Menurut KBBI, arti kata serasi adalah cocok, sesuai, atau harmonis. Menjadi sebuah hal yang menyenangkan untuk didengar ketika seseorang menyebut kita dan pasangan adalah pasangan serasi. Itu artinya, kamu dan pasangan memiliki kecocokan yang bisa dilihat oleh orang lain. Bisa jadi keserasian ini dilihat dari penampilan, profesi bahkan karakter.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan apakah kamu dan si dia memang cocok satu sama lain. Jika kamu memenuhi beberapa hal ini, maka mungkin saja kamu dan pasangan memang berjodoh. Lalu apa saja tanda-tanda pasangan serasi? Ini daftarnya.

1. Bisa saling memahami

Memiliki kestabilan dan kedewasaan emosi yang mirip membuat kamu dan dia akan terlihat serasi. Kamu dan pasangan bisa menyelesaikan masalahnya dengan kepala dingin sehingga jarang banget drama. Konflik itu perlu, tapi ketika kalian bisa mengatasinya secara mandiri, banyak orang yang yakin bahwa kalian sudah cocok untuk hidup bersama.

2. Selalu kompak

9 Tanda bahwa Kamu dan Dia adalah Pasangan SerasiPixabay.com/Andry Richardson

Kompak bukan berarti kalian selalu mengenakan baju couple ya, Bela. Kekompakan di sini maksudnya adalah kalian bisa berkompromi dan menentukan satu keputusan yang diikuti bersama. Jika kamu dan pasangan memiliki jalan pikiran serta pemahaman yang sama, maka nggak sulit untuk menjadi pasangan yang seiya sekata.

3. Bisa saling melengkapi

Tanda lain bahwa kalian merupakan pasangan serasi adalah bisa saling melengkapi. Hubungan yang baik bukan karena selalu memiliki persamaan. Perbedaan antara dirimu dan pasangan bisa disatukan dengan saling berbagi peran. Mungkin kamu bisa menjadi sosok yang bisa selalu menenangkannya ketika emosi, sedangkan dia menjadi pemimpin yang bisa membimbingmu ke arah yang lebih positif.

4. Punya wajah yang mirip

9 Tanda bahwa Kamu dan Dia adalah Pasangan SerasiPixabay.com/Andry Richardson

Meski bukan menjadi faktor utama, namun sebagian orang mempercayai bahwa memiliki wajah yang mirip adalah salah satu tanda kamu dan pasangan serasi atau berjodoh. Coba dilihat baik-baik, kamu dan dia punya wajah yang mirip nggak, nih?

5. Bisa berkomunikasi secara efektif

Nggak ada yang namanya salah paham atau saling curiga karena komunikasi antara kamu dan pasangan berjalan lancar. Ada atau tanpa informasi penting pun, kalian tetap menjaga komunikasi. Kamu dan dia pun juga punya bahasa atau candaan sendiri di mana hanya kalian yang memahaminya.

6. Leluasa mengutarakan pendapat

9 Tanda bahwa Kamu dan Dia adalah Pasangan SerasiPixabay.com/Andry Richardson

Demi menjalin komunikasi yang efektif, maka baik kamu maupun pasangan perlu sama-sama memiliki hak untuk berpendapat terhadap banyak hal. Tentunya pendapat tersebut disampaikan dalam waktu dan cara yang tepat. Meski berbeda, setidaknya saling mengetahui cara pandang bisa memberikan pemahaman yang lebih tentang bagaimana karakter pasangannya.

7. Punya tujuan yang sama

Tanda pasangan serasi yang lain yaitu memiliki tujuan hidup yang sama sehingga baik kamu maupun pasangan bisa sama-sama melakukan hal positif untuk mencapai tujuan tersebut. Nggak sedikit pasangan yang memilih berpisah karena nggak memiliki visi misi yang senada.

8. Saling mendukung

9 Tanda bahwa Kamu dan Dia adalah Pasangan SerasiPixabay.com/lambhappiness

Pasangan yang menyenangkan adalah ketika dia bisa mendukung apa yang kamu lakukan, selama itu bersifat positif. Salah satu bentuk dukungan yang paling sederhana yaitu menanyakan kabarmu dan hal yang kamu lakukan. Selain itu, ia juga nggak membatasi aktivitas kesukaan kamu.

9. Nggak bergantung pada pasangannya

Lho, gimana mau dibilang serasi kalau jalan sendiri-sendiri? Sabar, Bela. Nggak bergantung di sini artinya kamu bisa bersikap mandiri dan nggak menyusahkan pasangan. Begitu juga dengan dia yang nggak perlu menunggu persetujuan kamu sebelum melakukan hal yang ia inginkan. Ini berbeda dengan konsep nggak membutuhkan pasangan ya, Bela.

Nah, itu tadi penjelasan serta tanda-tanda bahwa kamu adalah pasangan serasi. Dilihat dari 9 poin di atas, nomor berapa saja yang sudah kamu dan dia penuhi?