Menjalani suatu hubungan itu susah-susah gampang ya, Bela. Terkadang nggak selalu berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Kalau kamu sedang menjalani suatu hubungan dan merasa kehilangan chemistry sedikit demi sedikit, ada cara untuk mengetahui kapan itu semua memudar menurut ahli percintaan dan etika, April Masini. Selain itu ada juga cara untuk memperbaiki hubungan yang mulai renggang.

Hubungan Percintaan Kehilangan Chemistry? Begini Cara MengatasinyaPexels.com/pixabay

Salah satu tanda utama kalau kamu kehilangan chemistry itu saat prioritas kamu telah berubah, “Saat kamu dan pasangan berhenti melakukan hal-hal bersama yang istimewa dan berhenti melakukan sesuatu yang membuat hubungan tetap hidup. Pasangan yang tidak mengatakan hal-hal baik satu sama lain akan mengurangi chemistry itu. Tidak adanya pujian membuat kekosongan dan hal itu adalah gangguan, kebencian dan pertengkaran,” jelas April. Meskipun hal yang wajar ketika mengalami pertengkaran, April juga menegaskan jika kamu lebih sering berdebat daripada saling memuji, itu juga menjadi tanda bahaya lain.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan yaitu keluhan dan leluconmu. Suatu hal yang normal kalau kamu curhat tentang masalah hubungan yang sedang dialami. April juga mengatakan, ketika kamu sampai di titik di mana pasanganmu menjadi seseorang yang dihina dengan bercandaan di depan teman atau keluarga, kamu kehilangan semangat. 

Perempuan kelahiran 1964 ini juga merekomendasikan untuk mengasah tentang bagaimana membuat kehidupan seksmu lebih memuaskan,"Seks bukanlah segalanya, tetapi itu membantu orang merasa senang tentang hubungan dan tentang diri mereka sendiri. Perbaiki, luangkan waktu dan ruang, sewa kamar hotel, pergi berlibur. Lakukan apa pun yang diperlukan," jelas April.

Hubungan Percintaan Kehilangan Chemistry? Begini Cara Mengatasinyaunsplash.com/@septdoight

Pertengkaran, kerenggangan dan kehilangan chemistry ini bisa dipicu dari tindakan-tindakan kecil. Mengenal bahasa cinta pasanganmu bisa membantu mengatasi hal ini. Misalnya, memberi pujian, membelikan sesuatu yang diinginkan, memberikan perhatian lebih, memasak bersama, bermain game dan menonton film, berlibur ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi dan lain-lain. Melakukan hal baru bukanlah sesuatu yang buruk, lho. Terkadang hal-hal baru justru memperkuat hubungan dan menjadi kesempatan dalam mengenal satu sama lain lebih dalam.

Jangan khawatir, Bela, kalau kamu mengalami hal-hal seperti ini dalam hubungan. Setiap hubungan melewati banyak pasang surut. Kerenggangan yang terjadi nggak akan bertahan lama jika kamu bisa mengatasinya dengan bijak.

Baca Juga: Biar Harmonis, Ini 5 Hal Sederhana untuk Pasangan yang Sama-Sama Sibuk