Tidak ada salahnya kalau kamu sangat mencintai pasanganmu. Namun, jika kamu mewujudkannya dalam bentuk yang posesif itu tindakan yang salah. Mencintai pasanganmu dan mengikat pasanganmu dengan cinta itu adalah dua hal yang sangat berbeda. Jika kamu melakukan hal itu, justru akan menyakiti pasanganmu.

Menurut Irene Fehr, pelatih seks dan keintiman, hal yang wajar jika kamu membutuhkan ruang dalam suatu hubungan. "Kita memiliki dua kebutuhan yang saling bersaing dan bertabrakan dalam suatu hubungan. Kebutuhan untuk menjadi diri sendiri dan kebutuhan untuk berada dalam suatu hubungan atau menjadi milik orang lain. Ketika kita didukung oleh pasangan, kita merasa aman untuk menjadi diri kita sendiri. Ketika kita sendiri dan memenuhi kebutuhan pribadi kita, kita adalah pasangan yang lebih baik. Wajar jika kita membutuhkan ruang untuk memenuhi kebutuhan kita. Apalagi kebutuhan individu, hal ini sangat penting untuk memiliki hubungan yang sehat dan terus berjalan," jelas Irene.

Terlalu Dikekang? Begini Cara Meminta Ruang dalam Suatu Hubunganpexels.com/vera arsic

Memang bukan hal yang mudah membicarakan topik yang menakutkan ini karena bisa berdampak buruk. Tetapi, kamu perlu menyampaikannya dengan situasi dan waktu yang tepat agar pasanganmu benar-benar memahami. Pergilah ke suatu tempat dengan nuansa yang tenang dan nyaman. Utarakan apa yang ingin kamu sampaikan secara jelas. Reaksi pasanganmu mungkin akan terkejut, marah, terluka dan kecewa, tapi itu tidak masalah selama kamu bisa mengatasinya. Bersedialah untuk berbagi dan juga mendengarkan. Itu adalah hal alami dari menegosiasikan kebutuhan kita dan membuatnya memenuhi dalam suatu hubungan.

Tapi, itu tidak berarti kamu harus meminta istirahat sejenak, "Ada perbedaan antara mengambil ruang dalam suatu hubungan dengan mengatakan, 'saya ingin menghabiskan akhir pekan ini dengan diri saya sendiri' vs 'saya butuh ruang dari hubungan ini selama satu bulan',"  jelas Diana Dorell, pelatih kencan intuitif dan penulis The Dating Mirror: Trust Again, Love Again. Pastikan pasanganmu tahu kalau kamu tidak ingin mengakhiri hubungan, kamu hanya butuh waktu sementara dengan diri sendiri.

Terlalu Dikekang? Begini Cara Meminta Ruang dalam Suatu Hubunganinstagram.com/matchmakeralessandraconti

Beri tahu pasanganmu kalau kamu benar-benar mencintainya dan membutuhkan ruang bukanlah pencerminan perasaan kamu kepada pasanganmu. Alessandra Conti, pakar kencan dan Co-Founder Matchmakers In The City, mengatakan kalau kamu ingin menjelaskan kepada pasanganmu bahwa kamu membutuhkan ruang tanpa melukai perasaannya dengan cara memberi tahu kalau kamu mencintainya dan menghargai waktu yang telah dihabiskan bersama-sama. Namun, kamu adalah orang yang mandiri dan perlu waktu untuk melakukan hal-hal yang berbeda sendiri. Katakan kalau kamu ingin membuat hal-hal menarik dan segar.

Memiliki ruang dalam hubungan apa pun bisa menjadi hal yang baik dan itu wajar jika kamu butuh waktu sesekali untuk menyendiri, tetapi mengomunikasikan hal itu kepada pasanganmu dengan cara yang baik, itu hal yang sangat penting. Kamu layak merasa nyaman dalam hubunganmu dan jika itu adalah membutuhkan ruang, maka jangan takut untuk memintanya, Bela.

Baca Juga: Kalau Pasanganmu Memiliki 7 Tanda Ini, Artinya Dia Posesif Berlebihan