Mencintai dan menyayangi seseorang tentu bukan sebuah kesalahan. Tapi tahukah kamu, mencintai seseorang dengan porsi yang berlebih dapat dikategorikan sebagai cinta buta. Cinta buta ini dapat membuat seseorang kehilangan kemampuannya berpikir jernih dan hanya mengandalkan emosi. Ketika cinta buta sudah melanda, hal tersebut dapat memberikan dampak yang buruk bukan hanya untuk hubungan tapi juga untuk diri sendiri.

Bagaimana agar tak terjebak cinta buta? Waspadai tanda-tandanya yang bisa muncul sejak awal hubungan asmara. Berikut ini tanda-tandanya.

6 Tanda Cinta Buta yang Harus Kamu Waspadai

Apakah kamu pernah merasa kehilangan kemampuan dalam mempertimbangkan hal baik dan buruk dalam sebuah hubungan? Contohnya pada saat si dia jahat dengan bertindak kasar, kamu tetap merasa bahwa dia adalah pasangan hidup yang terbaik. Cobalah pikirkan kembali, mencintai seseorang yang membuat diri kamu merasa tersakiti apakah itu hal yang wajar? Jika dia memang pasangan hidup yang terbaik, seharusnya dia akan selalu menjaga dan melindungi bukannya menyakiti.

6 Tanda Cinta Buta yang Harus Kamu Waspadai

Di saat sahabat atau orang terdekat kamu memberikan nasihat tentang hubungan yang dijalani, coba pertimbangkan dan cari tahu nasihat yang diberikan apakah memang baik atau buruk. Jika kamu tetap acuh dan mempertahankan hubungan ini, bisa jadi kamu sedang mengalami gejala cinta buta.

6 Tanda Cinta Buta yang Harus Kamu Waspadai

Jika kamu sering diselingkuhi lalu mudah memberikan maaf ini bisa jadi salah satu tanda terjebak dalam cinta buta. Orang yang mengalami cinta buta akan merasa dengan diselingkuhi pasangan adalah hal yang biasa saja. Padahal di dalam sebuah hubungan dibutuhkan rasa saling menghormati. Jika kamu sering diselingkuhi berkali-kali, apa itu bertanda dia menghormati perasaan kamu sebagai pasangannya?

6 Tanda Cinta Buta yang Harus Kamu Waspadai

Meski merasa nggak ada timbal balik, biasanya orang yang terkena gejala cinta buta nggak mempedulikan hal tersebut. Kamu akan tetap merasa senang meski nggak mendapatkan timbal balik dari pasangan kamu.

Biasanya cinta buta itu dimulai dengan hubungan yang nggak sehat, hubungannya yang nggak berjalan dengan seharusnya, contohnya dengan nggak ada timbal balik dalam hubungan seperti terlalu cuek dan kurang memberikan perhatian pada pasangan.

6 Tanda Cinta Buta yang Harus Kamu Waspadai

Salah satu gejala cinta buta adalah ketika kamu sudah sering dikekang atau dilarang-larang dan dibohongi tetapi tetap bertahan dan merasa nyaman. Memiliki pasangan hidup bukan berarti dia bisa membatasi apa yang seharusnya kamu lakukan atau sukai. Kejujuran pun adalah salah satu yang harus diutamakan dalam hubungan. Coba untuk memulai sesuatu hubungan dengan cara yang sehat, selain itu usahkan untuk nggak pacaran backstreet dan mendengarkan penilaian dari orang lain serta mau mengevaluasi diri.

6 Tanda Cinta Buta yang Harus Kamu Waspadai

Seseorang yang kamu cintai seharusnya memberi pengaruh baik bagimu. Tapi kalau sejak berkenalan dengannya, kebiasaan burukmu makin bertambah, wah perlu lebih berhati-hati lagi. Cintamu padanya sudah tak lagi sehat kalau yang kamu lakukan selama ini bertujuan hanya semata-mata untuk membuatnya senang, tanpa memikirkan dampak dan efeknya terhadap kamu.

BACA JUGA: 11 Tanda Dia Nggak Mencintaimu seperti Kamu Mencintainya​