Apakah saat ini kamu sedang jatuh cinta? Jika ya, bersiaplah untuk kehilangan dua orang sahabat terbaik kamu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, jatuh cinta ternyata bisa membuat kamu kehilangan dua orang dari lingkaran pertemanan terdekat kamu. Hal ini terjadi karena kamu lebih sering untuk menghabiskan waktu bersama sang pujaan hati. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memelihara hubungan persahabatan setelah jadian. Yuk, simak empat cara di bawah ini!

1. Jaga komunikasi dengan sahabat

Jatuh Cinta Buat Kamu Kehilangan Teman? Ini Penjelasannyawww.theiapolis.com

Tidak hanya dengan pacar, komunikasi juga sangat penting untuk menjaga persahabatan kamu. Cukup bertanya “Lagi apa?” atau “Eh apa kabar?” saja sudah cukup. Lakukan secara berkala di sela-sela kesibukan kamu. Komunikasi yang terjaga akan membuat persahabatan kamu jauh lebih kuat. Bila kamu terbiasa untuk curhat dengannya, jaga kebiasaan tersebut. Apapun kebiasaan yang kamu miliki bersama sahabat sebelum kamu punya pacar, jaga kebiasaan tersebut dan jangan tinggalkan.

2. Kenalkan pacar dan sahabat

Jatuh Cinta Buat Kamu Kehilangan Teman? Ini Penjelasannyawww.imdb.com

Kenalkan sang sahabat dengan si pacar untuk menghindari pertengkaran yang tidak perlu. Dengan mengenalkan, maka risiko kesalahpahaman dengan si pacar akan dapat diminimalisir. Di lain pihak itu juga akan membuat kamu dan sahabat jadi lebih bebas berkomunikasi saat nongkrong bareng pacar. Pertengkaran biasanya terjadi karena kesalahpahaman yang muncul karena pacar tidak mengenal sahabat dengan baik atau sebaliknya. 

3. Jaga rutinitas persahabatan

Jatuh Cinta Buat Kamu Kehilangan Teman? Ini Penjelasannyawww.imdb.com

Ada empat hari Sabtu dan empat hari Minggu dalam satu bulan, berarti kamu punya delapan hari libur dalam satu bulan. Gunakan paling tidak dua atau tiga dari delapan hari tersebut untuk pergi hangout bersama sahabat kamu. Apakah itu shopping, nonton atau sekadar ngopi-ngopi di kafe. Ingat, seperti yang dibilang di poin pertama, apapun kebiasaan yang kamu miliki bersama sahabat sebelum kamu punya pacar, jaga kebiasaan tersebut dan jangan tinggalkan.

4. Ajak double date

Jatuh Cinta Buat Kamu Kehilangan Teman? Ini Penjelasannyawww.imdb.com

Jika sahabat kamu sudah memiliki pasangan, ajak untuk double date. Jadi pacar kamu dan pacar sahabat saling kenal dan bisa ikut bergabung dalam kelompok persahabatan kalian. Jika sahabat kamu masih single, ajak teman kamu yang single ataupun minta pacar kamu membawa salah satu temannya yang juga single. 

Status pacaran jelas bukan merupakan alasan untuk meninggalkan sahabat. Walau sudah ada satu orang (baru) yang spesial, bukan berarti Bela membuang semua orang (lama) spesial lainnya yang sudah lebih dulu hadir dan terbukti setia di dalam hidupmu.

BACA JUGA: Kenapa Kehilangan Sahabat Lebih Menyakitkan daripada Kehilangan Pacar?‚Äč