Saat memutuskan menjalin hubungan dengan seseorang, maka kamu harus bisa berkomitmen menciptakan banyak hal positif di dalamnya. Karena rasa serius yang kamu dan pasangan punya nggak cukup hanya disampaikan dengan kata-kata saja, melainkan juga perbuatan.

Jika kamu mengharapkan hubungan yang langgeng, sebaiknya hindari lima sikap negatif berikut ini. Nggak bisa dinego lagi!

1. Mengabaikan komunikasi secara dua arah

Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan TegasFreepik

Jangan sampai kamu mengabaikan yang namanya komunikasi dua arah dalam hubungan. Komunikasi yang sehat menjadi salah satu kunci hubunganmu menjadi langgeng.

Oleh karena itu, kamu harus tegas menjauhi sikap yang demikian karena berpotensi menghancurkan hubungan. Jika komunikasi saja tidak berjalan lancar, maka akan ada banyak kesalahpahaman yang timbul akibat asumsi dan pikiran negatif.

2. Suka melakukan ghosting dan silent treatment

Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan TegasPexels.com/Cottonbro

Jangan sampai kamu terbiasa melakukan ghosting dan silent treatment saat ada masalah. Jika hal itu merupakan masalah yang biasa dan wajar terjadi dalam hubungan, maka lekas selesaikanlah dengan sikap yang dewasa. 

Ghosting dan silent treatment merupakan perilaku yang dapat memicu kandasnya hubungan. Salah satu pihak tentu akan merasa tak dihargai dan merusak komunikasi di antara kalian berdua.

3. Menjadi posesif dengan alasan takut kehilangan

Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan TegasPexels.com/Olegmagni

Posesif bukanlah sikap yang menunjukkan rasa takut kehilangan, hal itu merupakan sikap yang berupaya untuk mengendalikan pasangan sepenuhnya. Oleh karena itu, jauhilah sikap tersebut sebab cuma membuat suasana dalam hubungan kurang nyaman.

Jika salah satu pihak merasa dikekang dan tak bebas melakukan apa pun. Hal itu bisa membuat masalah dan konflik baru yang justru bisa berpotensi membuat hubunganmu jadi renggang.

4. Tak tahu batasan saat berteman dengan lawan jenis

Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan Tegasfreepik.com/ taras.nagirnyak

Dengan siapa pun kamu berteman, hal tersebut bukanlah masalah selama tahu batasan. Apalagi mengingat status hubunganmu yang kini nggak lagi menjomblo. Pastikan kamu tak sengaja membuat pasangan merasa cemburu dan curiga akibat terlalu berlebihan saat berteman dengan lawan jenis.

Rasa cemburu dan curiga tersebut bisa menghadirkan masalah baru dalam hubungan. Sebab, pasangan akan mengira kalau kamu orang yang nggak bisa dipercaya dan kurang menghargai keberadaannya sebagai pasangan.

5. Bersikap kasar

Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan TegasPexels.com/Keira Burton

Jangan sampai kamu berlaku kasar pada pasangan, baik secara verbal, fisik, maupun mental. Akan ada banyak dampak buruk akibat bersikap kasar.

Selain membuat pasangan menjadi trauma, bersikap kasar menunjukkan kalau kamu bukan pasangan yang patut dipertahankan. Bersikap kasar bisa bikin pasangan jadi sulit percaya padamu, sehingga peluang hubunganmu kandas semakin besar.

Selama ada komitmen dan kompromi yang kuat antara dua pihak. Maka, menjauhi hal-hal negatif yang bisa merusak hubungan tentu bukanlah perkara yang mustahil.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Hubunganmu akan Langgeng, Jika Secara Tegas Jauhi 5 Sikap Negatif Ini"

Baca Juga: Penuh Cinta, Ini 6 Zodiak Pria yang Perlakukan Pasangan Seperti Ratu

Baca Juga: 6 Ciri Hubungan Sudah di Ujung Tanduk, Siap-Siap Bakal Putus!

Baca Juga: Ini 6 Tanda Kamu Selingkuh Secara Emosional, Bisa Merusak Hubungan!