yang kurang banyak tingkah di depan teman-temannya, tapi ia akan menjadi seseorang yang lembut dan perhatian di dekatmu.

11. Dia tidak pernah bicara tentang mengencani perempuan lain

11 Tanda Dia Menyukaimu tapi Takut untuk Mengajak Berkencanfreepik.com/Lifestylememory

Tanda lainnya yang juga jelas adalah, dia tidak akan membicarakan perempuan lain, terlebih yang mereka sukai kepadamu. Jika kamu hanya seorang teman, dia mungkin akan curhat denganmu tentang perempuan lain yang dia sukai.

Jika itu tidak terjadi, itu karena dia tidak berkencan dengan perempuan lain dan dia tidak ingin kamu berpikir bahwa dia tidak lajang. Dari semua tanda dia menyukaimu, ini yang paling berharga, bukan begitu?

Itulah 11 tanda dia menyukaimu tapi takut untuk bergerak lebih jauh untuk mengajak berkencan. 

Baca Juga: 20 Tanda Cowok Cuek Tidak Menyukai Kita, Jangan Berharap!

Baca Juga: 9 Tanda Kalau Kecocokan Belum Tentu Cinta, Jangan Salah Sangka!

Baca Juga: 15 Tanda Si Dia Sudah Tak Ada Rasa, Tapi Tak Mau Minta Putus Duluan