Berpacaran memang terasa asyik dan membuat perasaanmu lebih bahagia di setiap harinya. Tahukah kamu, apa yang menjadi risiko saat berpacaran? Jawaban pasti hanya satu, yaitu takut diputusin pacar. Takut putus karena kamu nggak ingin kehilangan dirinya dan nggak mau ditinggalkan begitu saja, kan?

Eits, perasaan seperti itu seharusnya dibuang jauh-jauh, Bela. Kamu jadi nggak akan takut diputusin pacar dengan memegang kelima prinsip berikut ini. Keep scrolling dan pahami dengan cermat ya, Bela! 

1. Menghargai keputusan pacar setelah mengucap kata 'putus'

5 Prinsip Kuat Ini Bikin Kamu Tak Takut Diputusin Pacar, Yuk Tanamkan!Pexels.com/Trinity Kubassek

Pacar kamu merasa hubunganmu sepertinya sudah nggak bisa dipertahankan lagi, lalu dirinya mengucap kata 'putus' denganmu setelah sekian lama menjalin asmara. Saat-saat utama semacam ini prinsip kuat yang bikin kamu nggak takut diputusin pacar adalah kamu menghargai keputusannya dengan ikhlas, rela, dan juga sudah siap menerima semua di awal sebelum kamu jadi pacar si dia. 

Keputusan dirinya yang dibuat memang agak sedikit menyakitkan perasaanmu, namun jangan menyalahkan antara keputusan akhir dari pacarmu yang telah menginginkan 'putus' darimu dengan prinsipmu yang bisa berlawanan dengan keputusan sang pacar.

Kamu malahan semakin lebih dewasa, lho, dalam menyikapi hubunganmu dengan si dia. Nggak perlu lagi ada tangis yang menemanimu, namun ketegaran hatimu yang membuat dirimu kuat menghadapi akhir dari perpisahan. 

2. Dinyatakan putus yang mengindikasikan 'selesai'

5 Prinsip Kuat Ini Bikin Kamu Tak Takut Diputusin Pacar, Yuk Tanamkan!Pexels.com/Rodnae Productions

Yang menjadikan kekuatan untuk nggak takut putus dengan sang pacar, yakni kamu memiliki prinsip dalam menjalani hubungan berpacaran. Prinsip awal jika kamu telah dinyatakan putus yang mengindikasikan 'selesai' hubunganmu dengan dirinya, maka kamu nggak perlu merasa takut untuk menerima perpisahan darinya. 

Rasa yang ada dalam dirimu hanyalah ketenangan tanpa harus kecewa atau marah pada si dia. Tekad bulat dengan berpegang teguh prinsip yang tertanam sejak kamu memiliki komitmen, yang memang pada dasarnya telah kamu rancang untuk mengelola dan juga mengatur hubungan asmaramu agar tidak terlarut memikirkan kandasnya perjalanan cintamu. 

3. Tak bisa dipastikan bahwa akan bersanding ke pelaminan

5 Prinsip Kuat Ini Bikin Kamu Tak Takut Diputusin Pacar, Yuk Tanamkan!Pexels.com/Pixabay

Berpacaran dengan kekasih hati, siapa sih yang nggak senang? Pastinya senang dan bahagia menggebu-gebu dalam dada.

Nggak takut diputusin pacar bukan berarti serta-merta menganggap nggak ada rasa cinta atau hilangnya rasa sayangmu kepadanya, melainkan prinsip kuat semacam ini sudah kamu genggam dengan percaya bahwa kepastian kehidupan kisah cintamu bersama sang kekasih masih dipertanyakan. 

Pertanyaan yang mengacu pada hubunganmu cukup berpotensi antara bisa berlanjut sampai ke pelaminan dengan dia, atau berakhir sampai waktu yang tak pernah diduga menjadi jawaban dari hubunganmu dengan dirinya. Jadi, bagaimana nih peluang yang kamu harapkan di masa depan dengan pacar tak bisa dipastikan akan naik ke jenjang yang lebih serius, bukan? 

4. Jodoh yang sejati sudah digariskan oleh Tuhan

5 Prinsip Kuat Ini Bikin Kamu Tak Takut Diputusin Pacar, Yuk Tanamkan!Pexels.com/Jeremy Wong

Apakah kamu masih merasa takut diputusin sama pacar? Mulai sekarang singkirkan ketakutanmu dari hadapanmu itu, deh! Karena ketakutanmu akan mereda setelah kamu paham dengan prinsip yang berkonsepkan, "Jodoh yang sejati sudah digariskan oleh Tuhan." 

Langkah kakimu berpijak dengan pacar selama setahun atau mungkin dua tahun penuh, namun takdir ternyata berkehendak lain yaitu dengan cara memisahkan hubunganmu dengan kekasih hati melalui hal kecil yang tak terduga sama sekali. Tuhan tak pernah salah dalam menunjukkan siapa orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidupmu suatu saat nanti. 

5. Bukan hanya soal kisah cinta saja, tapi segudang aktivitas yang mesti diurus

5 Prinsip Kuat Ini Bikin Kamu Tak Takut Diputusin Pacar, Yuk Tanamkan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Berpacaran memang acapkali rentan putus dalam menjalaninya. Perlu ditekankan sekali lagi bahwa bukan hanya soal kisah cinta antara kamu dengan dia, kamu memiliki segudang aktivitas dengan porsi yang berbeda di setiap harinya. Kamu nggak akan takut mendengar kata 'putus' dari pacarmu lagi, sebab berpisah dengan seorang kekasih hati bukan akhir dari segalanya. 

Bahkan, duniamu masih bisa kamu tata dengan mengurus hal-hal penting untuk menunjang diri lebih lebih mandiri, kuat, dan pantang menyerah, seperti fokus pada karier. Tak melulu harus meratapi akan kepergian sosok kebahagiaan bersama sang pacar. Melainkan masa depanmu masih panjang dengan karier yang ingin kamu raih. 

Bagaimana nih, kamu nggak takut lagi kan diputusin? Percayalah dan pegang prinsip kelima seperti di atas, masalah jodoh atau tidaknya yang terpenting sudah pernah mencoba menjalin kasih dengan dirinya. Suatu saat jika dirinya memang ditakdirkan untukmu, maka dia akan kembali bersamamu. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Prinsip Kuat yang Bikin Kamu Gak Takut Diputusin Pacar"

Baca Juga: Diputusin atau Ditolak Lewat Chat? Ini Cara Terbaik Membalasnya

Baca Juga: 6 Hal Harus dilakukan Ketika Mantan Nggak Mau Diputusin

Baca Juga: Antara Diputusin atau Mutusin Pacar, Lebih Baik yang Mana?