Kata ‘cinta’ memang hanya salah satu anggota keluarga dalam KBBI. Sekadar kata yang berarti sayang sekali atau suka benar. Tapi bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti jika kamu mengatakannya kepada pasangan dengan sungguh-sungguh, apalagi diucapkan untuk pertama kalinya. Nah, apakah kamu yakin sudah sungguh mencintai pasanganmu? Atau masih ada hal-hal mengganjal dalam hati? Daripada ‘cinta’ jadi sekadar kata, lebih baik tanya beberapa pertanyaan ini agar kamu yakin tentang perasaanmu.

1. Mengapa belum pernah kamu katakan hingga sekarang?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintawww.movpins.com

Keraguan kamu untuk mengatakannya adalah sebuah pertanyaan yang paling pertama perlu dijawab. Kalau memang tidak ada hambatan apapun, kamu tidak seharusnya menahan diri untuk mengucapkan ‘cinta’ pada pasangan.

2. Apakah dia sudah mengatakannya baik secara langsung atau lewat perbuatan?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintawww.imdb.com

Mungkin kamu ragu karena ia belum mengatakannya terlebih dahulu padamu. Cobalah melihat dengan lebih peka. Apakah si dia pernah mencoba menunjukan perasaannya lewat perbuatan-perbuatan kecil seperti memberimu hadiah kejutan?

3. Apakah teman-teman atau keluargaku menyukainya?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintawww.thextramileca.com

Memang, di dalam hampir semua tips pacaran tidak dianjurkan untuk mendengarkan omongan dari orang ketiga tentang pasanganmu. Tapi dalam kasus ini, mungkin orang diluar kamu dan si dia melihat sesuatu yang luput dari matamu. Coba perhatikan sikap dan tanya pendapat mereka tentang si dia.

4. Apakah aku dan si dia masih saling menyimpan rahasia?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintawww.okchihas.com

Seorang pasangan yang baik akan rela untuk membuka seluruh dirinya kepada orang yang ia cintai. Jika kamu dan si dia masih saling menyimpan rahasia, mungkin ini belum saatnya kamu mengungkapkan kata cinta. Apalagi jika hubungannya sudah berlangsung lama. Malah perlu dipertanyakan, lho.

5. Adakah ekspektasi yang aku tuntut darinya?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintalessonfrommovies.net

Jika kamu benar-benar mencintai seseorang, kamu paling tidak bisa menoleransi kekurangan mereka. Salah satu tanda kamu mencintai seseorang adalah ketika kamu bisa menerima mereka apa adanya. Kalau kamu masih menuntut kesempurnaan darinya, mungkin ini bukan benar-benar cinta.

6. Sesering apa aku merasa cemburu?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintawww.netflixmovies.com

Sebenarnya cemburu bisa menjadi bumbu yang lucu dalam sebuah hubungan, lho. Tapi jika ternyata kamu sangat sering merasa cemburu, sepertinya ini bukan cinta. Mungkin hanya obsesi. Karena ketika kamu mencintai seseorang, kamu akan sepenuhnya percaya pada si Dia.

7. Jika dengan mengatakan ‘cinta’ si dia berubah, apakah aku siap?

Jangan Terburu-buru, Tanya 7 Hal Ini Pada Dirimu Sebelum Bilang Cintawww.movpins.com

Tidak ada yang tahu apakah sebenarnya si Dia juga sudah siap untuk mengungkapkan keseriusannya dalam hubungan ini. Apa lagi dengan ungkapan cinta. Pastikan dirimu siap dengan apapun kemungkinan yang akan terjadi.

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berani Katakan Cinta Duluan Meski Kamu Perempuan