Ketakutan terbesar apa sih yang mungkin muncul dalam sebuah hubungan percintaan? Sebagian orang mungkin akan menjawab perselingkuhan. Tapi sebenarnya apa sih artinya selingkuh? Tindakan apa saja yang bisa dianggap sebagai bagian dari perselingkuhan? Setiap orang punya pendapat yang berbeda. Tapi ketahuilah, perselingkuhan ternyata nggak sesederhana tidur bareng orang lain atau hubungan fisik lainnya.

Selalu ada pro dan kontra ketika kita berusaha memaknai dan menentukan sikap apa saja yang dianggap sebagai selingkuh. Sebagian orang setuju bahwa menghapus pesan seseorang yang dianggap teman supaya nggak diketahui oleh pasangan kita adalah awal dari perselingkuhan. Tapi jika memang demikian, apakah nggak mengangkat telepon dan nggak membalas pesan pasangan juga bisa dibilang selingkuh?

Nggak Hanya Hubungan Fisik, Hal Ini Juga Dianggap Tindakan Selingkuhwww.imdb.com

Sebenarnya, menentukan mana yang termasuk tindakan selingkuh atau nggak itu kembali pada pemahaman dan pengalaman orang. Jika menggunakan analogi, selingkuh dan nggak selingkuh adalah gradasi warna hitam dan putih dan setiap orang punya gradasi yang berbeda. Selingkuh secara fisik seperti berhubungan seks, ciuman, berpelukan dan pegangan tangan, menggunakan jasa prostitusi (meski sebagian mengaku hanya untuk menyalurkan hasrat tanpa perasaan) juga dianggap sebagai tindakan selingkuh. Banyak orang setuju jika menggunakan kamar hotel yang sama, untuk keperluan dinas misalnya, juga dianggap sebagai selingkuh. Aktivitas tersebut bisa kita anggap sebagai zona hitam yang sudah jelas dianggap selingkuh oleh mayoritas orang.

Nggak Hanya Hubungan Fisik, Hal Ini Juga Dianggap Tindakan Selingkuhwww.imdb.com

Pergi bersama lawan jenis di mana pasanganmu memiliki perasaan padanya, atau jalan bareng mantan, dianggap sebagai selingkuh bagi sebagian orang. Tapi ada juga yang berpikir selama nggak ada tindakan fisik, maka itu bukan selingkuh. Sama halnya dengan menghapus chat seseorang di mana pasangan mengaku itu hanyalah temannya. Sebagian orang menyebutnya selingkuh secara emosional, di mana pasangan justru bercerita banyak hal dengan orang ini dan bukan padamu. Tapi bagi orang yang santai, hal itu bukanlah masalah. Maka hal-hal seperti ini masuk di zona abu-abu.

Nggak Hanya Hubungan Fisik, Hal Ini Juga Dianggap Tindakan Selingkuhwww.imdb.com

Lalu, apa sih hal-hal yang nggak termasuk selingkuh? Menurut survei yang dilakukan Elite Daily terhadap 100 responden, memberikan like pada foto seseorang di media sosial, mengenakan barang-barang pemberian mantan hingga menonton video porno nggak dianggap sebagai tindakan selingkuh. Nggak mengangkat telepon dan membalas pesan secara segera juga bukan tindakan selingkuh karena bisa jadi pasangan sedang sibuk bekerja atau nggak melihat handphone. Namun beberapa orang nggak menyangkal bahwa jika hal tersebut berlangsung secara terus-menerus akan menimbulkan pemikiran bahwa pasangannya selingkuh. Jadi bisa dibilang bahwa beberapa tindakan tersebut masuk dalam zona putih.

Kalau kamu sendiri gimana Bela, tindakan apa saja yang menurutmu termasuk selingkuh?

BACA JUGA: Hal yang Wanita Cerdas Lakukan Saat Mengetahui Pacarnya Selingkuh​