Film romantis selalu menjadi tontonan yang disukai oleh banyak kalangan. Baik remaja, dewasa, maupun orang tua senang menonton film dengan kisah romantis. Namun, tidak banyak film romantis yang mengangkat tema di luar arus industri film saat ini. Salah satunya adalah film romantis yang menceritakan kisah cinta antara dua orang yang usianya terpaut jauh.

Film romantis dengan kisah seperti itu tentu tidak kalah menarik dengan cerita romantis yang muncul di layar lebar pada umumnya. Kerumitan hubungan di antara kedua tokoh menjadi daya tarik tersendiri bagi para penontonnya. Berikut ini enam film romantis dengan kisah cinta antara dua orang dengan perbedaan usia yang jauh.

1. Magic in the Moonlight (2014)

https://www.youtube.com/embed/KNJ_x3nQsgI

Stanley adalah seorang ilusionis yang terkenal di Inggris. Pada suatu hari, ia dimintai tolong untuk membongkar kebohongan seorang gadis yang mengaku memiliki indra keenam di Prancis. Stanley yang menamai dirinya sebagai orang paling rasional di Inggris pada akhirnya bertemu Sophie Baker yang memiliki sihir indah dan mampu meluluhkan Stanley.

Stanley dan Sophie akhirnya terus bersama. Stanley yang memiliki tujuan untuk membongkar kebohongan Sophie akhirnya tersihir oleh pesonanya. Begitu pun yang terjadi sebaliknya. Film ini dapat dengan sangat indah mengisahkan cinta dua orang dengan pola pikir dan usia yang berbeda. Dapatkah mereka bersatu?

2. Water for Elephants (2011)

https://www.youtube.com/embed/OOPHFQZ5aiM

Jacob Jankowski merupakan mahasiswa kedokteran hewan yang gagal menyelesaikan studinya karena sang ayah meninggal dunia dan meninggalkan utang yang sangat besar. Saat pergi meninggalkan rumahnya, Jacob tidak sadar menaiki sebuah kereta sirkus.

Saat itu, ia melihat seekor kuda yang sedang kesakitan. Jacob akhirnya melamar untuk menjadi dokter hewan-hewan tersebut dan pemilik sirkus, August, menerimanya. Saat menemui August, ia melihat seorang perempuan cantik yang bernama Marlena. Belakangan diketahui bahwa Marlena adalah istri August.

Pada akhirnya, Jacob dan Marlena saling jatuh cinta. Namun, hubungan mereka tidak berjalan mulus karena status Marlena yang masih merupakan istri dari August. Film ini diwarnai oleh kisah yang menarik tentang hubungan antara manusia dan hewan serta hubungan rumit antara seorang laki-laki dan perempuan.

3. Fish Tank (2009)

https://www.youtube.com/embed/a7BFZqQ4ruA

Mia adalah seorang remaja berusia 15 tahun yang memiliki sifat kasar dan agresif. Dia tinggal bersama ibunya, Joanne, dan adiknya, Tyler. Mia kehilangan sahabatnya dan hampir dikeluarkan dari sekolah. Mia bahkan kerap mengganggu "mantan" sahabatnya dan kebiasaan mereka berdansa.

Kehidupan Mia berubah 180 derajat saat Joanne memperkenalkan kekasih barunya, Conor, kepadanya. Conor yang tampan dan baik suatu saat memuji Mia saat ia berjoget. Segera saja Mia jatuh cinta pada Conor dan menjalani hidup yang manis, namun rumit.

4. Memoirs of a Geisha (2005)

https://www.youtube.com/embed/4L-xlmakQvc

Chiyo dijual oleh orangtuanya dan kemudian dididik untuk menjadi seorang geisha. Ia berada di sebuah rumah pelatihan geisha yang dijalankan oleh Nyonya Nitta dan seorang geisha lainnya yang bernama Hatsumomo.

Suatu hari, karena kerinduannya terhadap orangtuanya, Chiyo kecil menangis di pinggir sungai. Seorang chairman yang sedang berada di sekitar sungai melihatnya dan menghibur Chiyo dengan membelikannya es sirup serta memberi uang dan saputangan untuknya.

Kebaikan tersebut memotivasi Chiyo untuk menjadi geisha agar dapat bersama dengan chairman suatu hari nanti. Perbedaan usia yang mencolok di antara mereka pada saat itu tidak menyurutkan semangat Chiyo untuk menjadi geisha terbaik.

Namun, banyak rintangan yang harus dihadapi Chiyo--yang kemudian mengubah namanya menjadi Sayuri--untuk menjadi geisha, terlebih lagi untuk dapat bersama dengan chairman.

5. Lost in Translation (2003)

https://www.youtube.com/embed/W6iVPCRflQM

Bob Harris adalah seorang aktor terkenal. Suatu hari, ia selesai menjalankan sebuah proyek di Tokyo, Jepang. Ia menghabiskan hari-harinya di Tokyo untuk menghindar sejenak dari istrinya yang posesif. Bob kemudian bertemu dengan seorang perempuan muda bernama Charlotte yang sedang berada di Tokyo bersama suaminya. Keduanya segera menjadi cocok dan menghabiskan hari-hari bersama.

Kebersamaan tersebut pada akhirnya memantik perasaan suka di antara keduanya. Tanpa memedulikan perbedaan usia dan status masing-masing yang sudah memiliki pasangan, mereka berdua saling nyaman dan bahkan jatuh cinta. Namun, pada akhirnya mereka berdua harus kembali pada kenyataan dan kehidupan masing-masing.

6. Ghost World (2001)

https://www.youtube.com/embed/4WmCBRkWJ54

Enid dan Rebecca adalah sepasang sahabat yang baru saja lulus SMA. Mereka menghabiskan musim panas mereka tanpa memiliki rencana apa pun setelah kelulusan mereka.

Suatu hari, Enid berinisiatif untuk melakukan telepon iseng kepada Seymour, seorang lelaki paruh baya, yang mengiklankan dirinya dan berpura-pura menjadi perempuan yang hendak bertemu dengannya. Setelah melihat Seymour, Enid malah merasa kasihan dan kemudian mengikutinya sampai ke apartemennya.

Keduanya langsung menjadi dekat setelah Enid berkunjung ke toko loak milik Seymour. Enid merasakan ada perasaan nyaman saat bersama Seymour, namun ia menolak untuk mengakui bahwa itu adalah perasaan cinta. Kisah yang rumit kemudian terjadi di antara keduanya.

Menjalani percintaan dengan orang yang usianya berbeda jauh memang rumit. Namun, jika cinta sudah berbicara, hubungan semacam itu akan menjadi sangat manis untuk dijalankan. Dari keenam film di atas, mana nih yang menjadi favorit kamu?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Sweet Banget! 6 Film Romantis dengan Cerita Perbedaan Usia Terbaik"

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romantis Indonesia yang Sukses Bikin Baper

Baca Juga: 5 Film Romantis dengan Kisah Cinta Paling Anti-Mainstream

Baca Juga: 9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamu