Terkadang karena suatu hal, kamu dan pasangan jadi terpisah oleh jarak. Awalnya pasti berat. Namun, biasanya karena masalah karier dan finansial, cinta harus mengalah dulu.

Nah, saat inilah sebenarnya kekuatan cinta diuji. Berikut ini adalah lima pantangan bagi pasangan yang sedang LDR. Bisa kamu dan dia lakukan tidak, nih? 

1. Komunikasi hanya di akhir pekan

5 Pantangan Khusus Bagi Pasangan LDR agar Hubungan Tetap AwetPexels.com/Andrea Piacquadio

LDR itu memang akan kendala di komunikasi. Walau zaman serba canggih, tak semua pasangan bisa video call setiap saat. Ditambah tuntutan pekerjaan yang sangat banyak.

Namun, cinta itu butuh perjuangan. Setidaknya berkomunikasi sebentar sebelum tidur. Ini akan lebih baik supaya komunikasi tetap berjalan. 

2. Saat video call atau chatting malah membahas hal yang tidak penting

5 Pantangan Khusus Bagi Pasangan LDR agar Hubungan Tetap AwetPexels.com/Rodnae Productions

Contoh hal yang kurang penting adalah membahas gosip orang, keburukan orang atau ngomongin orang lain. Padahal di waktu chat atau bisa video call, gunakan itu sebagai sarana untuk membahas hidup masing-masing dan juga tentang hubungan. 

Kebanyakan pasangan mengeluh, saat akhirnya ketemuan, rasanya seperti nggak kenal sama pasangan sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena saat kalian komunikasi secara online malah membahas hal yang kurang penting. 

3. Tidak bertemu lebih dari 1 tahun

5 Pantangan Khusus Bagi Pasangan LDR agar Hubungan Tetap AwetPexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi yang beda negara, okelah kurun waktu 6 bulan sekali atau bahkan 1 tahun sekali. Namun, usahakan jangan sampai tidak bertemu sampai bertahun-tahun. Hubungan LDR tetap memerlukan pertemuan secara langsung.

Jika beda kota saja, mungkin bisa 1 hingga 3 bulan sekali. Memang berat di ongkos, tapi memang LDR dan cinta itu butuh modal, bukan? 

4. Menghilang tanpa kabar

5 Pantangan Khusus Bagi Pasangan LDR agar Hubungan Tetap AwetPexels.com/Mikotoraw Photographer

Sulitnya LDR adalah kamu tidak sepenuhnya tahu kegiatan apa saja yang dilakukan pasangan. Sedangkan, cinta itu buat orang jadi kangen dan selalu ingin tahu tentang orang yang disayang. Nah, saat inilah kamu tidak boleh absen memberikan kabar. 

Jika sedang sibuk pun, kamu harus bilang kepada pasangan dan akan menghubungi dia kembali di waktu yang sudah ditentukan. Jangan hilang bak ditelan bumi. Kasihan pasangan yang pasti menunggu kamu.

5. Tidak memperkenalkan pasangan pada keadaanmu di tanah rantau

5 Pantangan Khusus Bagi Pasangan LDR agar Hubungan Tetap AwetPexels.com/Nicole Michalou

Sesekali ajaklah pasanganmu untuk mengenal dunia di mana kamu biasanya berada. Kenalkan pada kolega kerja, teman nongkrong, sehingga kemungkinan pasangan menuduhmu yang tidak-tidak itu semakin kecil. Karena dengan dia tahu siapa temanmu dan gimana keadaanmu saat jauh dari dia, itu akan membuat dia merasa aman. 

LDR memang hubungan yang tidak mudah karena jarak jadi pemisah. Namun, dengan sedikit usaha dan tentunya cinta, kamu dan dia pasti punya harapan juga untuk mengikat cinta kalian. Semangat, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Pantangan Khusus bagi Pasangan LDR, Butuh Usaha Ekstra!"

Baca Juga: Dos & Don'ts yang Harus Kamu Ketahui Saat Menjalani LDR

Baca Juga: 7 Tanda Hubungan LDR Kamu Terancam Gagal 

Baca Juga: 10 Puisi Cinta LDR untuk Mengobati Rindu Pada Pasangan