Pertengkaran pasti terjadi dalam setiap hubungan. Akan tetapi, konflik di antara kamu dan si dia bisa menjadi tanda apakah hubungan kalian selama ini cukup sehat atau justru menjadi sebuah peringatan. Bagaimana cara membedakan konflik yang sehat dengan yang tidak? Bagi kamu yang lagi marahan dengan si dia, penjelasan di bawah ini akan berguna banget untuk mengetahui kondisi hubungan kalian.

1. Renungkanlah alasan mengapa hubungan tersebut harus dipertahankan

Ini 5 Pertimbangan Sebelum Putus dengan Pacarfilmaffinity.com

Jika kamu merasa bingung dan jenuh karena sering bertengkar, tanyalah pada dirimu sendiri, "Apakah aku akan bahagia hidup bersamanya jika terus seperti ini?" Jika jawabanmu adalah nggak, maka kamu sudah bisa memutuskan sendiri tindakan selanjutnya. Jangan berharap kamu bisa mengubah pasanganmu dan terus menunda-nunda hal yang seharusnya kamu lakukan. 

2. Komunikasi penting, harus ada yang berani menyampaikan dan ada yang mau mendengarkan

Ini 5 Pertimbangan Sebelum Putus dengan Pacarfrockflicks.com

Komunikasi bukan sekadar mengajak jalan atau mengucapkan good night lho, Bela. Dalam sebuah hubungan, kamu harus bisa mengutarakan apa yang kamu rasakan dan inginkan, misal kamu ingin si dia berhenti merokok atau kamu sedang cemburu karena dia terlalu dekat dengan sahabat perempuannya. Jika dia mendengarkanmu dan benar-benar ingin berubah, perdebatan yang kalian lakukan nggak sia-sia.

3. Pikirkan tentang kualitas konflik tersebut, bukan kuantitasnya

Ini 5 Pertimbangan Sebelum Putus dengan Pacarclarksvilleonline.com

Jangan langsung berkecil hati jika kamu sering ribut dengan pacarmu. Kalau kalian berdua bertengkar namun masih ada perasaan yang positif satu sama lain serta berjanji nggak mengulang kesalahan yang sama, maka hubungan kalian termasuk hubungan yang sehat. Justru melalui pertengkaran demi pertengkaran, kalian bisa lebih saling memahami satu sama lain.

4. Pertengkaran itu bisa muncul karena rasa bosan

Ini 5 Pertimbangan Sebelum Putus dengan PacarPinterest @Myra Taylor

Saat kamu merasa hubungan kalian begitu-begitu saja, kadang ada saja hal yang membuat kalian menjadi lebih sensitif yang berujung pada pertengkaran. Coba tanya kembali pada dirimu, apakah kamu sempat berpikir untuk mengakhiri hubungan atau apakah sebenarnya kamu sedang bosan dengan hubunganmu ini. Maka dari itu, kamu perlu mencintai diri sendiri sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. 

5. Perbedaan nggak selalu menjadi penyebab konflik

Ini 5 Pertimbangan Sebelum Putus dengan Pacarpopsugar.com

Pacaran dengan pria yang memiliki karakter berbeda denganmu bukanlah alasan utama mengapa konflik terus bermunculan. Asalkan kalian berdua bisa saling mendukung, saling mengisi, saling tenggang rasa, saling menghargai dan menjadi pendengar yang baik, maka hubunganmu layak untuk dipertahankan.

Ini 5 Pertimbangan Sebelum Putus dengan Pacarsledujufilmy.cz

Semua orang, baik kamu yang sedang berpacaran maupun kamu yang telah puluhan tahun menikah, nggak akan pernah lepas dari konflik. Bahkan, sebagian orang bilang bahwa konflik adalah bumbu dari cinta itu sendiri. Namun kemampuan kalian untuk mengelola konflik itu sendiri yang menentukan kualitas hubungan kalian. 

BACA JUGA: 7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegas​