Cinta sejati terkadang sulit untuk ditemukan, tetapi begitu menemukannya, hidup akan terasa jadi lebih mudah. Hal itu bisa membuat kamu seperti melayang di atas awan atau terjaga di malam hari karena sering memikirkannya.

Sayangnya, ada kemungkinan bahwa orang yang kamu cintai tidak akan menjadi pasanganmu seumur hidup. Jika kamu bersedia berkomitmen untuk suatu hubungan selama sisa hidupmu, kamu akan membutuhkan lebih dari sekadar cinta untuk kebahagiaan yang sejati.

Berikut ini tanda-tanda psikologis yang dapat kamu andalkan di awal hubungan untuk menemukan jawaban apakah kamu sudah bertemu dengan cinta sejati. Coba cek, benarkah dia laki-laki yang tepat untuk menjadi pasangan hidupmu kelak?

1. Kalian memiliki pikiran yang sepadan

9 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Orang yang TepatFreepik.com/Freepik

Komitmen sangat penting untuk menjaga hubungan, terutama jika berbicara tentang kebersamaan dan itu tidak selalu merupakan paket all-in-one. Bukan hal yang mengejutkan bahwa kompromi dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Saat kamu sudah menemukan pasangan yang tepat, kalian akan melakukannya secara naluriah.

Tanpa pengorbanan, hubungan tidak akan bertahan lama. Ini tidak berarti bahwa kamu harus mengubah atau menyerah pada integritasmu. Kamu harus cukup moderat untuk bisa menciptakan ruang bagi kebahagiaan orang lain.

2. Kalian bisa pembaca pikiran satu sama lain

Secara psikologis, cinta sebenarnya dapat membantu sistem sarafmu selaras dengan pasangan. Setelah menghabiskan cukup waktu bersama, kamu akan memahami perasaan, pikiran, dan reaksi pasangan. Koneksi ini lebih dari sekadar mengenal seseorang dengan sangat baik.

Kalian dapat secara simultan dan mudah saling memahami, bahkan dalam keheningan total. Kamu dapat membuktikannya bersama pasangan dengan cara menunjukkan sesuatu yang menurutmu itu lucu tanpa mengatakan apa pun. Jika dia orang yang tepat, akan sangat menyenangkan bila kalian bisa tertawa bersama begitu mudah. Apakah kamu merasakan pasanganmu adalah tipikal seperti ini, Bela?

3. Kalian saling mendukung satu sama lain

9 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Orang yang TepatFreepik.com/Freepik

Pada akhir hari yang panjang, kamu akan menemukan dorongan yang dibutuhkan bersama belahan jiwamu. Kalian bisa menjadi pendukung satu sama lain di sepanjang jalan. Kamu tidak akan pernah merasa kecil hati atau tidak mampu.

Mendengar kata-kata dukungan dan positif dari orang yang paling kamu cintai akan membuatmu lebih mencintai diri sendiri. Ini juga menandakan bahwa kalian berada dalam hubungan yang sehat.

4. Kalian berbagi ide yang sama untuk masa depan

Setelah kamu menemukan cinta dalam hidupmu, saatnya untuk "berpikir sebagai pasangan" seperti bahasa. Kamu tentu ingin dia bisa hadir di tahun-tahun mendatang dalam hidupmu, jadi sebaiknya kalian mulai memimpikan masa depan bersama.

Kamu tidak perlu mengejar aspirasi yang sama. Jika itu adalah aspirasimu, kamu akan selalu menemukan cara untuk menjaga hidupmu tetap bersamanya apa pun yang terjadi. Menemukan kebebasan dalam kebersamaan adalah salah satu pilar terpenting dari kisah cinta seumur hidup. Artinya, kamu dan pasangan bisa mengisi satu sama lain.

5. Merasa bahagia bersamanya

9 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Orang yang TepatFreepik.com/Freepik

Kamu tentu akan memikirkan hati ketika membicarakan masalah cinta, namun sebenarnya itu semua terjadi di kepala. Sebuah studi oleh Stony Brook University di New York telah menunjukkan bagaimana reaksi otak dipengaruhi oleh cinta.

Ketika kamu memikirkan pasangan pusat imbalan di otakmu dirangsang dan itu meningkatkan kadar dopamin. Kamu pun akan merasa seperti ada kupu-kupu yang menggelitik di dalam perutmu. Artinya, kamu akan terus merasakan kebahagiaan saat bersamanya. 

6. Kamu merasa berbeda tanpa kehadirannya

Menjaga individualitas dan kemandirianmu selama hubungan adalah salah satu poin kunci untuk menghabiskan tahun-tahun bersama. Namun, menciptakan ruang dalam hidup untuk seseorang juga penting. 

Ketika kamu menemukan orang yang tepat, beberapa bagian dari hidupmu akan beradaptasi dengan perubahan bahagia dan akan menormalkan rutinitas baru kalian. Ketidakhadiran mereka akan "secara alami" terasa aneh. Rasanya seperti ada yang kurang jika si dia tak ada di sisimu.

7. Kamu ingin memperkenalkannya kepada orang terdekatmu

9 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Orang yang TepatFreepik.com/Freepik

Psikologi dasar mengatakan bahwa semua orang membutuhkan persetujuan dalam hidupnya dan jika itu berasal dari orang yang dicintai, maka akan sangat memuaskan. Kamu bisa membangun kebahagiaanmu sendiri dengan memasukkan orang-orang yang spesial bagimu.

Ketika kalian bertemu, insting yang sama akan muncul dan kamu akan merasa tidak sabar mengenalkannya kepada keluarga dan teman dekatmu. Ini sangat membantumu untuk membuat sistem pendukung yang andal di sekitar hubungan yang berkembang dengan niat baik orang yang kamu cintai.

8. Kalian menemukan kesenangan saat melakukan kontak fisik

Keintiman itu penting, tetapi bukan semata-mata tanggung jawab atas ikatan hubungan yang sehat. Contohnya seperti kontak fisik yang terasa berbeda di lengan kanan, namun, daya tarik pada lengan yang lain juga akan ada sepanjang waktu, bahkan dengan pakaian musim dingin yang tebal. Terkadang satu kata, satu senyuman, atau kekhasan akan membuat kamu merasa seperti telah menemukan orang yang paling istimewa untukmu. Adanya kontak fisik ini juga membuat kalian terasa semakin dekat.

9. Kalian merasa puas tanpa usaha ekstra

9 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Orang yang TepatFreepik.com/Freepik

Ketika kamu sudah menemukan pasangan hidupmu, maka salah satu peristiwa terbesar dalam kehidupan manusia akan terasa normal. Kamu akan merasa seperti sudah hidup seperti itu dan menginternalisasi sumber kebahagiaan baru dengan cepat. Ini akan membuatmu merasa rendah hati tentang hubungan kalian.

Kamu tidak akan berubah menjadi orang yang selalu berbicara tentang hubungannya, karena kamu tidak memiliki apa pun untuk dibuktikan kepada orang lain. Akun media sosialmu tidak akan dibanjiri foto pasangan, karena kamu tidak punya waktu untuk hal-hal tersebut dan fokus berkonsentrasi pada hubungan kalian sendiri. Bukankah lebih bahagia jika hubungan itu kalian yang merasakannya berdua tanpa perlu diumbar berlebihan?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Tanda Psikologis Ini Bisa Bantu Kamu Menemukan Orang yang Tepat"

Baca Juga: 9 Cara Mudah untuk Mengetahui Pasanganmu adalah Orang yang Tepat

Baca Juga: Jodohmu Ada di Depan Mata Jika Dia Tunjukkan 7 Tanda Ini Saat Pacaran

Baca Juga: Akankah Kamu Bertemu Jodohmu? Cek dari Ilusi Optis yang Kamu Lihat