Ketika berbicara tentang rasa percaya, biasanya hal tersebut sangat sulit untuk didapat dari pasangan apalagi untuk pasangan yang masih baru. Ada kekhawatiran yang membayangi pikiranmu akhir-akhir ini. Penyebabnya adalah pasanganmu yang beberapa hari belakangan agak susah ditemui. Meskipun kamu ingin sekali memaklumi dan memahami alasannya “sedang rapat”, “lagi lembur” atau “nemenin orangtua”, namun entah kamu tetap saja khawatir dan ragu untuk mempercayainya. Ditambah lagi ketika kamu mencoba meminta password ponsel dan media sosialnya, dia selalu menolak.

Padahal, keengganan pasanganmu membagi password ponsel dan media sosial itu belum tentu bukti bahwa dia selingkuh, lho. Sebelum kecurigaanmu semakin membabi buta dan kamu mulai berpikir dia nggak bisa dipercaya, sebaiknya kamu lihat dulu gelagatnya. Meskipun kalian jarang bertemu, tapi jika 7 hal ini kerap dia usahakan, perasaannya padamu nggak perlu lagi kamu pertanyakan. Tak harus berbagi password media sosial, dia sudah bisa dipercaya, kok.

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Kamu boleh saja kesal karena kalian jadi jarang bisa bertemu semenjak kesibukannya mulai menumpuk. Namun coba ingat-ingat lagi ke belakang. Meski tengah sibuk, tapi ketika kalian janjian untuk bertemu dia pasti selalu datang tepat waktu. Tak hanya terbukti bisa dipercaya, dia juga sangat menghargaimu. Kalau dia main-main sama kamu, ngapain juga dia repot-repot selalu datang tepat waktu?

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Kalau si dia selalu jujur dan terbuka tentang perasaan dan pikirannya, itu adalah salah satu tanda kalau kamu bisa mempercayai pasangan, kata Shaunti Feldhahn, peneliti sosial dan juga penulis buku The Surprising Secrets of Highly Happy Marriages: The Little Things That Make a Big Difference. Sebab, selalu terbuka terhadap pasangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, kadang diperlukan waktu yang cukup lama untuk bisa terbuka dengan pasangan kamu.

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Pasangan kamu mau mengakui kesalahan kecil, seperti lupa mematikan lampu ketika hendak pergi, artinya pasangan bersikap jujur walaupun tahu dia salah dan mungkin kamu akan memarahinya. Kalau pasangan kamu bisa bertanggung jawab dalam urusan yang kecil, dia pasti akan sangat bertanggung jawab untuk urusan yang besar sekalipun. Ingat, berani meminta maaf adalah salah satu kunci untuk membangun kepercayaan.

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Saat pacar sibuk pastinya kita akan cemas jika ia tidak segera memberikan kabar. Namun, jika ia selalu memberikan kabar meskipun aktivitasnya  sangat padat tentunya ia memang selalu mengingat kamu dan ingin mempertahankan hubungan itu. Masa kamu masih ragu dan nggak bisa percaya dengan pasangan yang super perhatian seperti itu?

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Salah satu tanda keseriusan pasangan saat menjalani hubungan asmara adalah saat ia berani mengenalkan kalian ke teman-teman ataupun keluarganya. Berarti ia memang sudah percaya jika kamu sudah menjadi pasangan terbaiknya. Jika keseriusannya sudah jelas terlihat seperti itu apakah kamu masih sulit untuk percaya padanya?

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Keseriusan seorang dalam hubungan biasanya akan diuji ketika pasangannya mengajak untuk bertemu dengan keluarga. Kalau memang dia masih ingin main-main dan belum mau serius sama kamu, tentu dia akan menolak untuk bertemu keluargamu. Nah bila pasanganmu tidak menolak untuk bertemu keluargamu, artinya kamu tidak perlu lagi meragukannya lagi.

7 Tanda Si Dia Adalah Pacar yang Bisa Dipercaya

Uang adalah hal sensitif. Namun, keterbukaan soal hal ini adalah tanda bahwa pasangan kamu bisa dipercaya adalah si dia mau jujur mengenai keuangannya, walaupun sangat beresiko. Terbuka mengenai keuangan menunjukkan bahwa kalian saling mandiri dan bisa saling mengandalkan satu sama lain. Hal ini juga menjadi tanda keseriusannya dalam memasuki tahap hubungan selanjutnya. Namun, hindari menagih buku tahapan bank di awal hubungan. Sebagai gantinya, mintalah dia untuk jujur mengenai karier dan rencananya.

BACA JUGA: Awas! Kalau Sang Kekasih Menunjukkan 9 Tanda Ini, Berarti Dia Sedang Berbohong Padamu​